Siapa sih yang enggak bercita-cita punya kekayaan tujuh turunan? Namun, susah ya sepertinya kalau kita enggak terlahir kaya atau dapat warisan bisnis gitu dari orangtua. Eiiitss…siapa bilang! Kamu enggak harus terlahir kaya untuk bisa jadi orang kaya di masa depan atau masa tua nanti.

Dengan membiasakan diri menerapkan gaya hidup yang benar sejak muda, memiliki pundi-pundi uang berlimpah di masa tua bukan sekedar impian! Selain berusaha keras dengan pekerjaan yang tengah kamu geluti sekarang, kamu juga harus membiasakan diri dengan gaya hidup hemat.

Enggak peduli gajimu wow banget, hidup hemat harus tetap dilakukan. Ini adalah cara efektif agar kamu bisa #MerdekaDari hidup misquen. Buat yang gajinya enggak seberapa, kamu enggak boleh banyak mengeluh. Memperbaiki gaya hidup bisa membuatmu #MerdekaDari hidup misquen kok meski pendapatan pas-pasan.

Nah, mungkin sebagian besar dari kamu masih banyak yang belum menyadari hal-hal sepele yang bisa bikin uang cepat ludes. Yup, inilah yang menghalangi segala rencanamu untuk bisa #MerdekaDari hidup misquen. Hemm, kira-kira hal-hal apa sajakah itu? Yuk, simak ulasan Kita Muda di bawah ini biar kamu bisa segera #MerdekaDari hidup misquen.

1. Menjaga kebersihan rumah bisa menjauhkanmu dari penyakit. Biaya berobat pun bisa dipangkas 😉

Menjaga kebersihan agar tidak mudah terserang kuman penyakit | via: care.com

Sehat itu mahal harganya, kita tentu sering mendengar ungkapan tersebut. Sepertinya, kita enggak boleh nih mengabaikan hal ini. Apalagi biaya pengobatan juga enggak murah. Nah, salah satu untuk melindungi diri dari serangan penyakit adalah menjaga kebersihan rumah.

Apa hubungannya memang? Jangan salah! Rumah yang terjaga kebersihannya adalah modal awal untuk hidup hemat. Selain menjauhkan pikiran dari stres, kita juga terhindar dari hal-hal yang bisa membuat kita sakit (nyamuk, bakteri, dan lain sebagainya).

2. Selain lingkungan yang sehat, fisik kita juga harus tetap dijaga dengan rajin berolahraga.

Jaga kesehatan tubuh dengan olahraga secara rutin | via: runtastic.com

Kalau lingkungan sudah sehat, kita juga enggak boleh ketinggalan dong untuk menjaga fisik agar tetap sehat. Apalagi kalau Kawan Muda sudah menginjak usia 20-an nih, harus tetap aktif biar kesehatan fisik terjaga.

Kamu bisa nih melakukan olahraga favorit minimal tiga kali lah seminggu atau lakukan kegiatan olahraga sederhana seperti lari pagi, jalan cepat di sekitar kompleks, mengurangi kebiasaan naik lift dan menggunakan tangga sekalian olahraga, atau bersih-bersih rumah!

3. Jangan terbuai promo, hindari promosi-promosi yang sebetulnya menjebak!

Hati-hati dengan promosi yang menjebak | via: engineering4technisian.com

Jika kamu ingin segera #MerdekaDari hidup misquen, mulai sekarang cobalah untuk menutup mata dari godaan promo yang tampaknya menggiurkan, padahal merugikan. Misalnya, ‘beli 2 gratis 1’ atau potongan harga ‘up to sekian persen’.


BACA JUGA:


Memang sih kalau lagi promo harganya pasti murah banget. Namun pertanyaannya adalah apakah kamu membutuhkan hal tersebut? Jika enggak, lebih baik uangnya disimpan untuk keperluan lain yang memang benar-benar kamu butuhkan. Sepakat?

4. Belanja cerdas, cermat, dan belanja hemat.

Lebih bijak dan selektif saat berbelanja | via: theodysseyonline.com

Kamu harus pandai-pandai memilah dan memilih barang yang kamu butuhkan, usahakan membeli barang yang lebih murah tetapi memiliki fungsi yang sama. Yup, jangan ragu lho untuk menimbang satu merk dengan merk yang lain demi mendapatkan harga termurah dengan kualitas yang sama.

Pastikan juga kamu berbelanja dalam keadaan 100% sadar dan tidak dalam keadaan lapar. Karena ini membuatmu tidak sabaran saat belanja dan dikhawatirkan kamu akan salah melihat harga. Jika belanja bulanan terus-terusan begini, bagaimana bisa kamu hidup hemat? Rencana #MerdekaDari hidup gagal enggak bakal terealisasikan, deh!

5. Sisihkan pendapatan untuk pos tabungan dulu, baru deh sisanya dialokasikan untuk kebutuhan lain.

Sisihkan 20% dari pendapatan untuk tabungan masa depan | via: mashable.com

Segera setelah mendapatkan gaji, langsung alokasikan 20% gajimu untuk tabungan dan dana berjaga-jaga. Pokoknya sifat tabungan ini enggak boleh disentuh-sentuh, deh, kecuali kamu memang butuh banget (sebaiknya sih ini tabungan yang bersifat abadi, jadi jangan sampai diambil  karena nafsu semata, hehe).

Bayangin deh, kalau dana 20% ini terkumpul setahun saja, coba hitung dari gajimu, berapa tabungan yang kamu miliki selama setahun? Dan coba hitung berapa yang akan kamu miliki jika kebiasaan ini diterapkan dengan disiplin selama berpuluh-puluh tahun ke depan? #MerdekaDari hidup misquen bukan sekedar angan, lho!

6. Memasak dan mencuci sendiri bisa membuat hidupmu jauh lebih hemat.

Lebih baik memasak dan mencuci sendiri agar lebih hemat | via: time.com

Kalau kamu masih berpikir bahwa memasak dan mencuci sendiri itu ribet, yuk, mulai sekarang buang jauh-jauh pikiran malas itu! Kalau kamu sekali makan misal habis Rp 15 ribu, masak sendiri bisa jadi dua kali atau bahkan tiga kali makan, lho!

Begitu juga dengan mencuci baju sendiri. Selain lebih bersih, kamu juga lebih hemat karena enggak perlu mengeluarkan ongkos lumayan untuk laundry dan biasanya ada jenis pakaian tertentu yang mudah rusak kalau dicuci dengan mesin cuci.

7. Berlangganan paket internet hingga aplikasi hiburan dengan bijak.

Bijak berlangganan layanan internet atau layanan musik/film | via: decadirect.org

Di zaman yang serba canggih begini, kebutuhan pulsa untuk internet atau anggaran langganan internet semakin meningkat, ya. Belum lagi berlangganan televisi kabel,  layanan streaming lagu hingga film. Biar bisa cepat #MerdekaDari hidup misquen, yuk diseleksi mana saja langganan yang harus dihentikan biar pengeluaranmu lebih hemat.

Bagaimana Kawan Muda, apakah kamu masih sering kecolongan melakukan hal-hal sepele yang membuatmu sulit #MerdekaDari hidup misquen? Tenang, belum terlambat kok untuk berubah. Yuk, mulai besok terapkan gaya hidup yang benar biar bisa hidup nyaman di masa tua nanti.