Sebal dengan kutu yang suka ada di beras? Tenang, 5 tips ini bisa membantu untuk mengusir jauh-jauh kutunya!

7.330 views

Terkadang kalian suka sebal tidak, dengan kutu yang suka mengganggu di wadah beras kalian? Sudah ditutup rapat, dijaga suhunya, eh masih aja ada kutu. Rasanya mau uring-uring terus, karena kutunya selalu hadr tanpa diundang. Duh, duh!

Tapi, ternyata ada kok, cara yang mudah digunakan buat mengusir kutu beras! Selain cepat, 5 hal ini juga bisa dipraktikkan karena barang-barangnya mudah didapat, dan ada disekitarmu! Penasaran? Yuk, lihat bersama 5 tips dibawah ini:


BACA JUGA :


1. Jemur di tempat panas

via: appbuntu.com

Taruh beras di tampah atau wadah lebar, jemur dibawah terik matahari. Karena panas, kutu ini nanti bisa “pergi” dengan sendirinya dan meninggalkan berasmu. Bersih deh jadinya, dari kutu!

2. Tutup pakai lap atau kain basah

via: vemale.com

Siapkan kain yang sudah dibasahi, peras air di kain, biarkan lembap. Taruh beras di tampah atau wadah lebar, tutupi dengan kain lembap tersebut. Kutu beras nantinya akan menempel di kain lembap, karena mereka menyukai lingkungan yang sejuk dan lembap.

3. Pakai daun pandan atau daun salam

via: gudangreseptradisional.blogspot.com

Kedua daun yang beraroma kuat ini ternyata bisa untuk mengusir kutu, lho! Caranya juga cukup mudah, keringkan terlebih dahulu daun pandan atau salam (pilih sesuai selera), dan kemudian taruh di wadah beras. Nanti kutunya akan pergi sendiri.

4. Cabai Kering

via: petualangananzara.com

Kamu punya cabai kering? Bisa kok, digunakan untuk mengusir kutu. Caranya cukup mudah, taburkan cabai kering diatas permukaan beras, kemudian diamkan. Tidak lama kemudian, kutunya hilang!

5. Daun jeruk purut

via: arrosyidah.tk

Sama seperti daun pandan dan salam, aroma kuat dari jeruk purut ini bisa membantu untuk mengusir kutu. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menumbuk daun limau ini agar mengeluarkan aromanya, kemudian taburkan di beras. Hanya membutuhkan 50g daun jeruk purut untuk beras 10kg. Mudah banget, kan?


BACA JUGA : Membersihkan dapur semakin mudah dengan menggunakan garam! 6 tips ini cocok untuk membersihkan dapurmu hingga cling!


Nah, itu tadi adalah cara yang mudah untuk mengusir kutu beras. Selain mudah dan cepat, kutu pun bisa cepat terusir kan? Beras pun jadi bisa dikonsumsi lagi! Semoga tips ini bisa membantu ya, Kawan Muda!