Mau punya badan ideal dalam 4 minggu? Lakukan 6 olahraga ringan ini setiap hari

490.751 views
via: brightside.me

Punya badan ideal sudah pasti jadi dambaan setiap orang. Tapi, seringkali kamu malas menggerakkan badan untuk olahraga atau kesibukan membuatmu enggak sempat untuk olahraga. Mungkin juga kamu semangat nih olahraga, tapi hanya di awal saja dan kemudian menyerah karena membutuhkan banyak waktu (apalagi kalau kamu harus pergi ke gym atau gelanggang olahraga, misalnya).

Buat Kawan Muda yang tengah merasakan hal ini dan dibuat frustasi karena badan enggak kunjung ideal, pas banget. Karena Kita Muda mau kasih bocoran gimana caranya bikin badan kamu ideal dan kencang dalam waktu empat minggu. Hah, empat minggu? Memang bisa?


BACA JUGA: Mencintai brondong, bagaimana hukumnya?


Bisa dong, asal kamu rutin melakukan satu  dari 6 olahraga yang sangat sederhana ini selama 10 menit saja setiap harinya. Dan voila, dalam waktu 4 minggu alias sebulan, kamu bisa mendapatkan badan ideal idamanmu.

1. Plank

via: brightside.me

Olahraga yang sederhana ini dipercaya sangat banyak manfaatnya, seperti memperkuat otot lengan, otot bahu, otot pinggang, badan, dan kaki. Saat kamu melakukan plank, satu hal yang harus diperhatikan yaitu posisi badan harus lurus seperti gambar di atas. Kalau baru mencoba, jangan langsung melakukannya selama 10 menit. Coba dulu selama 15—30 detik, baru besoknya durasi plank ditambah.

2. Push-up

via: brightside.me

Ternyata push up enggak hanya melatih keseimbangan dan melatih bagian tangan saja, lho. Dengan melakukan gerakan push up, otot perut, bokong, dan kaki bisa jadi kencang juga! Selain itu, push up bisa membuat jantungmu lebih sehat.

3. Latihan mengencangkan paha dan bokong (toning)

via: brightside.me

Kalau ingin punya paha yang kencang dan bokong yang naik (dan bagus), coba deh lakukan latihan seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Pertama, topang badanmu dengan kedua tangan dan lutut.


BACA JUGA: Kalau kamu menyukai prinsip “Lebih Baik Kehilangan Masa Muda Daripada Kehilangan Masa Depan”, apa dayaku yang cuma tak ingin kehilangan dua-duanya.


Lalu, perlahan-lahan angkat satu kaki ke belakang dan usahakan posisi tubuhmu tetap lurus. Setelah itu, angkatlah satu lengan ke depan (lengan yang posisinya berlawanan dengan kaki yang diangkat).

4. Squat 

via: qsota.com

Rutin melakukan squat akan membuat bokong dan otot perut menjadi lebih kencang. Nah, untuk mendapatkan manfaat maksimal squat kamu harus melakukan squat dengan cara yang tepat. Posisimu harus jongkok 90 derajat dan punggungmu harus rata (enggak boleh membungkuk karena bisa memperbesar risiko cedera).

5. Latihan untuk otot perut (abs exercise)

via: brightside.me

Siapa sih yang enggak mau punya perut rata atau ada lekukan-lekukan indahnya? Untuk mendapatkan semua itu, kamu bisa melakukan latihan otot perut seperti yang ada pada gambar di atas.


BACA JUGA: Tak perlu olahraga berat-berat, karena cukup dengan ketawa aja udah bisa bikin kamu sehat! Ini alasannya…


Oh ya, latihan otot perut enggak akan efektif kalau pola makan enggak kamu jaga.

6. Latihan untuk membentuk pinggang

via: brightside.me

Memiliki pinggang ramping bak biola adalah dambaan bagi cewek maupun cowok. Kamu bisa melakukan latihan ringan ini di rumah untuk mendapatkan pinggang yang ramping: pertama, sandarkan tubuhmu di dinding, dengan kedua kaki terbuka dan lutut sedikit ditekuk. Lalu, peganglah bola dengan kuat seperti yang ditunjukkan pada gambar, dan perlahan-lahan gerakkan tanganmu dari sisi ke sisi. Saat menggerakkan tangan, usahakan tubuhmu tetap tegak.

**

Dalam sepuluh menit, kamu enggak harus melakukan satu gerakan saja kok. Kamu bisa memadukan beberapa gerakan sekaligus; kombinasikan saja menurut kebutuhanmu dan bagian tubuh yang ingin kamu bentuk. Misalnya: 4 menit push up, 3 menit latihan otot perut, dan 3 menit latihan membentuk pinggang.

Selamat mencoba, Kawan Muda!