Dari kemarin resolusinya pengin angka di timbangan turun, sudah berhasil belum?

Ehm, syukur-syukur kalau timbangan berada di angka yang sama. Kalau malah naik? Mayday! Harus putar otak, nih, buat menurunkan berat badan. Kamu mungkin langsung mencoba menu diet sehat yang bisa ditemukan di internet.

Namun, terkadang susah banget kan menerapkan menu diet sehat tersebut dengan disiplin dan konsisten buat kamu yang baru memulai diet? Bukannya sukses menahan lapar, kamu malah makin kelaparan dan menderita gara-gara ikutan menu diet sehat yang ada di internet.

Padahal, menu diet tuh seharusnya enggak bikin kita lapar. Kalau kamu makin kelaparan, berarti ada yang salah dengan menu dietmu. Buat pemula, baiknya kamu tetap menjaga asupa karbohidrat, protein, dan nutrisi lain. Jangan langsung mengurangi jumlah makananmu dengan drastis atau parahnya ikutan diet-diet berbahaya.

Biar niatan menurunkan berat badan berhasil, berikut adalah daftar menu diet sehat sehari-hari yang bisa kamu coba:

Menu makan pagi

Menu diet sehat saat sarapan | via: taste.com.au

Untuk menu diet sehat di pagi hari, Kawan Muda bisa mengonsumsi semangkuk sereal dengan taburan kismis atau susu low fat.

Biar menu diet sehat saat makan pagi lebih bervariasi dan enggak bikin bosen, kamu juga bisa mengganti sereal dengan satu buah pisang berukuran kecil dan satu lembar roti gandung (boleh diberi olesan margarin atau selai buah/selai kacang).

Menu diet sehat lain yang bisa Kawan Muda coba untuk variasi adalah oatmeal yang diberi taburan kismis dan diberi madu untuk memberikan rasa. Untuk minumnya, kamu bisa mengonsumsi jus jeruk segar sekitar 250 ml atau susu low fat sekitar 120 ml.

Menu makan siang

Menu diet sehat saat makan siang | via: ru-se.blogspot.com

Saat makan siang, kamu mungkin mencoba menerapkan menu diet tanpa nasi. Namun, kalau enggak terbiasa, kamu boleh kok mengonsumsi nasi, tapi porsinya dikurangin (menjadi setengah atau seperempat porsi biasanya).

Lebih baik lagi kalau mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah karena nasi merah ini memberikan rasa kenyang lebih lama. Atau kamu bisa mengganti nasi dengan 200 gram kentang.

Untuk lauknya, Kawan Muda bisa mengonsumsi telur, dada ayam (tanpa lengkap), tempe, dan tahu. Jangan lupa sempurnakan dengan sayuran sehat seperti kangkung, bayam, sawi, atau sayuran lainnya.

Kalau menerapkan menu diet tanpa nasi, Kawan Muda bisa membuat roti isi yang terbuat dari roti gandum, dada ayam/ikan tuna, selada, dan saus mustard.

Menu makan malam

Menu diet sehat saat makan malam | via: health.harvard.edu

Menu diet sehat di malam harinya, kamu bisa mengonsumsi sayuran (misalnya sayur sup, capcay, atau semacamnya) dan semangkuk kecil nasi, dirambah dengan secangkir teh lemon tanpa gula.

Kalau enggak pengin makan nasi lagi, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang tinggi lemak seperti pisang, papaya, semangka, melon, atau apel, dan tambahkan yogurt atau susu agar lebih kenyang dan bisa tidur dengan nyenyak.

Sebenarnya menurunkan berat badan itu mudah kalau Kawan Muda menerapkan menu diet sehat yang benar. Daftar menu diet sehat dan murah di atas bisa dijadikan acuan untuk menu diet sehat dalam seminggu.

Kamu bisa memvariasikan pemilihan sayur, lauk, atau jenis karbohidrat untuk menghindari bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Kalau masih merasa lapar setelah makan, perbanyak konsumsi air putih dan nyemil buah biar lebih sehat. Selamat mencoba, Kawan Muda!