Mulai Dari Kompor Hingga Cat, Ternyata Polusi Udara Dapat Diakibatkan oleh Benda Rumah Tangga. Waspadalah!

Di jaman millenial seperti sekarang, polusi udara sepertinya menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari asap kendaraan, asap pabrik, hingga asap lain seperti rokok dan tembakau. Akibatnya adalah udara yang kita hirup terkontaminasi oleh zat-zat berbahaya bagi paru-paru, seperti carbon dioxide dan carbon monoxide. Serem banget, kan?

Kebanyakan dari kita pun sering berpikir kalau polusi udara diakibatkan oleh hal eksternal seperti yang dijelaskan diatas. Padahal nih, polusi udara itu bisa datang dari hal internal lho, misalnya rumah kita. Nggak kebayang, kan? Ada beberapa benda yang kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari, ternyata bisa memicu polusi udara dan merusak kesehatan paru-paru. Apa saja sih, benda-benda tersebut? Dilansir dari Reader’s Digest, ini dia:

 1. Cat

via: rd.com

Untuk kalian yang suka desain unik aka DIY rumah sendiri, mengecat rumah menjadi hal yang biasa dilakukan. Biasanya nih setelah kita selesai mengecat, kita akan menaruh kaleng kosong itu begitu saja di garasi atau gudang rumah. Padahal, gas yang keluar dari sisa cat tersebut dapat mencemari udara dan masuk ke paru-paru, lho! Gas yang keluar dari cat mengandung VOCs (Volatile Organic Compounds), dan bisa menyebabkan kanker. Jadi mulai sekarang, cari cat yang memiliki kandungan VOC rendah, ya!

2. Aerosol Sprays

via: rd.com

Aerosol Sprays biasanya kita temukan dalam bentuk kalengan, dan digunakan sebagai obat nyamuk, pengharum ruangan, hingga hairspray. Padahal penggunaan aerosol sprays ini bisa merusak udara dalam rumah, dan sekaligus salah satu penyebab pencemaran udara eksternal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sebuah aerosol sprays, memiliki tingkat VOC yang setara dengan kandungan VOC dalam satu kota! Widih, banyak juga ya? Yuk, kurangi penggunaan VOCs demi udara yang sehat dan tidak tercemar!

3. Produk pembersih

via: rd.com

Siapa sih yang nggak suka dengan produk pembersih? Produk pembersih sangat membantu untuk menghilangkan noda dan memberikan aroma “bersih” bagi rumah. Tetapi sayangnya, produk pembersih memiliki banyak kandungan VOCs, yang bisa meracuni udara dalam rumah. Coba ganti produk pembersihmu dengan bahan alami dan tidak beraroma, seperti baking soda dan cuka. Selain rumah menjadi lebih organik, kamu pun akan menghemat uang karena tidak perlu membeli banyak produk pembersih.

4. Lilin

via: rd.com

Lilin memiliki aroma yang membuat kita menjadi rileks dan tenang. Padahal lilin memiliki banyak partikel berbahaya bagi udara yang dapat menyebabkan pembengkakan di paru-paru jika terhirup. Terlebih lilin yang memiliki aroma ternyata terdapat kandungan formaldehyde, yang sangat berbahaya bagi paru-paru. Coba ganti lilin aromaterapi kamu dengan kandungan alami seperti beeswax atau kedelai, demi paru-paru yang sehat dan udara segar di rumah.

5. Penyegar udara

via: rd.com

Kalian pasti punya penyegar udara di rumah dong? Yupsie, penyegar udara ini digunakan untuk memberikan aroma segar di rumah. Tetapi lagi-lagi, penyegar udara ternyata memiliki 100 lebih kandungan kimia yang dapat merusak kesehatanmu. Beberapa bahkan dapat menyebabkan penyakit seperti migrain, asma, dan pernapasan. Trus gimana dong biar udara tetap segar? Gampang, buka saja jendela dan nyalakan kipas angin. Segar alami, kan?

6. Kompor

via: rd.com

Yes, you read it right. Kompor menjadi salah satu alat rumah tangga yang bisa membuat berbagai resep keren sesuka kamu. Tapi api yang dihasilkan itu memiliki kandungan nitrogen oxide, dan memproduksi partikel berbahaya untuk udara. Trus, masa nggak masak karena kompor berbahaya? Bukan begitu, kamu bisa kok untuk tetap memasak, tapi coba untuk memasak dekat ventilasi udara. Coba sekarang biasakan masak dengan membuka jendela atau pintu dapur, agar gas berbahaya yang keluar tidak meracuni udara rumah. Nggak sulit, kan?

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau benda-benda rumah juga ternyata berbahaya pemicu polusi udara? Makannya biar nggak terkena polusi udara di rumah, yuk mulai dari sekarang memilih produk organik yang baik untuk kesehatan keluarga di rumah. Oke, Kawan Muda?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *