Percaya atau Nggak, 6 Kebiasaan Perawatan Kecantikan Ini Sebenarnya Merusak Kulit dan Dilarang oleh Ahli Kulit Professional! Nggak Percaya?

1.234 views

Skin care atau perawatan kulit merupakan salah satu beauty treatment yang sedang populer saat ini. Merawat kulit dengan cerdas agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan, sedang digandrungi oleh wanita masa kini. Berbagai perawatan kulit pun dicoba, mulai dari 10 tahap dan 7 toning ala Korea, hingga penggunaan double moisturizer. Terutama untuk cewek yang senang dandan, skin care penting banget demi hasil makeup yang bagus dan sesuai.

Tapi nih, pernah kebayang nggak kalau sebenarnya ada kebiasaan dalam skin care kamu yang dilarang oleh ahli kulit? Padahal nih, kalau kamu nggak praktikkan kebiasaan tersebut, uang yang dihabiskan menjadi tidak sebanyak biasanya, dan kulit kamu pun akan lebih cerah dan segar. Hmm…..kira-kira apa saja ya, kebiasaan tersebut? Dilansir dari Reader’s Digest, ini dia:

1. Mengaplikasikan sunscreen sebelum makeup

via: rd.com

Biasanya untuk cewek-cewek, kita selalu mengaplikasikan sunscreen sebelum menggunakan foundation, padahal nih sebenarnya kebiasaan tersebut salah, lho! Kalau kita menggunakan sunscreen sebelum menggunakan produk anti aging dan moisturizer, kita akan merusak kandungan sunscreen  di dalamnya. Sehingga menurut ahli kulit Jessia Wu, MD, akan lebih baik kalau kita mengaplikasikan sunscreen setelah selesai menggunakan makeup.

2. Bergantung pada kandungan SPF yang ada dalam produk makeup 

via: rd.com

Untuk yang nggak suka ribet, menggunakan tinted moisturizer atau foundation dengan kandungan SPF lebih baik daripada menggunakan sunscreen sebelumnya. Padahal nih, SPF yang ada di makeup hanya melindungi kamu dari sinar UVB, dan bukan UVA. Nah untuk menghindari hal ini, coba deh aplikasikan SPF dan produk makeup yang mengandung SPF, dengan fungsi melindungi untuk melawan UVA dan UVB. Jangan lupa juga aplikasikan sunscreen di bagian telingan dan leher kamu, ya!

3. Scrubbing dengan handuk atau washcloth

via: rd.com

Sering lihat nggak sih, selebriti Hollywood membersihkan masker atau scrub yang mereka gunakan menggunakan washcloth? Padahal nih, cara tersebut sebenarnya salah! Membersihkan wajah dengan handuk bukan cara yang tepat untuk menghapus kotoran, debu, dan minyak. Serat kain yang ada di handuk atau washcloth dapat mengiritisasi kulit dan membuat garis halus serta kerutan makin terlihat. Gimana cara menghindari hal ini? Menurut Mona Gohara, MD, seorang ahli kulit dari New York menyarankan untuk menggunakan tangan dalam menghapus produk kecantikan di wajah.

4. Over cleansing

via: rd.com

Untuk kalian yang memiliki kulit berminyak, pasti membasuh wajah lebih dari 3 kali sehari. Sebenarnya nih, memiliki kulit berminyak itu bukan hal yang buruk kok, dan minyak di kulit berfungsi untuk menjaga lapisan kulit agar tetap sehat. Sayangnya memang, terlalu banyak minyak yang diproduksi membuat kulit seperti “ladang minyak”, mengkilap dan licin. Sehingga pada akhirnya membasuh wajah dengan produk yang mampu menghapus minyak hingga kulit terasa kesat, tapi ini sebenarnya salah, lho! Ketika kulit wajahmu terasa kering hingga tertarik, itu tandanya minyak natural di wajah kamu hilang. Untuk mengatasi hal ini, coba deh ganti pembersih wajah kamu yang tidak mengandung alkohol atau bahan yang drying lainnya, dan kurangi frekuensi membersihkan wajah menjadi 2 kali dalam sehari. It works!

5. Eye cream merupakan benda penting

via: rd.com

Satu lagi konsepsi kecantikan yang harus diluruskan, bahwa mata kita sebenarnya tidak membutuhkan eye cream. Menurut Dr. Wu, kamu membutuhkan eye cream hanya ketika terdapat iritasi atau kerutan disekitar mata kamu, sehingga membutuhkan eye cream khusus. Tapi jika tidak adanya kerutan atau iritasi di mata, ada baiknya untuk menggunakan moisturizer atau petroleum jelly yang lebih affordable dan mudah digunakan.

6. Memakain produk dengan fragrance

Menggunakan produk dengan wewangian atau fragrance memang menyenangkan, karena dapat membuat tubuh lebih rileks sekaligus menyegarkan. Tapi kalian tahu nggak sih, kalau produk dengan kandungan wewangian dapat mengiritisasi kulit? Menurut seorang ahli kulit, Audrey Kunin, MD, bahan wewangian adalah kandungan yang dapat menyebabkan alergi terberat dalam produk kosmetik dan skin care. Nah untuk mengatasi hal ini, coba cari produk kecantikan yang memiliki kandungan bebas wewangian, bebas paraben, dan bebas sulfat. Demi kulit yang lebih sehat, nggak ada salahnya kan untuk ganti produk?

Nah diantara kebiasaan-kebiasaan kecantikan diatas, yang mana nih perlu Kawan Muda rubah? Sekarang kan sudah tahu kebenarannya seperti apa, jadi jangan sampai salah lagi, ya! Yuk rubah kebiasaan yang tidak baik demi kecantikan kulitmu!