Membersihkan dapur semakin mudah dengan menggunakan garam! 6 tips ini cocok untuk membersihkan dapurmu hingga cling!

Selama ini garam dikenal sebagai penyedap untuk makanan. Bahkan ada ungkapan yang mengatakan bahwa masakan tanpa garam, bagaikan hambar tak berasa. Penting sekali kan, garam dalam kehidupan kuliner kita?


BACA JUGA : Percaya atau tidak, minum sambil berdiri bisa berakibat fatal bagi kesehatan!


Tetapi kamu tahu tidak, kalau ternyata garam bisa digunakan untuk membereskan permasalahan dapur yang sehari-hari kita alami? Yupsie, kalau biasanya soda kue dan cuka yang merupakan alternatif, kali ini garam pun bisa, lho! Kandungan Natrium Kloridanya mampu untuk membersihkan hal-hal yang sulit dengan cara biasa.

Yuk, kita lihat masalah apa saja yang bisa diselesaikan dengan garam dapur:

1. Kerak di dasar Panci.

via: lifestyle.okezone.com

Suka sebal tidak, sih, kalau ada kerak gosong di dasar panci? Tenang, dengan garam hal tersebut bisa dibersihkan, kok. Caranya cukup mudah, hanya dengan menggunakan garam dan kain lap. Gosok kerak tersebut dengan garam dan lap, diamkan 10 menit, kemudian bilas bersih. Tada! Pancimu bersih seperti semula.

2. Kerak di dasar gelas kaca.

via: simplelifeandhome.com

Kerak di panci sudah, lalu bagaimana dengan kerak yang ada di dasar kaca, dan berwarna putih-putih bekas air tersebut? Eits, tenang saja, cukup menggunakan lap, air panas, dan garam, maka gelasmu bersih deh! Bilas kerak dengan air panas, gosokkan dengan garam menggunakan lap, tunggu 5 menit, kemudian bilas. Gelasmu kembali bersih.

3. Residu Kopi dan Teh

via: rootsimple.com

Kadang kalau mencuci gelas, bekas kopi dan teh yang ada di dasar gelas dan bibir gelas sulit untuk dibersihkan. Untuk mengatasi hal itu, kamu cukup menggosok saja dengan garam hingga bersih, lalu cuci dengan sabun cuci piring biasa.

4. Talenan

via: bersihpedia.com

Membersihkan talenan dengan sabun cuci biasa itu tidak cukup, lho, Kawan Muda! Karena bakteri dan kuman yang ada tidak sepenuhnya hilang, dan nanti malah akan bersarang di talenanmu. Coba bersihkan dengan garam, gosok hingga merata ke seluruh permukaan talenan, diamkan 3 menit, dan bilas hingga bersih. Nah, sekarang talenanmu sudah higienis kembali!

5. Bak Cuci Piring

via: pinterest.com

Suka sebal melihat bak cuci piringmu yang kotor, dan terlihat kusam serta menghitam? Untuk mengatasinya, cukup gunakan 1 sendok garam dan 1 sendok teh air lemon atau cuka. Kemudian tuangkan dan gosok merata hingga bersih. Seperti baru lagi, deh!

6. Menghilangkan Busa Sabun

via: i.ytimg.com

Pernah tidak, saking kebanyakannya menuangkan sabun, jadi berbuih dan tumpah kemana – mana? Makin menambah kerjaan saja, kan? Tapi tenang, cukup taburkan garam diatas busa tersebut, maka dia bakal hilang sendiri. Cepat, mudah, dan efektif bukan?


BACA JUGA : Super efektif dan gak pake ribet, ini dia 10 tips pintar packing barang saat liburan!


Tuh kan, ternyata banyak juga manfaat dari garam untuk dapur, ya! Kalau menurut kalian, apa lagi sih manfaat dapur selain yang disebutkan diatas? Yuk, share pendapatmu!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *