Jangan Keki Dulu, Ini Lho 3 Cara Mudah Mengatasi Memory Card Rusak Atau Enggak Terbaca. Yuk, Dicoba!

Memory card atau MicroSD merupakan salah satu media penyimpanan yang banyak disukai. Ya, ukurannya kecil ringkas dan bisa dipindahkan dari satu gadget ke gagdet lainnya. Untuk itulah, jenis perangkat ini masih sangat dibutuhkan meskipun sudah banyak gadget yang punya memori internal besar.

Sayang, MicroSD sangat sensitif sehingga tak jarang memorinya tidak terbaca atau harus diformat ulang. Beuh, kalau sudah begini bisa bikin frustasi dan keki, kan. Kartu memori yang tidak terbaca bagi sebagian orang itu bagai akhir dunia. Bagaimana tidak, semua dokumen penting mungkin tersimpan di dalamnya.


Baca Juga : 7 Kebiasaan yang pasti kamu lakukan ketika punya gadget baru


Nah, ketika Kawan Muda berada dalam situasi ini, sebaiknya kamu sabar dan jangan keburu frustrasi duluan. Karena ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu terapkan agar memorimu bisa digunakan kembali. Penasaran bagaimana caranya? Mari disimak langkahnya berikut ini sebagaimana dikutip dari JalanTikus.com .

1. Bersihkan kartu memori-mu terlebih dahulu.

 

via: jalantikus.com

Ini adalah pertolongan pertama yang bisa Kawan Muda lakukan setelah tahu bahwa memory card-mu tidak terdeteksi. Pertama-tama, kamu keluarkan kartu memori dari gadget (pastikan gadget dalam keadaan mati). Kemudian bersihkan lempengan tembaga yang ada di kartu memori dengan penghapus pensil berwarna putih.

Gosokkan perlahan hingga bersih. Kalau sudah, masukkan kembali kartu memori ke dalam slot dan periksa apakah sudah terbaca atau belum.

2. Memperbaikinya melalui CMD. 

via: teknozia.com

Salah satu yang menyebabkan memory card tidak terbaca adalah adanya kesalahan sistem sehingga kamu bisa memperbaikinya dengan menyambungkan SD card ke komputer. Periksalah letak memorimu di bagian mana, di H: atau F: misalnya.

Kalau memorimu terlihat tapi enggak bisa dibuka, gunakanlah aplikasi CMD. Masukkan tulisan “chkdsk” yang dibelakangnya diikuti letak dari memorimu dan tambahkan /f_. Misalnya nih, “chkdsk h: /f_”.

3. Kalau CMD terlalu susah dan enggak berhasil, coba lewat properties.

via: jalantikus.com

Yup, cara ini cukup mudah, Kawan Muda. Kamu tinggal menyambungkan memory card ke PC lalu klik kanan pada drive memory card dan pilih “properties“. Kalau sudah, klik “Tools” lalu “Error Checking“.

***

Nah, kalau sudah mencoba ketiga cara di atas tapi masih gagal juga, coba ulangi sekali lagi. Kalau tetap enggak bisa, Kawan Muda mungkin kehilangan data, tapi kartu memori kamu masih bisa diselamatkan, kok. Kamu tinggal melakukan quick format saja pada memori kamu.

Data memang hilang sih, tapi memori yang tidak terbaca atau rusak bisa dipakai kembali dengan cara ini. Selamat mencoba, Kawan Muda 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *