Penyuka manis hati-hati! 5 buah ini kadar manisnya ternyata tidak baik untuk kesehatanmu!

4.862 views

Kawan Muda, kalian pasti tahu dong konsumsi buah setiap hari baik untuk tubuh? Selain menambah vitamin dan gizi di tubuh, ternyata buah juga baik untuk pencernaan dan kekebalan, lho! Makannya banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk konsumsi buah setiap hari sebagai pengganti dessert.

Eits, tapi kalian tahu tidak kalau ternyata ada buah yang karena rasanya terlalu manis, tidak baik untuk kesehatanmu, lho! Ternyata 5 buah di bawah ini dapat meningkatkat kadar gula tubuh sehingga berisiko untuk terkena diabetes. Apa saja sih, 6 buah tersebut? Yuk, kita lihat bersama:


BACA JUGA : 5 manfaat buah naga untuk kesehatan. Yuk, pahami!


1. Leci

via: vueweekly.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ternyata, Leci itu memiliki kandungan buah 29gr per mangkuknya! Sangat tinggi lho, untuk ukuran buah. Tapi jangan salah, meskipun kandungan gulanya tinggi, Leci kaya akan kalsium dan vitamin C. Jadi konsumsi secukupnya saja, ya!

2. Kelengkeng

via: obattbckelenjar.info

Memilki kadar gula yang sama tingginya dengan Leci, membuat kelengkeng menjadi salah satu buah yang wajib dihindari. Kalau kamu suka sekali dengan Kelengkeng, sehari cukup makan 3 – 5 buah saja, sebagai pengganti dessert serta untuk mencukupi kebutuhan gula sehari – hari.

3. Mangga

via: thealternativedaily.com

Kalau sudah masak, buah mangga ternyata memilki kandungan gula sebesar 23gr! Sama manisnya dengan Leci dan Kelengkeng. Eits, meskipun manis sekali, Mangga memiliki kandungan vitamin A dan C yang baik untuk serat tubuh, lho!

4. Anggur

via: medicalnewstoday.com

Anggur memiliki kandungan buah 15gr permangkuknya, dan kandungan ini terdapat dalam semua jenis anggur, baik ungu ataupun hijau. Untuk kamu penyuka berat anggur, konsumsi ini cukup 3 buah perhari saja ya, untuk memenuhi antioksidan dalam tubuh.

5. Pisang

via: medicalnewstoday.com

Kadar gula pisang sama seperti Anggur. Tetapi kalian tetap boleh memakannya rutin kok, karena memilki kandungan glikemik sebesar 51. Selain itu pisang juga mengandung vitamin B, vitamin C, magnesium dan kalium yang membantu untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.


BACA JUGA : Selain enak kalau dibikin jus, ternyata buah delima juga memiliki 10 manfaat ini


Meskipun buah-buah diatas memilki kandungan buah yang tinggi, tetapi tidak ada salahnya untuk dikonsumsi secara rutin demi kesehatanmu. Tetapi jangan berlebihan, nanti bukannya sehat malah jadi sakit. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya, Kawan Muda!