Coba pelajarin deh, 7 pose yoga yang bisa membantu menyehatkan jiwa dan ragamu!

6.114 views
Adho Mukha Svanasana
Foto : StyleCraze.com

Istilah pose dalam bahasa Sansekerta adalah “asana”. Konsep Yoga seperti yang kita tahu, adalah untuk menjaga harmoni antara tubuh, pikiran dan jiwa. Buat kamu yang ingin mencari ketenangan bagi jiwa akibat kepenatan aktivitas, yoga adalah jawaban yang tepat buat kamu. Selain membantu untuk menjauhkan diri dari penyakit, yoga juga bisa untuk membantu kita tetap berada dalam kehidupan yang sehat. Banyak banget ya, keuntungannya!

Nah, biar makin mantep belajar sekaligus mempraktikkan yoga, ada nih 7 pose yoga, yang Kita Muda kutip dari WittyFeed, yang bisa membantu untuk menjaga tubuhmu tetap segar dan jiwamu tetap damai. Ini dia:

1. Pose Uttanasana

via: pinterest.com

Uttanasana merupakan pose yang mampu mengencangkan paha dan lututmu, serta meregangkan pinggul, betis, dan paha belakang. Kerennya lagi pose ini bisa mengurangi tingkat stress dan kecemasanmu, serta bisa mengurangi tensi yang ada di leher dan punggung. Sayangnya, buat kamu yang pernah melakukan operasi punggung, lutut, dan paha belakang, jangan lakukan pose ini, ya!

2. Pose Padmasana

via: beyogi.com

Ini merupakan pose yang paling terkenal dan awam bahkan dikalangan mereka yang tidak beryoga sekalipun. Pose yang disebut juga the lotus pose ini mampu meningkatkan konsentrasi, mengurangi lemak, meregangkan pergelangan kakidan lutut, serta memperkuat pinggul dan sendi-sendi lutut. Tetapi, karena ini memberikan tensi tinggi pada bagian pergelangan kaki dan lutut, jadi buat kalian yang cedera jangan dulu praktikkan, ya!

3. Pose Adho Mukha Svanasana

via: enkiverywell.com

Pose Adho Mukha Svanasana ini mampu unutk menenangkan otak, meningkatkan stamina tubuh, menghilangkan stress, dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Pose ini bagus banget dipraktikkan untuk kalian yang terlalu sering bekerja dan memperlelah otak. Sayangnya nih, pose ini nggak bagus dipraktikkan untuk kalian yang berada dalam tingkat akhir kehamilan. Selain itu, buat kalian yang sakit di bahu, lengan, pinggul dan punggung, jangan praktikkan ini, oke?

4. Pose Parivrtta Trikonasana

via: stylesatlife.com

Pose Parivrtta Trikonasana bisa mengencangkan kaki, meregangkan pinggul, tulang dan paha belakang, serta membantu melancarkan pernapasan. Buat kalian yang sering terkena sakit punggung, pose ini membantu untuk meringankannya, lho! Tapi, untuk kalian yang terkena insomnia, diare, tekanan darah rendah, migrain, atau sakit kepala biasa, jangan coba pose ini, ya!

5. Pose Parivrtta Ustrasana

via: stylecraze.com

Pose yang disebut juga the shiva twist ini nggak bagus buat kalian yang memiliki tekanan darah rendah, karena bakal bikin pusing dan linglung. Tapi, pose ini bagus untuk memperlancar pencernaan, memperkuat punggung dan bahu, dan memperbaiki postur tubuh.

6. Pose Dandayamana Dhanurasana

via: yoga-tribe.com

Pose yang disebut juga the bow pose ini baus untuk kalian yang ingin memperbaiki keseimbangan tubuh, dan meningkatkan konsentrasi. Tapi pose ini nggak bagus untuk kalian yang terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Oh iya, jangan lupa untuk menarik dada dan paha sejajar kedepan pada saat melakukan pose ini.

7. Pose Vasisthasana

via: artofliving.com

Pose terakhir, nih! Pose yang disebut the side plank pose ini adalah pose yang harus dihindari buat kamu yang terkena cedera leher, bahu, atau pergelangan kaki. Tetapi pose ini bagus untuk memperkuat lengan, kaki, dan pergelangan tangan. Serta membantu untuk meningkatkan keseimbangan dan konsentrasi.

Nah Kawan Muda, sudah tahu kan pose-posenya apa saja? Pose ini bisa dipelajari sendiri di rumah apabila ada waktu luang, tapi lebih baik untuk mengambil kelas yoga, ya? Untuk menambah kesegaran tubuh dan ketenangan jiwa, yuk dipraktikkan pose-posenya!