Puasa ketar-ketir karena haus luar biasa? Yuk, terapkan 5 hal ini biar enggak gampang haus pas puasa!

1.395 views
via: thefashionisto.com

Menahan lapar okelah bisa, tapi kalau menahan haus? Aduh, ini nih yang jadi salah satu tantangan terbesar saat puasa. Gara-gara haus saja nih, tubuh bisa lemas dan kepala keliyengan.

Apalagi kalau cuaca di luar sana sedang panas-panasnya. Beuh, mulut dan tenggorokan jadi kering dan rasanya tuh pengin meneguk segelas air es kalau begini. Eits, jangan, tahan dulu.


BACA JUGA :


Jangan menyerah sebelum adzan Maghrib berkumandang, Kawan Muda! Nah, supaya besok-besok Kawan Muda enggak ketar-ketir gara-gara kehausan, ada beberapa tips untuk mengatasi rasa haus saat puasa. Apa saja tipsnya? Yuk, kita simak satu per satu seperti yang dilansir dari Tempo.co.

1. Banyak-banyak minum air putih terutama saat sahur.

via: shutterstock.com

Menahan haus saat puasa memang bisa membuat tubuh dehidrasi. Nah, untuk mencegahnya, usahakan minum air putih satu atau dua gelas setiap satu jam dari waktu berbuka puasa hingga menjelang imsak. Hal ini bisa membuat kamu terhidrasi dengan baik saat berpuasa keesokan harinya.

2. Makan pedas dan asin boleh, tapi ada baiknya dikurangi.

via: womenshealthmag.com

Buat kamu pecinta makanan pedas dan asin, enggak ada larangan kok buat makan yang pedas-pedas dan asin saat puasa. Tapi, dikontrol ya jangan berlebihan. Lebih baik lagi kalau dikurangi, kenapa? Karena makanan pedas dan asin bisa membuat kita lebih cepat haus.

3. Perbanyak konsumsi vitamin C alami dari buah atau madu.

via: paleovalley.com

Tahu enggak sih, dengan mengonsumsi banyak vitamin C alami, tubuh akan selalu segar dan kamu bisa terhindar dari rasa haus berlebihan saat puasa. Vitamin C alami bisa kamu dapat dari konsumsi buah-buahan atau madu.

4. Konsumsi lebih banyak sayuran dan buah.

via: babycenter.com

Enggak pengin kehausan parah saat puasa? Konsumsilah banyak buah-buahan dan sayur karena kedua jenis makanan ini kaya serat dan air. Beberapa buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, stroberi, anggur, melon, nanas, dan masih banyak lainnya. Sedangkan sayuran yang mengandung banyak air seperti timun, selada, paprika, wortel, brokoli, dan bayam.

5. Tidur dan istirahat yang cukup.

via: herbnhealth.com

Selain menjaga asupan makanan, pola tidur dan istirahat yang cukup juga bisa menjauhkanmu dari kehausan saat puasa. Jadi, kalau ada waktu istirahat manfaatkan sebaik mungkin ya, Kawan Muda 🙂

Itu dia beberapa tips yang bisa Kawan Muda praktikkan biar enggak haus berlebihan saat puasa. Selain lima hal di atas, Kawan Muda punya tips lainnya enggak biar bisa tahan haus pas puasa? Kasih tahu Kita Muda dong di kolom komentar 🙂