Krenyes-krenyes dingin gimana gitu, itulah sensasi yang akan kamu dapatkan saat mengunyah es batu. Aneh memang, tapi banyak lho orang yang begitu menikmati ritual ini. Yup, setelah meneguk habis minuman di gelas mereka, es batu menjadi santapan selanjutnya.

Meski bagi sebagian orang mengunyah es batu adalah hal yang mengasyikkan, kebiasaan ini ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan, lho! Dilansir dari Reader’s Digest , berikut adalah 8 masalah kesehatan yang akan timbul jika kamu terus-terusan mempertahankan kebiasaan mengunyah es batu.

1. Menurut ahli kosmetika gigi, Gregg Lituchy, mengunyah es batu bisa bikin gigi rusak karena es batu akan mengikis enamel atau lapisan terluar gigi.

bahaya mengunyah es batu
via: ftbenddental.com

2. Lituchy menambahkan, kebiasaan mengunyah es batu juga meningkatkan risiko gigi berlubang dan gigi sensitif. Yup, terlalu sering mengunyah es dalam jumlah banyak bisa membuat gigi retak dan mengelupas. Gigi pun jadi lebih sensitif pada makanan dan minuman dingin.

bahaya mengunyah es batu
via: larawayfamilydentistry.com

BACA JUGA:


3. Pinggiran es batu yang tajam setelah dikunyah juga berpotensi melukai gusi dan bisa menyebabkan masalah serius pada gusi.

bahaya mengunyah es batu
via: drstevenlin.com

4. Jika kamu punya kebiasaan mengunyah es batu yang akut, ini bisa jadi tanda kalau tubuhmu kekurangan mineral atau zat besi. Kebiasaan mengunyah es batu akut juga umum ditemukan pada orang-orang yang mengidap obsessive-compulsive disorder (OCD) dan autisme.

bahaya mengunyah es batu
via: Healthline.com

5. Kebiasaan mengunyah es batu juga bisa menurunkan nafsu makan. Kalau kebiasaan ini terus dipelihara, tubuh bisa kekurangan gizi dan nutrisi. Ngeri juga, ya…

bahaya mengunyah es batu
via: shutterstock.com

6. Nah, kekurangan nutrisi gara-gara keseringan mengunyah es batu nantinya akan memicu radang gusi dan lidah. Radang pada gusi dan lidah jangan disepelekan, apalagi kalau sudah bengkak karena bisa mengancam nyawamu!

bahaya mengunyah es batu
via: pinterest.co.uk

7. Orang yang suka mengunyah es batu biasanya memendam stres yang berlebihan. Yup, es batu yang dikunyah adalah pengalihan emosi mereka. Nah, ini bahaya banget karena memendam emosi bisa memicu penyakit dalam. Wadaw!

bahaya mengunyah es batu
via: pageuppeople.com

8. Kebanyakan mengunyah es batu juga bisa bikin dehidrasi dan mual. Yup, karena seru, kamu merasa ingin mengunyah es setiap waktu dan ini membuatmu enggan mengonsumsi hal lain selain es batu.

bahaya mengunyah es batu
via: livestrong.com

Segala sesuatu kalau dilakukan secara berlebihan memang enggak baik, termasuk kebiasaan mengunyah es batu ini. Yuklah mulai sekarang dikurang-kurangin hobi mengunyah es batu. Asyik memang, tapi mau mengalami masalah kesehatan seperti di atas?

Semoga tips di atas bermanfaat ya, Kawan Muda 😉