Merasa Mengalami 7 Gejala Ini? Hati-Hati, Itu Tandanya Tubuhmu Kekurangan Protein!

1.422 views
tubuh kekurangan protein
via: danceinforma.com

Kawan Muda mungkin enggak pernah melewatkan jam makan dan merasa telah mengonsumsi makanan sesuai dengan yang diperlukan tubuh. Namun, apakah makanan yang kamu konsumsi sehari-hari sudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian?

Kadang nih, kita mengonsumsi apa saja yang membuat kita kenyang tanpa memikirkan kandungan nutrisi di dalamnya. Tanpa disadari, tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Nah, salah satu sumber nutrisi yang penting bagi tubuh adalah protein. Yup, tubuh memerlukan banyak protein untuk membentuk sel pada kulit, otot, tulang, tulang rawan, hingga rambut. Sayang, kita sering enggak sadar nih kalau tubuh kekurangan protein.

Biar Kawan Muda bisa ambil ancang-ancang nih, berikut adalah gejala-gejala yang akan kamu alami saat tubuh kekurangan asupan protein.

1. Badan jadi gampang lelah

tubuh kekurangan protein
via: womenworking.com

Ketika enggak mendapat cukup protein, tubuh menjadi enggak berenergi.  Yup, meskipun aktivitas yang dilakukan enggak terlalu berat, kamu gampang banget lelah, napas jadi pendek-pendek, dan bahkan sering pusing.

2. Selalu merasa lapar

tubuh kekurangan protein
via: dailymail.co.uk

Padahal baru satu atau dua jam yang lalu makan, kok lapar lagi ya? Nah lho, mungkin kamu kekurangan protein nih. Makanan berprotein itu bisa membuatmu kenyang lebih lama. Jika kekurangan protein, apalagi kamu mengonsumsi makanan yang kandungan gulanya tinggi, jangan heran deh kalau rasanya tuh pengin ngemil terus!


BACA JUGA:


3. Ngidam makanan manis

tubuh kekurangan protein
via: thelist.com

Selain merasa sering lapar, kamu juga pengin makan yang manis-manis. Yup, saat merasa lapar, kamu pengin “memuaskannya” dengan makan yang manis-manis. Wadaw, ini nih yang bikin angka timbangan terus naik!

4. Merasa lesu setelah makan

tubuh kekurangan protein
via: blog.verlo.com

Baru makan banyak, kok enggak bertenaga dan malah ngantuk ya? Hemm, coba ingat-ingat kamu tadi makan apa? Kayaknya kamu kebanyakan makan karbo dan kurang protein serta serat deh. Biar enggak berujung ngantuk setelah makan, konsumsi karbonya dikontrol ya 😉

5. Sering mengalami nyeri sendi

tubuh kekurangan protein
via: runningmagazine.ca

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, protein itu penting untuk menjaga otot-otot kita agar tetap kuat. Kalau sering mengalami nyeri sendi atau pegal-pegal, itu adalah sinyal kalau tubuhmu sedang kekurangan protein.

6. Rambut rontok

tubuh kekurangan protein
via: thinedges.com

Jangan buru-buru mencurigai sampo atau produk perawatan rambut jika rambutmu mengalami kerotokan. Karena rambut rontok itu menjadi tanda kalau kamu kekurangan protein. Yup, rambut membutuhkan protein (keratin)  agar tumbuh lebat dan sehat. Kalau tubuh kurang asupan protein, rambut jadi gampang rontok dan tipis.

7 Kulit mengelupas dan kuku mudah patah

tubuh kekurangan protein
via: healthline.com

Tak hanya rambut yang rapuh, kesehatan kulit dan kuku juga terganggu. Yuhu, kekurangan protein bisa membuat kuku lemah sehingga membuatnya mudah patah. Saat kurang asupan protein, kulitmu jadi kering, bersisik, dan mengelupas.

Apakah Kawan Muda mengalami gejala-gejala di atas? Kalau iya, coba deh cek makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Terutama buat kamu yang sedang menjalani diet nih, pastikan asupan protein-mu tercukupi ya.

Konsumsi protein bisa kamu dapatkan dari telur, seafood, daging sapi atau ayam tanpa lemak, kacang-kacangan, dan susu (serta produk turunan susu seperti keju, yogurt, dsb.). Semoga tips di atas bermanfaat ya 😉

Sumber: Bustle