Sering Banget Ngantuk Setelah Makan? Yuk, Lakukan 4 Hal Ini untuk Mengatasinya!

971 views
via: quirkybite.com

Beberapa dari kamu mungkin pernah merasakan dilema ini: mau lanjut kerja tapi perut krucuk-krucuk dan kebetulan sudah masuk jam makan siang, tapi kalau makan siang nanti jadi ngantuk dan enggak semangat lanjutin kerjaan. Alhasil kamu tetap memilih makan siang dan berusaha melawan rasa kantuk yang tak tertahankan.

Kenapa sih kita sering terserang kantuk saat merasa kenyang? Ada yang bilang kalau ini adalah gejala diabetes, benarkah? Sebenarnya, ngantuk setelah makan merupakan hal yang normal terjadi dan fenomena ini dinamakan food coma.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab munculnya gejala food coma, seperti meningkatnya produksi hormon serotonin dan melatonin setelah kamu mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Selain itu, kamu bisa juga merasa ngantuk karena kurang tidur, anemia, intoleransi makanan, atau bisa jadi kamu memang menderita diabetes.

Apa pun itu yang bisa menyebabkan kamu mengantuk setelah makan, Kita Muda punya beberapa cara ampuh nih untuk mengatasinya. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

1. Jangan duduk-duduk atau diam saja setelah makan, buatlah tubuhmu aktif bergerak!

via: beautyinthemiddle.com

Semakin kamu leha-leha di kursi tanpa melakukan apa pun setelah makan, semakin besar rasa kantuk yang akan kamu rasakan. Setelah makan, cobalah berjalan-jalan sebentar atau naik turun tangga. Intinya, biarkan tubuhmu bergerak agar aliran darah dalam tubuh meningkat sehingga oksigen dan nutrisi bisa dialirkan dengan baik ke sel-sel tubuh dan tubuh otomatis menjadi lebih bernergi.


BACA JUGA:


2. Pastikan kamu minum air putih yang cukup setelah makan.

via: stylecaster.com

Air putih bisa menghidrasi tubuh kamu sehingga menjauhkan tubuh dari kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan tentu saja rasa kantuk! So, pastikan kamu minum air putih yang cukup setelah makan dan jika rasa kantuk mulai datang, minumlah air putih agar tubuh kembali segar.

3. Perhatikan juga makanan yang kamu konsumsi saat makan siang.

via: everydayhealth.com

Yup, rasa kantuk bisa muncul karena pilihan makanan yang kurang tepat. Makanan dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi memang bikin cepat kenyang, tapi kamu jadi ngantuk dan gampang lapar lagi. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan zat besi saat makan siang agar tubuh ternutrisi dengan baik dan lebih bertenaga.

4. Jangan lupa memperhatikan porsi makanmu. Yup, porsi makan berlebih bisa bikin kamu ngantuk!

via: builtlean.com

Jangan kalap saat makan siang, meskipun kamu merasa kelaparan sekalipun. Karena bisa jadi itu hanya hasrat, padahal kamu bisa kenyang dengan porsi yang normal. Oke, kamu mungkin mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, tapi kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak juga bisa bikin ngantuk.

Yup, tubuh membutuhkan banyak energi saat mencerna makanan. Ketika kamu mengonsumsi makanan dalam porsi besar, tubuh berusaha lebih keras untuk mencernanya sehingga tubuhmu lebih cepat lelah. Kamu dengan mudah akan terserang rasa kantuk.

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa Kawan Muda terapkan untuk melawan rasa kantuk setelah makan—selain dengan mengonsumsi kopi tentunya. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan tips ini ke orang terdekatmu biar mereka makin semangat kerjanya 😉

Sumber: National Geographic Indonesia