Menulis online itu asyik! Tak hanya salurkan hobi, kamu bisa lho mendapatkan bonus menarik ini. Yuk, menulis online!

1.579 views
via: bforblogging.com

Salah satu dilema yang dihadapi oleh mereka yang punya hobi menulis adalah enggak punya wadah untuk menuangkan dan “memamerkan” hasil karyanya. Padahal, di era yang serba canggih ini tulisan enggak hanya dibaca di atas kertas, tapi juga bisa diterbitkan dan disebarkan secara luas di dunia maya.

Buat yang hobi nulis dan ingin ide atau tulisan kamu dibaca banyak orang, kamu bisa lho menulis secara online. Ya, sekarang sudah banyak website yang hampir tiap hari mempublikasikan berbagai tulisan dengan spesialisasi di bidang tertentu, seperti bidang ekonomi, teknologi, olahraga, atau yang lainnya.


BACA JUGA :


Dan Kawan Muda bisa mengirimkan karya tulisan ke mereka. Kawan Muda juga bisa nih bikin blog pribadi dan menyalurkan hobi menulismu di blog. Kalau Kawan Muda masih ragu atau malu-malu pamer karya secara online, yuk baca dulu 7 keuntungan menulis online berikut ini. Ya, kali saja kamu langsung semangat buat nulis 🙂

1. Menulis online bisa bikin kamu tambah pintar karena harus menghasilkan artikel yang “berbobot”.

via: mediabistro.com

Karena tulisan online bakal dibaca orang lain, Kawan Muda pasti enggak mau dong kalau tulisannya enggak berbobot. Ya, kalau enggak berbobot minimal informatif atau menghibur lah. Nah, untuk menghasilkan karya yang enggak ngarang tersebut, Kawan Muda pasti riset dong dengan baca-baca. Dengan begini, wawasan kamu akan bertambah. Kamu jadi banyak tahu nih fakta-fakta dan hal-hal menarik di dunia. Seru kan?

2. Rutin dan konsisten menulis online akan membuatmu mahir dan semakin terbiasa menulis.

via: albertandme.co.uk

Semua orang memang bisa nulis, tapi menjadi penulis yang baik dan profesional memang butuh latihan. Profesi penulis memang enggak sulit, tapi juga enggak bisa dipelajari semalaman suntuk. Dengan rutin dan konsisten menulis online, entah itu di blog pribadi, forum, atau mengirimnya ke situs berita online, kamu bakal makin mahir deh memilih kata dan mengkomunikasikan ide. Kosa katamu juga bakal bertambah dan kerennya, inspirasi bakal mengalir kayak air dan enggak ada lagi deh yang namanya writer’s block!

3. Berani menyuarakan karya tulisan secara online bikin kamu makin percaya diri lho!

via: blogzest.com

Menulis online akan membuatmu berani untuk mengungkapkan pendapat dan pikiran. Kalau sebelumnya tulisanmu hanya mengendap di folder komputer, sekarang semua orang bisa membacanya—yah minimal teman-teman terdekat lah kalau blog pribadi. Dengan begini kamu akan mendapat kritik dan saran yang tentunya penting untuk perkembangan tulisanmu.

4. Kamu bisa bermanfaat dan menginspirasi orang lain.

via: blogzest.com

Yep, kamu bisa bermanfaat untuk orang lain melalui tulisan. Misal nih, kamu menjalani hidup sehat dan membuat artikel tentang pola hidup sehat, orang-orang yang butuh banget informasi tersebut kan sangat terbantu kan? Saat mereka berhasil menerapkan dan memberi komentar, kamu bakal senang dan lebih termotivasi untuk menulis. So, kalau kamu punya ide dan pengalaman menarik, bagikan di blog biar bisa jadi manfaat buat orang lain.

5. Menulis online bikin kamu makin kreatif setiap harinya.

via: blogzest.com

Menulis merupakan kegiatan yang membutuhkan kreativitas tinggi. Menulis memaksa Kawan Muda untuk membayangkan hal-hal indah dan enggak biasa yang ingin kamu tulis. Nah, dengan rajin menulis online, kreativitas akan terus terasah karena kamu harus menghasilkan konten menarik setiap harinya.

6. Psst…tanpa menerbitkan sebuah buku, kamu juga bisa jadi populer lho dengan menulis online!

via: blogzest.com

Jadi penulis terkenal di zaman serba online ini enggak harus menerbitkan buku dulu kok. Kamu bisa lho iseng-iseng menjadi blogger.  Eits…tapi tema dan niche blog kamu harus jelas ya. Seperti yang dilakukan Raditya Dika dan Diana Rikasari. Kalau kamu ingin dikenal banyak orang seperti mereka, jangan ragu untuk menulis online mulai dari sekarang.

7. Bonus menarik lainnya nih, kamu bisa mendapatkan uang dari menulis online!

via: blogzest.com

Jika blog sudah populer dan memiliki arus pengunjung yang bagus, kamu bisa menghasilkan uang dari blog kamu. Caranya bisa dengan memasang google adsense atau banner iklan. Kamu juga bisa melebarkan sayap menulis artikel di media online, menjadi ghost writer, melakukan proofreading atau translate, dan sebagainya. Lumayan kan?

Nah, itulah 7 keuntungan yang bakal Kawan Muda dapatkan dari menulis online. Hemm….benar-benar asyik kan? Yuk, menulis online dan biarkan dunia membaca karyamu 🙂