Enggak terasa kita sudah dipertemukan lagi dengan bulan Ramadhan. Buat Kawan Muda yang beragama Islam, ini adalah bulan yang tepat untuk fokus ibadah mendekatkan diri kepada Yang Kuasa. Nah, bulan Ramadhan pastinya identik dengan puasa.

Kalau ngomongin tantangan terbesar puasa ya menahan laparnya itu, lho! Apalagi kalau lihat iklan sirup diputar berulang kali di TV, duh. Enggak jarang nih masih siang bolong perut sudah krucuk-krucuk, tenggorokan rasanya seret, dan badan sudah lemas. Butiran debu banget deh pokoknya!


BACA JUGA :


Hayo, Kawan Muda pasti pernah kan mengalami kejadian kayak begini? Kalau iya dan sering begini, ada baiknya untuk cek kembali menu yang biasa kamu santap saat sahur. Karena salah memilih menu saat sahur bisa bikin kamu lemas seharian. Wew, enggak mau kan?

Biar puasa tetap lancar sebulan penuh, yuk intip tips memilih menu sahur sehat yang dilansir dari CNN Indonesia berikut ini.

1. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

via: nutritiontribune.com

Saat sahur, Kawan Muda wajib mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks karena ini penting sebagai sumber energi. Nah, karbohidrat kompleks itu tinggi kandungan seratnya sehingga tubuh akan merasa kenyang lebih lama dan enggak mudah lapar.

Bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, nasih hitam, roti gandum, oatmeal, sereal, dan kentang yang direbus dengan kulitnya.

2. Protein juga penting sebagai cadangan energi.

via: nuts.com

Kalau karbohidrat penting sebagai sumber energi, protein berperan penting sebagai cadangan energi yang diperlukan tubuh saat puasa. Nah, makanan yang kaya akan protein bisa memberikan energi secara konstan sehingga menghindarkan Kawan Muda dari serangan lemas saat berpuasa.

Asupan protein bisa Kawan Muda dapatkan dari ikan, daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan, dan telur. Pssstt…Kawan Muda tahu enggak, mengonsumsi putih telur rebus menjelang waktu imsak bikin kamu kenyang seharian, lho, karena dia bertahan lama di lambung. Wah, bisa dicoba nih!

3. Makan sayur dan buah itu wajib!

via: healthyforgood.heart.org

Konsumsi buah dan sayur saat sahur juga penting karena kandungan vitamin dan mineral dalam sayur atau buah sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran dan buah-buahan juga kaya serat sehingga Kawan Muda bisa rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

4. Tahan-tahan dulu deh kalau pengin makan yang pedas-pedas atau bersantan…

via: bahasa.aquila-style.com

Kalau Kawan Muda enggak mau sakit perut, kembung, atau bahkan kena maag, mending menghindar dulu deh dari makanan yang pedas-pedas atau yang bersantan saat sahur. Tahu enggak, makanan pedas dan bersantan itu susah dicerna dan akan menghasilkan asam ke lambung. Puasa bolong gara-gara masalah sepele begini kan sayang banget! Mending mencegah ya daripada merugi, hihi.

5. Minum yang manis-manis boleh, tapi air putihnya jangan kelupaan, ya!

via: sydneywater.com.au

Asupan cairan juga jangan disepelekan biar kamu enggak dehidrasi. Kalau minum air putihnya kurang ya enggak heran sih kalau kamu lemas lunglai di siang hari. Nah, biar tetap fit puasanya, minum air putih tiga sampai empat gelas ya saat sahur.

6. Sahur jangan keseringan pakai makanan instan, kenyangnya cuma sementara.

via: mercola.com

Buat anak kost-an, wajib dicatat ya. Makanan instan itu kenyangnya cuma sementara dan enggak cocok untuk dijadikan menu sahur. Jadi, hindari deh makanan instan seperti mie dan frozen food seperti kentang goreng, sosis, dan nugget. Kalau enggak bisa masak, malamnya sebelum tidur beli lauk dan sayur dulu saja di warung dan disimpan dalam rice cooker biar hangat.

Itulah tips yang bisa Kawan Muda terapkan saat sahur biar tubuh tetap segar, fit, dan enggak lemas seharian saat berpuasa. Kalau Kawan Muda sudah menjalankannya tapi masih lemas juga, kayaknya niat puasa kamu nih yang belum 100%, hehe.

Kalau sahur biasanya Kawan Muda makan apa nih biar kuat puasa seharian? Share yuk di kolom komentar 🙂