Selain Nikmat Dibikin Jus, Sirsak Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan!

2.148 views
manfaat sirsak
via: daleysfruit.com.au

Sirsak adalah salah satu buah yang memiliki rasa khas dan lezat. Rasa manis asamnya pasti bikin Kawan Muda ketagihan, apalagi kalau dijadikan jus. Hemm…sungguh menyegarkan.

Nah, selain terkenal akan kelezatannya, buah yang berasal dari Karibia ini ternyata banyak manfaatnya, lho, bagi kesehatan tubuh! Bahkan sejak zaman dahulu kala, nenek moyang kita telah memanfaatkan sirsak untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dan ini juga sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian yang dilakukan para ahli.

Lantas, manfaat kesehatan apa saja sih yang didapat saat mengonsumsi buah sirsak? Yuk, kita lihat bersama.

1. Menurut Penelitian, mengonsusmi sirsak secara rutin bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit kanker.

manfaat sirsak
via: compassphs.co

Menurut penelitian yang dilakukan oleh The National Cancer Institute pada tahun 1976, sirsak efektif dalam menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker pada usus, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, dan pankreas.

Dalam buah sirsak terdapat senyawa fitokimia bernama Annonaceous acetogenins yang bisa menghambat pertumbuhan virus dalam tubuh yang mengkibatkan mutasi genetik (kanker). 

2. Buat kamu yang mengalami gangguan tidur, konsumsi sirsak saja.

manfaat sirsak
via: empowher.com

Kandungan  nutrisi dalam sirsak berfungsi sebagai penenang alami yang bisa membuat Kawan Muda rileks. Kalau kamu mengalami insomnia, coba deh konsumsi buah sirsak sebelum tidur. Kalau lagi stress berat, kamu juga bisa mengonsumsi buah sirsak biar pikiran dan hati kembali tenang 🙂

3. Sirsak juga baik untuk kesehatan jantung dan kandungan antioksidannya mencegah penuaan dini.

manfaat sirsak
via: thehealthsite.com

Kandungan vitamin B2 dalam sirsak diperlukan untuk menghasilkan energi tubuh, membuat fungsi sistem saraf dan menjaga jantung. Selain itu, kandungan B1 yang sangat tinggi membantu mempercepat metabolisme tubuh, membantu sirkulasi darah, dan tekanan darah menjadi lebih baik.

Sirsak juga kaya akan antioksidan yang dipercaya bisa mencegah kulit mengalami berbagai masalah dan membuatnya awet muda.

4. Kandungan kalsium pada sirsak sangat baik untuk tulang dan berfungsi mencegah osteoporosis.

manfaat sirsak
via: chriskresser.com

Dalam 100 gram daging buah sirsak terkandung 14 miligram kalsium dan 27 miligram 27 gram fosfor. Nah, kalsium, fosfor, dan vitamin D merupakan jenis-jenis nutrisi yang diperlukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang, terutama pada anak-anak.

Sedangkan pada lansia, kandungan tersebut sangat berfungsi untuk mencegah osteoporosis. Pengin punya tulang sehat dan kuat, rajin-rajinlah mengonsumsi buah sirsak, ya!

5. Rajin mengonsumsi sirsak baik untuk menjaga imunitas tubuh.

manfaat sirsak
via: babble.com

Manfaat buah sirsak selanjutnya adalah menjaga sistem kekebalan tubuh. Yup, buah ini mengandung vitamin C yang tinggi. Nah, vitamin C dapat bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas penyebab penyakit. Kalau orang disekitarmu lagi kena flu nih, konsumsilah buah sirsak biar enggak ketularan. 

Nah, itulah 5 manfaat kesehatan yang akan kamu dapat ketika rajin mengonsumsi sirsak. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya, Kawan Muda.