Percaya atau tidak, minum sambil berdiri bisa berakibat fatal bagi kesehatan!

6.173 views
via: curejoy.com

Sejak kecil, Kawan Muda pasti sudah sering dinasihati oleh orang tua untuk makan dan minum sambil duduk. Kalau Kawan Muda berani makan atau minum sambil berdiri, pasti bakal dibilang atau dicap enggak sopan.

Ya, kalau untuk makan sih kita pasti lebih banyak melakukannya sambil duduk, kecuali di acara nikahan, hehe. Tapi, ngerasa enggak sih kalau kita tuh sering banget minum sambil berdiri? Minum sambil berdiri itu sudah jadi gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari. Habis lari langsung minum, ambil air dari dispenser juga langsung diteguk.


BACA JUGA: 7 manfaat tersembunyi dari minuman bersoda yang membuat kamu mikir-mikir lagi untuk meminumnya!


Padahal, kebiasaan minum sambil berdiri itu ternyata enggak baik untuk kesehatan, lho! Daripada Kawan Muda penasaran, yuk lihat bahaya apa saja yang ditimbulkan kalau kamu keseringan minum sambil berdiri.

1. Berisiko terkena artritis

via: onetoonehomecare.co.uk

Artritis, apaan tuh? Jadi, arthritis itu adalah peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai rasa sakit, bengkak, kaku, dan membuat bagian tubuh tertentu jadi susah bergerak. Waduh, seram juga ya kalau begitu!

Yap! Mungkin sebagian dari kamu terkejut atau enggak menyangka, tapi ini beneran, lho! Saat kamu minum sambil berdiri, keseimbangan cairan dalam tubuh akan tergangu. Nah, hal ini mengakibatkan penumpukan cairan di persendian tubuh yang bisa membuat kamu menderita arthritis.

2. Menaikkan asam lambung

via: rd.com

Lambung adalah bagian tubuh yang paling menderita kalau kita keseringan minum sambil berdiri. Saat kamu minum sambil berdiri, tekanan air akan mengejutkan saluran (sphincter) yang menuju lambung sehingga menyebabkan naiknya asam lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).


BACA JUGA: Tanpa harus ke kafe, sekarang kamu bisa membuat minuman dengan resep ala Kita Muda ini


Selain itu, minum sambil berdiri juga membuat dinding lambung terkiskis. Bayangkan, lambung itu bagian penting dalam pencernaan. Kalau misalnya jadi rusak begini, apa kabar dong pencernaan kita?

3. Merusak ginjal

via: davidwolfe.com

Tak hanya lambung yang menderita, kondisi ginjal kamu juga terancam! Karena minum sambil berdiri membuat proses penyaringan yang dilakukan ginjal jadi kurang optimal. Selain itu, kotoran bisa menumpuk di ginjal dan kandung kemih yang bisa menyebabkan gangguan saluran kemih. Efek jangka panjangnya nih, bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal. Aduh, seram banget, ya!

4. Saraf tubuh menjadi tegang

via: alodokter.com

Minum sambil berdiri juga bisa membuat saraf tubuh menjadi tegang. Saat kita berdiri, sistem urat saraf simpatis aktif untuk menahan semua otot dan menjaga kesimbangan. Sebaliknya, kalau kita minum sambil duduk, sistem parasimpatetik akan aktif sehingga menenangkan pikiran dan meringankan proses pencernaan.


BACA JUGA: 7 manfaat minum air putih hangat untuk kesehatan. Psst… bisa menurunkan berat badan juga, lho!


Nah, sudah tahu kan akibat fatal kalau kita minum sambil berdiri? Mulai sekarang, yuk, kita praktikkan kembali ajaran orang tua untuk minum sambil duduk. Biar enggak kena penyakit-penyakit serem di atas.