Serangan jerawat di bagian-bagian tersembunyi? Jangan geregetan, atasi dengan cara mudah ini!

Jerawat adalah musuh bebuyutan seluruh umat manusia. Sungguh menyebalkan dan rasanya pengin memencet saja kalau ada di wajah. Namun, tahu enggak kalau jerawat ternyata enggak hanya suka mampir di wajah. Ada bagian-bagian “tersembunyi” di tubuh yang jadi tempat mampirnya jerawat seperti leher, punggung, bahkan dada!

Oke, memang sih jerawat di tempat-tempat tersebut enggak kentara karena lebih sering tertutup pakaian, tapi kalau dibiarkan dan enggak hilang-hilang kan agak gimana gitu. Iya kalau dia muncul sekali terus hilang, kalau makin banyak?

Weits tapi tenang, Kita Muda punya nih solusinya. Dilansir dari Brightside.meyuk kita intip cara-cara mudah mengatasi jerawat yang mampir di bagian tersembunyi di tubuhmu.

1. Aduh, ada jerawat di punggung? Usir deh dengan cuka apel…

via: brightside.me

Pasti ada kan yang tiba-tiba punggungnya jerawatan? Nah, punggung jerawatan ini bisa disebabkan oleh tali ransel atau pakaian yang terlalu ketat. Kalau jerawatnya merah kecil nih, bisa juga karena alergi bahan kimia yang entah ada di peralatan mandi. Makanan berlemak dan gorengan juga bisa memicu timbulnya jerawat punggung, lho!

Bagaimana cara mengatasinya? Mandilah dengan rutin (seminggu sekali) menggunakan air hangat yang telah diberi garam atau basuh punggung berjerawat dengan air yang sudah dicampur dengan cuka apel (perbandingannya 2:1).

2. Kalau menemui bintil jerawat di dada, kamu bisa menghilangkannya dengan baking soda.

via: brightside.me

Bagian dada ternyata bisa jerawatan, lho. Jadi, jangan kaget kalau lihat tiba-tiba ada jerawat di dadamu. Penyebab jerawat dada ini adalah alergi pada sabun mandi atau shower gel. Jerawat juga bisa muncul karena mengonsumsi air dingin, makanan pedas, atau seafood. 

Bagaimana cara mengatasinya? Campurkan baking soda dengan air secukupnya, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Pijat dengan lembut lalu bilas dengan air hangat.

3. Eh, jerawat juga muncul di leher nih! Tenang, punya lemon atau jeruk nipis kan?

via: brightside.me

Kerah yang terlalu ketat bisa merusak kulit dan menyebabkan jerawat, lho. Selain itu, jerawat leher juga bisa disebabkan oleh alergi sampo atau bekas bilasan yang kurang bersih saat keramas. Penyebab umum lainnya adalah terlalu banyak mengonsumsi yang manis-manis.

Bagaimana cara mengatasinya? Basuh bagian leher yang berjerawat dengan kapas yang telah dibasahi air lemon atau air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

4. Lho, kok di tangan tiba-tiba muncul di tangan sih? Segera atasi dengan kentang!

via: brightside.me

Penyebab jerawat bisa muncul di daerah yang terduga seperti tangan adalah alergi terhadap deterjen atau antibiotik. Terlalu sering pergi ke kolam renang, sauna, atau gym juga bisa memicu timbulnya jerawat pada tangan.

Bagaimana cara mengatasinya? Kalau jerawat muncul gara-gara jamur nih, Kawan Muda bisa menghilangkannya dengan menggosok-gosokkan kentang pada area yang  berjerawat. Yup, tinggal belah dua kentang lalu usapkan deh di tangan yang jerawatan. Diamkan selama satu jam, baru bilas hingga bersih.

5. Kalau ada jerawat di kaki, coba atasi dengan tea tree oil. 

via: brightside.me

Jerawat ternyata juga bisa muncul di kaki. Enggak nyangka banget, kan? Yup, kurangnya kebersihan dan pakaian yang terlalu ketat adalah penyebab munculnya jerawat di kaki. Penggunaan pisau cukur yang kurang tajam juga bisa menyebabkan munculnya jerawat, lho.

Bagaimana cara mengatasinya? Campurkan 5–6 tetes tea tree oil dalam sabun mandimu.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara mengatasi jerawat pada bagian-bagian tersembunyi? Semoga tips di atas membantu meringankan sakit kepalamu yang muncul gara-gara memikirkan jerawat, ya, hehe 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *