7 Hal Ini Berguna untuk Melatih Memori Jangka Pendek

Memori terbagi menjadi dua tipe, jangka panjang dan jangka pendek. Memori jangka panjang memiliki kapasitas yang tidak terbatas dan dapat menyimpan informasi lebih lama.

Memori jangka pendek kebalikannya dengan memori jangka panjang. Biasanya informasi akan hilang dalam jangka waktu 20 – 30 detik jika tidak diulang-ulang. Seperti nama seseorang yang baru dikenal.

Ini dia langkah dalam merawat memori jangka pendek kamu.

  1. Fokuslah hanya pada satu hal

focus
via socialanxietyinstitute.org

Kalian pasti akan merasa keren jika dapat melakukan banyak hal, nyatanyat hal ini tidak baik, karena biasanya kamu jadi tidak fokus dengan apa yang sedang kamu kerjakan secara bersamaan. Otak yang kita miliki akan bekerja lebih baik pada hal yang kita lakukan pertama kali.

  1. Menggunakan semua indera

panca indra
via info.thinkfun.com

Semua indera yang kamu miliki dapat membantu satu sama lain. Misalkan, jika Kawan Muda ingin menghafal nomor handphone orang yang baru saja dilihat di selembar kertas, pasti kamu akan mengucapkannya berulang-ulang, sehingga telinga kamu ikut mendengarnya.

  1. Mnemonik

via: lynda.com

Mnemonik ini berhubungan dengan Mnemosyne, yaitu nama Dewi Memori dalam Mitologi Yunani. Mnemonik diartikan sebagai suatu rumus untuk membantu mengingat-ingat sesuatu.

Teknik ini terkait dengan menggabungan antara kata, gambar, atau kalimat untuk memperbaiki ingatan jangka pendek.

Misalnya kamu lagi ngafalin suatu teori, terus yang Kawan Muda lakukan adalah menyingkatnya atau menggambarkannya menjadi sesuatu yang mudah diingat.

Buatlah hal sesederhana mungkin agar Anda mudah mengingatnya. Hal ini biasanya dilakukan pada saat mempelajari pelajaran.


BACA JUGA:


  1. Memisahkan dan mengatur

via godaddy.com

Kawan Muda pasti susah jika mengingat nomor handphone yang terdiri dari 10 digit angka. Hal yang biasa akan kita lakukn adalah memisahkannya menjadi dua hingga empat digit untuk mudah menghafalnya.

  1. Makan-makanan sehat

via: naturalsociety.com

Makan-makanan sehat ini bukan berarti diet atau makan-makanan yang membosankan loh ya, Kawan Muda.

Makanlah makanan yang mengandung asam lemak dan omega-3, seperti kenari alpukat, dan protein nabati. Selain dapat membantu ingatan kita, makanan ini juga dapat mencegah penuaan dini.

  1. Tidur yang cukup

via: today.com

Bagi kamu seorang mahasiswa atau pekerja yang merasa memiliki beban banyak sehingga kerja lembur dan jam tidur kurang dari 8 jam sehari ini sangat nggak sehat buat kaliah ya, Kawan Muda.

Tidurlah secara sehat. Jangan juga berlebihan tidurnya. Gunakanlah malam kalian untuk tidur dan siang untuk bekerja, jangan terbalik. Tidur siang selama 30 menit juga membantu kalian menyegarkan pikiran.

  1. Olahraga

jogging
via mindblowings.com

Menurut hasil penelitian, jika kamu berhenti berolahraga dalam 10 hari, maka ada kemungkinan turunnya kinerja otak. Jadi mudah lupa atau lambat menyerap informasi.

Olahraga membantu tubuh memompa oksigen dan udara segar bisa menenangkan pikiran. Hal ini membantu mengingat semua informasi yang diterima dalam satu hari.

Olahraga tidak harus selalu berat loh ya, cukup lakukan secara rutin. Misalkan jogging selama 15 menit setiap pagi.

Sumber : liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *