Jangan buru-buru menikah, nanti kuliahnya terganggu atau enggak bisa lanjut S2/S3 karena terlalu sibuk mengurus rumah tangga. Siapa bilang?

Memang, menjalani peran sebagai ibu itu enggak mudah, tapi bukan berarti enggak ada waktu luang sama sekali buatmu untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi atau mengejar karir. Kalau kamu pengin bukti nyata, kita bisa intip kisah beberapa selebriti tanah air berikut ini.

Sebenarnya, di luar sana banyak banget sih perempuan inspiratif yang bisa menyeimbangkan antara urusan rumah tangga, pendidikan, dan karirnya. Namun, kali ini Kita Muda pengin membahas selebriti Indonesia yang berhasil menjalani perannya sebagi ibu rumah tangga, mempertahankan karirnya di dunia hiburan, sekaligus melanjutkan atau menyelesaikan pendidikan mereka (di tengah ke-hectic-an mengurus anak).

Beuh, super mom banget enggak sih mereka? Nah, kisah mereka bisa dijadikan inspirasi buat kamu para mama muda yang galau pengin lanjut kuliah lagi atau enggak. Daripada makin penasaran, yuk lah kita lihat siapa saja mereka.

1. Di tengah kesibukannya mengasuh putrinya Aira dan mengurus  Tunggadewi Foundation, Annisa Pohan berhasil menyelesaikan dan meraih gelar masternya pada 2013 silam. Tak hanya sekedar lulus, Annisa juga berhasil meraih predikat cumlaude, lho!

via: liputan6.com

2. Donita menjadi salah satu selebriti muda yang membuktikan bahwa berumah tangga dan sedang mengandung bukanlah penghalang untuk menyelesaikan skripsi! Yup, tahun 2015 lalu Donita akhirnya bisa menyandang gelar sarjana. Sama seperti Annisa Pohan, Donita dinyatakan sebagai salah satu lulusan terbaik. Wuidih, hebat banget padahal lagi hamil, lho! Pasti banyak banget godaannya :”)

via: kapanlagi.com

BACA JUGA:


3. Selanjutnya adalah Oki Setiana Dewi. Ibu dua anak ini juga menepis anggapan masyarakat bahwa ibu muda dengan anak yang masih kecil akan sulit melanjutkan pendidikan atau karir. Oki membuktikan dirinya bisa menyelesaikan studi S2-nya dan pada 2016 lalu berhasil meraih gelar masternya di bidang Pendidikan Anak Usia Dini.

via: liputan6.com

4. Setelah kuliah sempat tertunda karena dua kali masa kehamilannya, Herfiza Novianti, aktris sekaligus istri dari aktor Ricky Harun, akhirnya bisa lulus juga. Meski harus bolak-balik Jakarta—Bogor buat kuliah S2, Herfiza Novianti, dia tetap semangat menyelesaikan studi S2-nya di IPB. Hasil tak pernah mengkhianati usaha, ibu dua anak ini berhasil meraih gelar masternya dengan nilai yang sangat memuaskan.

via: tribunnews.com

5. Wah, kalau yang satu ini pasti tahu lah karena prestasi akademiknya benar-benar jempolan deh! Yup, tahun 2014 lalu Dian Sastro berhasil menyelesaikan studi masternya dengan predikat cumlaude. Padahal, dia lagi sibuk-sibuknya ngurus dua anak yang masih balita. Menurut Dian nih, entah akan berkarir atau berumah tangga, perempuan wajib berpendidikan tinggi karena ibu cerdas akan menghasilkan anak-anak cerdas. Saluuut!

via: anakui.com

6. Kuliah Shireen Sungkar memang sempat tertunda lama, karena cuti dua kali saat melahirkan kedua buah hatinya. Namun perjuangan panjang Shireen akhirnya terbayar juga. Dia berhasil menyelesaikan pendidikan S1-nya dan diwisuda pada 2017 silam.

via: tribunnews.com

7. Sama seperti Shireen, Zee Zee Shahab juga berhasil menyelesaikan studi S2-nya di Institut Kesenian Jakarta pada 2017 silam dan mendapat gelar magister seni. Istri dari Prabu Revolusi ini juga lulus dengan predikat cumlaude. Aw, inspiring banget!

via: idntimes.com

8. Nah, kalau ibu cantik yang satu ini baru banget lulus tanggal 21 Februari kemarin. Setelah lebih kurang 1,5 tahun Ashanty menempuh studi S2 di bidang Manajemen Bisnis, ibu empat anak ini akhrinya lulus dengan nilai A. Yang bikin terharu dan salut adalah dia masih semangat kuliah meski tengah mengandung  9 bulan. Super mom banget yha…

via: Instagram @ashanty_ash

Tuh, bukan hal yang mustahil kan menyelesaikan pendidikan tinggi meskipun sudah menikah dan punya anak? Kalau melihat pengalaman selebriti di atas sih kuncinya hanya satu, Kawan muda harus pintar-pintar mengatur waktu biar semuanya seimbang.

So, jangan menyerah dengan studi-mu. Ingat kata-kata Dian Sastro, ibu yang cerdas akan melahirkan anak-anak yang cerdas pula 😉

Sumber: Hipwee