Sering melewatkan sarapan? Setelah mengetahui 10 hal ini kamu akan menyesal pernah menyepelekan sarapan!

95.093 views
Foto : brightside.com

Seiring bertambahnya usia, kita mulai menyepelekan yang namanya sarapan. Mulai dari enggak sempat sampai pengin diet, itulah yang menjadi alasan kenapa banyak orang rela meninggalkan sarapan.

Padahal, sarapan itu enggak hanya wajib dilakukan anak-anak saja. Kita yang sudah dewasa juga jangan sampai melewatkan sarapan, kenapa? Karena banyak sekali manfaat sarapan bagi kesehatan tubuh dan mental.


BACA JUGA : Yuk, masak! 2 resep nasi goreng ini pas banget buat kamu yang suka masak, cepat dan mudah pula!


Mungkin Kawan Muda sudah tahu manfaat sarapan seperti meningkatkan kosentrasi. Eits, itu sih cuma satu doang. Masih ada lagi manfaat lainnya yang wajib kamu tahu. Penasaran apa saja? Intip bareng-bareng, yuk!

1. Melewatkan sarapan biar enggak gemuk? Hmm…salah besar! Kamu malah lebih gampang gemuk bahkan obesitas, lho, kalau enggak sarapan!

via: brightside.com

Kenapa bisa begini? Karena, orang yang melewatkan sarapan cenderung mudah merasa lapar sepanjang hari. Hal inilah yang membuat mereka makan lebih banyak dan menjadi gemuk.

2. Sarapan ternyata meningkatkan kualitas intelektual dan kecerdasan berpikir. Tak hanya meningkatkan konsentrasi, sarapan juga membantu meningkatkan daya ingat dan kesehatan mental.

via: brightside.com

3. Penelitian juga membuktikan bahwa orang yang rutin sarapan setiap hari asupan nutrisinya lebih baik daripada yang melewatkan sarapan. 

via: brightside.com

Orang yang jarang sarapan umumnya mengonsumsi lebih banyak lemak tapi miskin nutrisi dibandingkan yang setiap hari sarapan. Nah, nutrisi yang sering hilang karena tidak sarapan diantaranya kalsium, potassium dan serat.

4. Sarapan juga meningkatkan metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak. 

via: brightside.com

5. Biar enggak panik ketika ada kegiatan penting seperti wawancara kerja atau ujian, sempatkan untuk sarapan ya! Karena sarapan yang baik bisa mengurangi panik dan cemas, lho!

via: brightside.com

6. Menu sarapan yang mengandung serat dan karbohidrat akan membuat Kawan Muda lebih berenergi sehingga tidak cepat lelah saat beraktivitas seharian.

via: brightside.com

7. Kelebihan lainnya nih, kamu yang rajin sarapan akan lebih sehat daripada orang yang jarang sarapan. Karena sarapan itu penting untuk mengurangi risiko hipoglikemia, darah rendah, diabetes tipe dua, bahkan penyakit jantung!

via: brightside.com

8. Fakta menakjubkan lainnya nih, sarapan bisa membantu meningkatkan mood. Kamu bakal lebih bahagia kalau sarapan. Gak percaya? Coba dulu deh…

via: brightside.com

9. Manfaat terakhir, sarapan juga bisa mendekatkanmu dengan keluarga. Kalau kamu super sibuk, sarapan bisa jadi momen yang pas, lho, buat quality time bareng keluarga.

via: brightside.com

Hayo, setelah mengetahui 9 manfaat sarapan di atas, Kawan Muda yakin akan melewatkan sarapan lagi?