Karena Mulut Bemasalah Bisa Picu Penyakit Jantung, 7 Prinsip Kesehatan Mulut Ini Wajib Kamu Praktikkan!

20.075 views
darlie talent
Via: Darlie

Bisa dibilang, mulut adalah medan pertempuran awal melawan penyakit. Meskipun tampaknya sepele, kesehatan mulut yang buruk bisa memicu timbulnya penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, dan bahkan stroke! Eits, ini enggak mengada-ada lho, Kawan Muda.

Sejumlah studi telah menunjukkan bahwa penyakit periodontal (penyakit gigi dan gusi) sangat erat kaitannya dengan penyakit-penyakit mematikan tersebut. Itulah sebabnya jangan pernah menyepelekan kebersihan gigi dan mulut atau jangan disepelekan kalau gigi/gusimu sakit.

Nah, sebagai langkah pencegahan agar Kawan Muda terhindar dari penyakit-penyakit seram tersebut, Kita Muda dan Darlie telah merangkum nih prinsip sederhana menjaga kesehatan mulut dan gigi yang harus kamu terapkan mulai sekarang. Apa saja tuh?

1. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari dengan benar, jangan terlalu keras

gosok gigi
Foto : Instagram @darlie.id

Seberapa sering Kawan Muda menyikat gigi? Satu kali, dua kali, atau lebih dari itu? Ingat ya, para dokter gigi menyarankan kita untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari (tiga kali sehari adalah batas ideal). Lebih dari itu bisa membuat akar gigi teriritasi dan menyakiti gusi.

Nah, waktu sikat gigi terbaik yang disarankan para dokter gigi adalah 30 menit setelah sarapan dan sebelum tidur. Jika selama jeda waktu tersebut kamu aktif mengonsumsi makanan, pastikan untuk kumur-kumur agar sisa makanan hilang. Oh ya, jangan menyikat gigi terlalu keras, sikatlah perlahan ke arah atas dan bawah dari gigi.

2. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

darlie
Via: Freshstarter.net

Hal yang harus diperhatikan saat menyikat gigi adalah pemilihan pasta gigi. Pastikan Kawan Muda menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, ya, karena bahan ini bekerja memerangi kuman yang bisa menyebabkan kerusakan gigi serta memberikan perlindungan alami untuk gigi.

Namun kamu enggak perlu khawatir sih karena hampir semua pasta gigi di pasaran mengandung fluoride, misalnya saja Darlie Double Action Formula.  Kandungan fluoride dalam pasta gigi ini bisa memperkuat gigi dan mencegah karang gigi.

Darlie Double Action Formula juga dilengkapi kandungan double mint formula (kombinasi spearmint dan peppermint alami) yang akan memberikan sensasi dingin pada mulut dan membuat nafas dua kali lipat lebih segar sepanjang hari.  Hemm, pas banget ya jadi #FreshStarter buat hari-harimu.

Kandungan superfine cleaning agent-nya juga membantu membersihkan gigi secara menyeluruh. Yuhu, kalau begini enggak perlu khawatir lagi deh sama kebersihan dan kesegaran gigi serta mulut 😉

3. Bersihkan area tersembunyi menggunakan benang gigi (dental floss)

gigi sehat
Foto : Meetdoctor.com

Karena sikat gigi kadang enggak bisa menjangkau sela-sela gigi yang terdalam, penggunaan benang gigi (dental floss) juga banyak disarankan nih oleh dokter gigi. Ya, sisa makanan yang terselip di sela gigi kalau dibiarkan numpuk bisa menimbulkan plak dan memicu gigi berlubang.

Oleh karena itu, untuk ‘menyempurnakan’ aktivitas menyikat gigi yuk mulai sekarang dibiasakan menggunakan benang gigi setelah menggosok gigi.

4. Jangan lupa membersihkan lidah untuk mengusir bakteri penyebab bau mulut

gigi
Foto : carasehat123.blogspot.com

Lidah bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri dan kondisi lidah yang kotor bisa bikin napas kamu bau, wew! Karena itulah, menjaga kebersihan lidah sama pentingnya dengan menjaga kesehatan gigi.

Setelah sikat, jangan lupa untuk membersihkan lidahmu. Eits, tapi jangan membersihkan lidah sikat gigi, ya! Pakai sikat gigi malah bikin bakteri numpuk dan lama-lama bisa menurunkan kemampuan lidah merasakan makanan.

Gunakan alat pembersih lidah atau kamu bisa membeli pasta gigi yang bagian belakangnya ada bagian bergelombang/bergigi dari karet (yang berfungsi sebagai pembersih lidah).

5. Hindari makanan yang mengandung banyak gula

Nah, konsumsi makanan juga harus diperhatikan nih. Misalnya saja konsumsi makanan yang terlalu manis. Yup, makanan dengan kandungan gula berlebih akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulut.

Asam ini bisa menggerogiti enamel gigi dan menyebabkan gigi mudah berlubang. Namun bukan berarti kamu enggak boleh makan manis-manis ya. Boleh-boleh saja, tapi harus dibatasi jumlahnya.

6. Banyak minum air putih

minum air mineral
Foto: aws-dist.brta.in

Kebiasaan sepele tapi manfaatnya besar banget, minum air putih! Selain bisa menjaga tubuh tetap segar dan terhidrasi, konsumsi air putih ternyata ampuh mencegah bau mulut.

Ketika banyak minum air putih, produksi air liur juga meningkat. Nah, air liur akan membersihkan bakteri di mulut secara alami dan menjaga rongga mulut tetap lembap.

7. Konsumsi buah berserat setelah makan untuk menghilangkan kotoran yang ada di gigi

buah
Foto : boredpanda.com

Kawan Muda tahu enggak sih kalau ada makanan yang bisa jadi pembersih alami untuk gigi dan mulut? Lho, bukannya sisa makanan berbahaya bagi gigi dan mulut ya?

Hoho, jangan salah, ternyata ada jenis makanan tertentu yang memiliki fungsi sebagai ‘pembersih gigi’ seperti buah dan sayur berserat. Yup, makanan ini ternyata punya kemampuan self cleansing alami pada plak gigi.


BACA JUGA :


Dengan mengunyah makanan berserat tersebut, plak akan terangkat dan kandungan serat tinggi mampu menstimulasi aliran air ludah. Gigi pun tetap bersih dan sehat deh meski mengunyah sesuatu 😉

Ternyata enggak susah ya menjaga gigi dan mulut agar tetap sehat, cuma butuh niat yang tinggi dan disiplin saja sih untuk menerapkan 7 prinsip di atas. Mungkin awalnya susah, tapi jangan disepelekan deh daripada kena penyakit yang seram! Semoga tips di atas bermanfaat ya, Kawan Muda 😉