Mengorek Kuping dengan Cotton Bud Ternyata Berbahaya dan Tidak Dianjurkan, Kenapa?

2.938 views
bahaya korek kuping
via: huffingtonpost.com

Mungkin awalnya sulit untuk dipercaya, tapi pada kenyataannya fakta ini memang benar adanya. Para ahli pun telah mengimbau kita semua untuk berhati-hati saat membersihkan telinga dengan korek kuping alias cotton bud. Alat pembersih telinga sejuta umat itu ternyata kurang efektif untuk membersihkan telinga dan bahkan dianggap membahayakan, lho, Kawan Muda!

Penggunaan cotton bud bisa menimbulkan efek negatif pada telinga, mulai dari merobek kulit di lubang telinga, menyebabkan infeksi, hingga yang terburuk adalah kerusakan gendang telinga. Lantas, jika bukan dengan cotton bud, bagaimana cara membersihkan telinga dengan benar? Simak yuk ulasannya berikut ini.

Sebenarnya, kita tidak perlu membersihkan lubang telinga dengan alat tertentu karena tubuh memiliki mekanisme membersihkannya sendiri.

bahaya korek kuping
via: brightside.me

Kamu pasti tahu dong kotoran telinga yang biasanya berwarna kuning kecokelatan? Ternyata, ini adalah serumen alias zat lilin yang berfungsi melindungi lubang telinga dan menjadi antibakteri dalam telinga.

bahaya korek kuping
via: brightside.me

Serumen yang kita anggap sebagai kotoran telinga ini sebenarnya melindungi lubang telinga dari benda-benda asing, serangga, dan bisa mencegah tumbuhnya jamur, lho!

bahaya korek kuping
brightside.me

Selain itu, ‘kotoran telinga” ini juga berfungsi melembabkan lubang telinga.

bahaya korek kuping
via: brightside.me

Nah, penggunaan cotton bud malah bisa menyebabkan masalah pendengaran, kenapa? Karena ujung cotton bud mendorong serumen semakin dalam menuju gendang telinga.

bahaya korek kuping
via: brightside.me

Ketika  serumen menekan kulit gendang telinga, kamu akan mengalami masalah pendengaran karena gendang telinga yang tidak bisa bergetar dengan baik. Jika ini terus-terusan terjadi, saluran dan gendang telingamu bisa rusak.

bahaya korek kuping
via: brightside.me
bahaya korek kuping
via: brightside.me

Intinya, kamu tidak perlu membersihkan lubang telinga dengan cotton bud atau benda-benda apa pun, seperti memasukkan jari, bulu ayam, dan lain sebagainya.

bahaya korek kuping
via: health.com

Cukup  bersihkan telinga bagian luar saja dengan handuk atau lap basah yang telah diberi sedikit sabun. Untuk bagian dalam telinga, mereka akan membersihkan dirinya sendiri.

Bagaimana jika telinga terasa gatal dan pendengaran terganggu karena tidak membersihkan telinga?

bahaya korek kuping
via: healthline.com

Segera kunjungi dokter spesialis THT jika ada masalah dengan telinga atau ingin konsultasi terkait kebersihan telinga.

bahaya korek kuping
via: everydayhealth.com

Waduh, ngeri juga ya ternyata efek penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga. Semoga setelah mengetahui fakta di atas Kawan Muda bisa terhindar dari risiko buruk yang mengancam.

Yuk, sebarkan informasi ini ke orang-orang terdekatmu biar mereka  kedepannya bisa lebih berhati-hati lagi saat membersihkan telinga 🙂

Sumber: Brightside