Pencari kerja yuk merapat! 6 tips ini cocok banget dipraktekkin buat kamu yang habis melakukan wawancara!

1.743 views

Dipanggil buat wawancara kerja? Duh rasanya pasti seneng banget deh! Kamu pasti langsung mempersiapkan diri kamu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari interviewer, misalnya latar belakang kerjamu, kenapa memilih perusahaan tersebut, dan lainnya.

Eits, tapi tahu tidak kalau sesudah wawancara kerja masih ada yang harus kamu lakukan? Kamu masih harus menunggu dulu kepastian apakah kamu memang diterima untuk bekerja disana atau tidak, lho! Jeda setelah wawancara kerja itu jadi penentu apakah kamu atau pesaingmu yang akan diterima untuk bekerja disana. Nah, tips ini bisa kamu praktikkan sambil menunggu apakah kamu diterima atau tidaknya. Yuk, kita lihat tipsnya bersama:

1. Bilang terimakasih.

via: turner.com

Bilang terimakasih itu hal yang penting lho, untuk kamu lakukan setelah selesai wawancara. Dengan kamu berkata terimakasih, secara tidak langsung kamu memberi nilai plus dan impression yang baik buat kamu. Tapi ingat, jangan berlebihan ya!

2. Ikuti instruksi selanjutnya.

via: croda.com

Kalau memang ada tes lagi setelah kamu interview, tetap diikuti ya sesuai instruksi, baik dalam bentuk e-mail atau langsung. Ini akan membantu kamu banget nantinya pada saat kamu mengerjakan tes-tesnya.

3. Menghubungi kembali.

via: digitaltrends.com

Jangan lupa setelah selesai melakukan wawancara dan tes-tes, setelah beberapa hari segera hubungi perusahaan, ya! Memang sih, perusahaan yang akan menghubungi kamu, cuman tidak adanya salahnya untuk menghubungi lebih awal. Selain untuk menunjukkan niatan kamu dalam bekerja diperusahaan itu, kamu juga bisa mendapatkan kepastian lebih awal perihal diterima atau tidak. Jadi kalau gagal kamu bisa mencoba tempat lain, deh!


BACA JUGA : Biar enggak nyesel, kamu harus kerja di startup minimal sekali seumur hidup. Ini dia alasannya…


4. Persiapan interview kedua.

via: businessnegotiating.com

Ini tentatif sih, tetapi tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri. Sambil menunggu kepastian, perdalam lagi pengetahuanmu terkait perusahaan itu, misalnya posisimu, cara kerja perusahaannya, sejarah perusahaannya, dan sebagainya. Sehingga nanti kalau kamu dipanggil, kamu sudah siap dan tidak gelagapan sendiri.

5. Moving On

smile
Foto : TeluguOne.com

Selama masa jeda ini, kamu akan berada dalam masa penantian. Artinya kamu akan menerka-nerka sendiri akan diterima atau tidaknya. Ada baiknya daripada kamu larut dalam kegalauan kerja, lebih baik kamu mempersiapkan dirimu untuk melamar kerja di tempat lain. Tidak diterima pun bukan masalah, karena kamu sudah ada backingan bukan?

6. Negosiasikan

via: businessnegotiating.com

Kalau kamu akhirnya dipanggil untuk bekerja, maka selamat! Jangan lupa untuk menegosiasikan gaji kamu, jam kerja, dan sebagainya, hingga mendapatkan kesepakatan yang sesuai dari kedua belah pihak.


BACA JUGA : Kenapa sih orang Jerman itu kerjanya produktif, padahal jam kerjanya sedikit dan banyak liburnya


Mencari kerja memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi tidak ada salahnya untuk terus mencoba, ingat mencari kerja itu juga perlu perjuangan. Jadi kalau gagal, jangan takut untuk mencoba lagi dan lagi, ya! Semangat Kawan Muda!