Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati, Ketahui Yuk Tanda-Tanda Ginjalmu Sedang Bermasalah

Tanpa kita sadari, banyak gejala-gejala penyakit kronik yang mirip dengan penyakit lain sehingga tak sedikit orang yang menganggap enteng atau mengabaikannya. Inilah yang memperburuk kondisi kesehatan seseorang karena mereka baru mengetahui penyakitnya saat penyakit tersebut bertambah parah.

Kita ambil saja contohnya rasa nyeri di dada atau keringat dingin. Ini bisa jadi tanda-tanda awal serangan jantung, lho. Itulah sebabnya, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter jika merasa gejala tersebut sering terjadi.

Nah, kali ini Kita Muda bakal mengulas gejala-gejala awal penyakit ginjal kronik. Yup, saat kamu megalami salah satu gejala berikut, jangan pernah mengabaikannya dan segeralah memeriksakan diri jika perlu.

1. Kamu mengalami susah tidur? Hemm, bisa jadi ini bukan karena kamu mengadap insomnia, tapi ada sesuatu yang enggak beres dengan ginjalmu, kok bisa?

via: brightside.me

Ketika ginjal enggak berfungsi dengan baik, racun di tubuh enggak bisa keluar lewat urin dan tetap berada dalam darah. Nah, racun dalam darah yang meningkat membuatmu kesulitan untuk tidur.

2. Jika kamu sering mengalami kelelahan sepanjang hari, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter karena ini bisa jadi tanda ginjalmu kenapa-kenapa.

via: brightside.me

Dalam keadaan normal, ginjal akan mengubah vitamin D sehingga menghasilkan hormon Erythropoietin (EPO) yang berperan penting dalam produksi sel darah merah. Ketika ginjal bermasalah, produksi EPO akan berkurang yang juga berpengaruh pada produksi sel darah merah. Hal ini yang membuat otot dan otak gampang lelah.


BACA JUGA:


3. Apakah kamu mengalami gatal-gatal dan kulit kering yang enggak biasa? Sepertinya kamu harus mulai concern dengan kondisi ginjalmu.

via: brightside.me

Salah satu fungsi ginjal adalah membuang sisa-sisa metabolisme dari aliran darah, membantu menghasilkan sel darah merah, dan menjaga jumlah mineral dalam tubuh. Coba bayangin kalau ginjalmu berfungsi dengan baik? Zat sisa akan menumpuk dalam darah dan tubuh jadi enggak terhidrasi. Itulah kenapa kulitmu jadi kerang dan gatal.

4. Mengalami masalah bau mulut yang tak kunjung sembuh atau saat mencecap makanan terasa seperti logam? Hati-hati, itu adalah tanda ginjalmu sedang bermasalah.

via: brightside.me

Saat ginjal enggak berfungsi dengan baik, racun kan menumpuk di dalam darah, nah racun tersebut akan mengubah rasa makanan dan meninggalkan rasa logam di mulutmu. Selain itu, tanda-tanda lain ginjal sedang bermasalah adalah masalah bau mulut yang tak kunjung hilang. Segera periksa ke dokter jika kamu merasa gejala ini terlalu enggak wajar

5. Jalan sedikit sudah ngos-ngosan atau bahkan sesak napas? Jika gejala semakin memburuk, ada baiknya kamu segera memeriksakan diri karena kemungkinan ginjalmu sedang menderita.

via: brightside.me

Kalau habis olahraga atau jalan jarak jauh, wajar banget ya kalau ngos-ngosan. Namun, kalau kamu beraktivitas sedikita atau jalan sedikit (naik tangga misalnya) sudah ngos-ngosan atau bahkan sesak napas? Bisa jadi itu ada kaitannya dengan kondisi ginjalmu. Yup, ketika ginjal bermasalah, kelebihan cairan akan menumpuk di paru-paru sehingga membuatmu kesulitan bernapas atau mudah ngos-ngosan.

6. Kaki, pergelangan kaki, dan tangan yang bengkak tanpa alasan jangan diabaikan begitu saja. Bisa jadi ginjalmu sedang memberikan tanda bahaya.

via: brightside.me

Kelebihan cairan dalam tubuh enggak akan berhasil “dikeluarkan” jika ginjal enggak berfungsi dengan baik. Ini akan menyebabkan retensi natrium yang berdampak pada pembengkakan di pergelangan kaki, kaki, dan tangan. Selain penyakit ginjal, pembengkakan dalam tubuh juga bisa menandakan penyakit jantung atau hati. So, jangan disepelekan ya!

7. Sakit punggung enggak selamanya menandakan kamu sedang kelelahan. Bisa jadi ini adalah gejala awal penyakit ginjal kronik.

via: brightside.me

Kalau kamu lagi sakit punggung, coba deh rasakan baik-baik, apakah nyerinya tepat di bawah tulang rusuk dan rasanya menjalar hingga bagian depan pangkal paha atau pinggul? Jika ya, wah bisa jadi nyeri tersebut muncul karena adanya kista ginjal. Kalau merasa nyerinya enggak normal, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter.

via: brightside.me

8. Pembengkakan di sekitar mata juga bisa jadi tanda kalau ginjalmu sedang bermasalah, lho!

Salah satu tanda sistem saringan ginjal sedang bermasalah adalah adanya kandungan protein dalam urin. Nah, jika protein terus-terusan terbuang memalui urin, kemungkinan besar akan terjadi pembengkakan di kelopak matamu.

Itulah tadi beberapa gejala yang menunjukkan bahwa ginjalmu sedang tidak baik-baik saja. Tidak berlebihan kok jika kamu memeriksakan diri ke dokter ketika merasa bahwa gejala tersebut tampak tidak wajar.

Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Semoga informasi di atas bermanfaat dan stay healthy, Kawan Muda 😉

Sumber: Brightside

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *