Pengguna Android, Sudah Tahu Fitur Rahasia Ini Belum?

1.332 views
Fitur rahasia smartphone Android
via: gizmolad.com

Seberapa jauh sih, Kawan Muda mengenal smartphone yang kamu miliki? Meski sudah menggunakan sebuah smartphone dalam waktu lama, terkadang ada beberapa fitur yang mungkin luput dari radar kamu. Padahal, fitur-fitur tersebut terbilang cukup membantu, lho, seperti fitur menghemat baterai hingga remote control.  

Nah, biar Kawan Muda enggak gaptek-gaptek amat dan bisa memanfaatkan  fitur tersebut untuk memaksimalkan penggunaan smartphone, Kita Muda akan mengulas satu per satu fitur rahasia smartphone Android yang jarang diketahui orang—mungkin kamu termasuk salah satunya. Apa saja?

1. Memaksimalkan fitur Android untuk menghemat baterai.

Fitur battery-saving atau power-saving | via: phonearena.com

Kawan Muda mungkin sudah familiar dengan fitur battery-saving atau power-saving untuk menghemat baterai. Namun tahukah kamu? Ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk makin memaksimalkan penghematan baterai yakni dengan mengganti wallpaper atau gambar latar perangkat Androidmu menjadi warna hitam atau warna gelap lainnya.

Yup, warna gelap ternyata bisa menekan kinerja baterai karena highlight pixel di smartphone kamu akan mati secara otomatis.

2. Fitur Google Text To Speech yang bisa membacakan teks untukmu.

Fitur rahasia smartphone Android
Fitur Google Text To Speech | via: stacktips.com

Google Text To Speech adalah aplikasi yang mampu mempermudah pengguna android untuk membaca teks pada android. Kalau kamu malas baca buku yang disimpan pada Android misalnya, gunakan fitur ini agar dia membacakannya untukmu layaknya audio book. Fitur ini juga bisa digunakan  untuk mengirimkan perintah suara, lho.

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Google Text To Speech ? Kamu bisa mengaturnya lewat menu  Setting >> Accessibility >> turn on Text-to-Speech. Di situ kamu bisa mengatur bahasa yang diinginkan juga.

3. Sudah tahu smartphone Androidmu bisa jadi remote control untuk menjaga keamanan data?

Fitur rahasia smartphone Android
Fitur remote control di Android | via: pcworld.com

Salah satu yang ditakutkan saat kehilangan HP adalah bocornya data-data penting ke tangan orang lain atau data tersebut mungkin digunakan untuk melakukan tindak kejahatan dan semacamnya. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa mengaktifkan fitur ‘remote control’ pada Android .

Dengan begitu kamu bisa mengatur data-data dalam ponsel yang hilang dari jarak jauh dan melakukan pemblokiran. Cara mengaktifkannya cukup mudah melalui menu Setting >> Security >> Device Administrators >> lalu centang Remotely locate this device >> selanjutnya pilih, Allow remote lock and erase.

4. Fitur Guest Mode agar data tidak ‘diintip’ oleh teman yang meminjam smartphone-mu.

Fitur rahasia smartphone Android
Fitur Guest Mode | via: maketecheasier.com

Punya data-data pribadi yang tak ingin diketahui oleh teman-teman saat mereka meminjam smartphone-mu? Tenang, gunakan saja fitur Guest Mode untuk mengamankan data-data penting atau rahasia kamu dari tangan-tangan jahil.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur ‘Guest Mode’ pada Android:

  1. Swipe ke bawah dari atas layar untuk menarik bar
  2. Tekan avatar kamu di kanan atas dua kali.
  3. Sekarang kamu akan melihat tiga ikon; akun Google, Tambah tamu (Add guest), dan Tambah pengguna (Add user).
  4. Ketuk Add guest. Sekarang smartphone kamu akan beralih ke guest mode. Proses ini mungkin memakan waktu dan smartphone kamu akan sedikit terasa lambat di awal-awal.

5. Screen Magnifier untuk memperjelas tampilan smartphone.

Fitur rahasia smartphone Android
Fitur Screen Magnifier | via: pcworld.com

Fitur rahasia smartphone Android yang satu ini sangat cocok buat kamu yang merasa tidak nyaman dengan tampilan layar smartphone (mungkin kekecilan atau kurang enak dipandang). Dengan fitur ini kamu hanya perlu tap sekali layar Android dan tara…tampilan layar akan menjadi lebih besar.

Namun, kamu harus mengaktifkan terlebih dulu fitur tersebut melalui menu Setting >> Accessibility >> Magnification Gestures.

Whoa, ternyata banyak banget ya fitur rahasia smartphone Android yang bermanfaat. Hemm, daripada download aplikasi tambahan, mending memanfaatkan fitur di atas, kan? Dari lima fitur di atas, mana nih yang sudah pernah kamu gunakan?