5 Resep Obat Batuk Tradisional untuk Usir Batuk di Musim yang Tak Menentu

1.766 views
via: losingweightdone.com

Suhu dan cuaca yang tidak menentu kadang bisa berdampak pada kondisi kesehatan kita.  Apalagi kalau seharian penuh suhu udaranya panas, eh, besoknya mendadak turun drastis selama berhari-hari.

Perubahan tersebut akhirnya menimbulkan gejala influenza musiman seperti rasa panas ditubuh (meski tak diikuti kenaikan suhu tubuh), pilek, dan yang paling menyebalkan adalah batuk.

Kawan Muda tentu pernah dong merasa tenggorokan jadi kering dan sakit untuk menelan apalagi saat cuaca enggak menentu?

Kalau rasa sakitnya sementara dan cepat hilang sih oke, tapi kalau batuknya awet dan bikin badan jadi enggak fit? Ugh, kesel kan aktivitas jad terganggu!

Nah, biar gejala batuk ini enggak merepotkan, Kita Muda bakal share nih resep obat batuk alami yang bisa kamu bikin sendiri di rumah.

Oh ya, selain bisa meredakan batuk, obat batuk tradisional ini bisa menjaga tubuhmu agar tetap fit. Yuklah catat resepnya dan buruan  bikin kalau tenggorokan mulai kerasa enggak enak 😉

1. Campuran kecap dan jeruk nipis

via: jabar.tribunnews.com

Resep obat batuk turun-temurun ini bisa meredakan batuk dan gejala-gejala yang menyertai batuk. Yang kamu butuhkan hanyalah sesendok kecap manis yang dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Minum ramuan ini satu sendok makan setelah makan.


BACA JUGA:


2. Air jeruk nipis hangat

via: pinterest.com

Kalau merasa campuran kecap dan jeruk nipis rasanya aneh, kamu bisa menyeduh jeruk nipis dengan segelas air hangat (tanpa menambahkan gula). Minuman ini bisa memberikan efek lega di tenggorokan. Kamu juga bisa menambahkan 1—2 sdm madu jika dirasa terlalu asam.

3. Madu

via: simplyrecipes.com

Bahan yang satu ini ternyata punya khasiat untuk meredakan batuk, lho. Ketika muncul gejala batuk, kamu bisa mengonsumsi satu sendok madu setiap beberapa jam sekali. Madu akan membantu mengurangi dan meredakan iritasi pada tenggorokan.

4. Jamu kencur

via: thehumblegarnish.com

Kencur memiliki khasiat melegakan tenggorokan yang terasa berlendir ketika batuk. Pssst…tahu enggak, banyak lho penyanyi yang mengonsumsi jamu kencur biar kondisi pita suara mereka terjaga.

5. Wedang jahe

via: vegetariantimes.com

Kandungan minyak atsiri pada jahe diklaim ampuh menjaga kesehatan tenggorokan. Bahkan pada jenis jahe terntentu seperti jahe merah, minyak atsirinya 2,5% lebih banyak. Oleh karena itu, mengonsumsi air rebusan jahe di malam hari sebelum tidur bisa membantu meredakan batuk.

Nah, itulah tadi bahan alami yang bisa diramu menjadi obat batuk tradisional. Jika sudah muncul gejala batuk, segera konsumsi ramuan di atas. Namun jika batuk tak kunjung sembuh dalam waktu 2 minggu, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter ya, Kawan Muda 😉