Menyetir mobil menjadi keterampilan yang tampaknya harus dikuasai di zaman sekarang. Ya, banyak sekali nih keuntungan yang didapat kalau Kawan Muda bisa nyetir mobil.

Kamu bisa menjadikannya profesi sampingan dengan menjadi driver online. Beberapa perusahaan dan jabatan tertentu pun mewajibkan karyawannya memiliki SIM A, yang berarti mereka harus menguasai keterampilan teknis tersebut.

Nah, kalau melihat game latihan stir mobil, mungkin terlihat mudah, ya. Namun kenyataanya, nyetir mobil itu agak tricky, lho.

Kali ini, Kita Muda bakal kasih tips mudah menyetir mobil yang enggak akan kamu dapatkan di kursus-kursus  mengemudi.

Kira-kira apa saja? Yuk, kita kepoin tipsnya di bawah ini.

1. Cek apakah kaca spion mobilmu terpasang dengan benar.

menyetir mobil
via: brightside.me

Pada dasarnya, spion pada bagian kanan dan kiri mobil berfungsi untuk memberi pantulan gambar pemandangan dari jalur jalanan sebelah kamu, bukan menunjukkan bagian samping mobilmu.. Dengan begitu, jika hendak berpindah jalur, kamu bisa melakukannya dengan aman.

2. Belajarlah untuk merasakan dimana roda mobilmu berada untuk menghindari jalanan berlubang dan mencegah hub cap mobil tergores saat parkir.

menyetir mobil
via: brightside.me

Yup, merasakan ban mobil. Bagaimana caranya? Siapkan botol plastik kosong, injak, dan letakkan di jalan. Berlatihlah dengan botol plastik tersebut secara bergantian antara roda depan kiri dan kanan.

3. Parkir dengan mudah hanya dengan melihat kaca depan mobil atau kaca spion.

menyetir mobil
via: brightside.me

Ada dua jenis parkir yang umum digunakan, paralel atau perpendicular. Untuk parkir perpendicular, agar bumper mobil enggak menabrak pinggir jalan, periksalah apakah trotoar sudah di bawah kaca spion (seperti yang terlihat pada gambar paling atas). Kalau sudah, berarti kamu berada dalam posisi yang tepat.

Sedangkan untuk parkir pararel, supaya kamu enggak menggores dop roda, tempelkan selotip berwarna di bagian bawah kaca depan. Berhenti begitu selotip tersebut “bertemu” atau “sejajar” dengan garis tepi jalan.

4. Setelah melintasi genangan air atau banjir, keringkan kanvas rem. Jika genangan air tersebut masuk ke dalam mesin atau ruang bakar, mobilmu bisa mengalami kerusakan serius.

menyetir mobil
via: brightside.me

Caranya, jalankan mobil dengan perlahan, kemudian injak dan lepaskan rem berkali-kali. Lakukan hingga kondisi rem kembali normal.

5. Amatilah manuver mobil yang lebih tinggi di depanmu.

menyetir mobil
via: brightside.me

Perhatikan selalu pergerakan atau perpindahan mobil yang lebih tinggi yang ada di depanmu. Tak hanya yang tepat di depan mobilmu, tetapi juga yang berada di ujung paling depan.

Pengemudi kendaraan yang lebih tinggi (truk dan bus) melihat situasi jalan dengan lebih jelas. Jika mereka mulai mengganti jalur sekaligus, kemungkinan mereka melihat kecelakaan mobil atau hambatan jalan lainnya. Ikutilah pergerakan mereka dan gantilah jalur juga.

6. Turunkan tuas kaca spion pada malam hari agar tidak silau saat terkena sinar lampu mobil yang ada di belakang.

menyetir mobil
via: brightside.me

Saat sinar lampu terkena spion tengah, membuat kabin menjadi terang, pantulan cahaya dari kaca spion pun akan menyilaukan mata pengendara.

Untuk itulah, turunkan tuas kecil pada bagian bawah spion tengah. Dengan turunnya tuas, sinar cahaya dari lampu kendaraan di belakang bisa diredam

7. Penggunaan rem tangan untuk jangka waktu yang cukup lama tidak disarankan, terutama di daerah yang kondisi cuacanya dingin, atau mobil yang sehabis melewati genangan air dan menerobos banjir.

menyetir mobil
via: brightside.me

Kondisi tersebut bisa menimbulkan karat/kerak di kampas rem maupun tromol/cakram, sehingga membuat kampas rem lengket dan sulit lepas.

Ini disebabkan penggunaan rem tangan untuk waktu yang lama, terutama mobil yang masih menggunakan rem model tromol.

8. Ketika mobil yang berjalan di jalur sebelahmu tiba-tiba melambat, lakukanlah hal yang sama. Karena kemungkinan ada orang yang menyeberang atau hewan yang melintas.

menyetir mobil
via: brightside.me

9. Jangan memutar roda terlebih dahulu saat berbelok ke kiri.

menyetir mobil
via: brightside.me

Sangat berbahaya saat Kawan Muda memutar roda terlebih dahulu sebelum berbelok ke kiri. Mereka harus berada di posisi awal. Jika sebuah mobil menabrak dari belakang, kamu mungkin akan bergeser jauh ke jalur berlawanan dan kemungkinan besar menabrak kendaraan lain yang melintas.

Nah, itulah 9 tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat berkendara menjadi lebih mudah. Kamu pun akan merasa nyaman dan mampu menghindari situasi berbahaya sebisa mungkin. Selamat mencoba, Kawan Muda 🙂

Sumber: Brightside.me