Nafsu makan menurun? Konsumsi 6 hal ini untuk membangkitkannya!

3.736 views
Young toddler boy eating messy pasta

Ini adalah dilema tersendiri bagi orang kurus yang nggak terlalu suka makan. Apa? Jaman sekarang nggak doyan makan?

Pasti kamu sering di tewur sama orang-orang yang fisiknya lebih subur daripada kamu. Atau bahkan, kamu jadi di-jealous-in banyak orang subur itu “kok bisa nggak nafsu makan, padahal nasi masih enak”.

Perlu kamu ketahui, tiap orang memiliki tubuh yang berbeda-beda. Jadi nggak bisa disalahkan dan dipaksa untuk makan apa yang nggak diinginkannya.

Meski begitu, kalau kamu kurus, nggak doyan makan dan ngerasa risih sama omongan orang. Kita Muda punya solusinya. Sebenarnya ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membantumu meningkatkan nafsu makan. Apa aja itu? Ini dia:

#1. Roti putih

bread-05

Foto : weknowyourdreams.com

Sepertinya sepele banget dan kamu bisa dapetin di toko mana aja. Tapi jangan salah gaes, meskipun makanan dengan genre tepung halus minim nutrisi ini, ternyata mampu menimbulkan rasa lapar hanya dengan sekali lihat.

Warnanya yang putih dan berlembar-lembar, ketika dimakan sangat cepat dicerna oleh tubuh dan diubah menjadi gula lalu meningkatkan insulin. Ditemukan dari jurnal Health Psychology bahwa peningkatan insulin berhubungan dengan meningkatnya rasa lapar.

Ketika nggak ada waktu untuk sarapan, kamu bisa memilihnya sebagai menu andalan. Nggak usah takut nggak gemuk-gemuk karena fakta menarik lainnya, berdasarkan penelitian di Spanyol, kebiasaan makan dua atau lebih porsi roti putih oleh 9.000 orang, menyebabkan 40% dari mereka mengalami obesitas.

Wah, kalau nggak nafsu makan nasi bisa ini makan roti banyak-banyak biar cepat gemuk.

#2. Jus buah segar

jus-jeruk-mengandung-asam-folat-untuk-persiapan-kehamilan

Foto : ibu-hamil.web.id

Cara praktis yang nggak membosankan untuk memakan buah adalah dengan mengkonsumsi buah dalam bentuk jus. Selain bikin tenggorokan seger, dampak dari jus buah ini ternyata ampuh untuk mengganjal perut yang lapar.

Warna buah yang disulap menjadi jus juga memberi kesan lezat sehingga kita jadi ingin meminumnya terus menerus. Fakta lain menegaskan bahwa minum jus dengan serat yang hilang akan membuat kadar gula darah makin cepat naik, sehingga kamu pun makin lapar.

#3. Semangkok sereal manis

cer1

Foto : stealingshare.com

Menurut Kita Muda, nggak ada manusia di dunia ini yang menolak makan sereal manis. Apalagi kalau dicampur susu dan potongan buah strawberry. Wah, rasanya sayang kalau masih nggak nafsu makan.

Dan itu ada benarnya loh gaes, kalau kamu susah makan coba ngemil sereal. Karena sereal memiliki sedikit kandungan karbohidrat sehingga kamu pasti gampang lapar. Akhirnya jajan di kantin deh!

#4. Makanan gurih-gurih asin

Bowl of crisps
Foto : weediest.com

Kamu pernah nggak sih setelah makan yang gurih asin, rasanya kayak pingin makan atau minum yang manis-manis? Ternyata, makan makanan asin itu membuat gula darah naik seketika tapi juga langsung drop.

Itu kenapa, setelah kamu makan banyak keripik kentang, kamu akan bernafsu makan makanan yang manis-manis. Wah, bisa bikin nafsu makan bertambah dong.

Sebuah studi dari University of Florida College of Medicine & McKnight Brain Institute, Gainesville, juga sepakat terhadap hal ini. Dengan mengkonsumsi makanan asin akan mendorong kita untuk makan berlebih.

#5. Mengunyah permen karet

Beautiful blonde woman. Fashion portrait. Blowing bubble gum.
Foto : flanagansmiles.com

Bangkitkan nafsu makanmu dengan sering-sering mengunyah permen karet. Katanya sih buat diet, tapi faktanya makan permen karet justru bikin kamu makin lapar. Sebab kegiatan mengunyah justru membuat cairan lambung mengembang karena dikira ada makanan yang turun.

Tapi kalau nggak ada makanan yang turun alias php, perut akan terasa asam dan menimbulkan efek lapar. Sering ngerasa gitu nggak sih kalau habis makan permen karet, perut jadi keroncongan?

#6. Seporsi sushi

sushi

Foto : scarletcomm.com

Kalau ada yang menolak makanan ini kebangetan sih. Menurut ahli Gizi Susan M. Kleiner, RD, PhD, memakan sushi itu sama dengan memakan tiga potong roti putih.

Kamu akan cepat kelaparan karena kandungan karbohidrat nasi dalam sushi berubah menjadi gula. Memang, kandungan ikan dalam sushi memiliki gizi tinggi. Tetapi, porsi ikan dan nasi lebih sedikit. Sehingga, ketika sebelumnya kamu belum makan apapun kemudian memakan sushi, makanan ini akan cepat tercerna dan membuat perut cepat kenyang tapi juga cepat kosong.