Penyakit pikun selalu diasosiasikan dengan orang yang sudah tua. Padahal, anak muda seperti kita bisa, lho, terserang pikun.

Pernah enggak sih suatu kali Kawan Muda menaruh sesuatu, tapi lupa total dimana meletakkan barang tersebut? Lupa menaruh barang atau perkataan orang lain enggak terjadi satu dua kali saja, tapi sering.


BACA JUGA:


Wah, kalau sudah begini sih Kawan Muda engak boleh meremehkan. Ini tanda-tanda kamu mengalami gangguan pada daya ingat. Duh, masih muda saja sudah suka pikun, bagaimana kalau sudah tua nanti?

Sebenarnya, Kawan Muda bisa kok melakukan tindakan pencegahan. Salah satu cara ampuhnya adalah melakukan “senam” otak. Hah apaan tuh? Jadi, “senam” otak adalah kegiatan sederhana yang bertujuan untuk menstimulasi fungsi otak, melancarkan peradaran darah ke otak, dan membantu meningkatkan daya ingat.

Dilansir dari Brightside.me, berikut adalah senam otak yang bisa Kawan Muda praktikkan agar terhindar dari serangan pikun di usia muda.

1. Membaca teks warna-warni

via: brightside.me

Coba lihat gambar di atas. Di sana terdapat daftar kata-kata yang ditulis dalam warna yang berbeda. Dimulai dari baris teratas, ucapkan nama warna sesungguhnya dari kata yang tertulis di situ. Kata pertama misalnya, meskipun tertulis warna kuning (yellow), kamu harus mengucapkan biru (blue), karena yang diminta adalah kamu mengatakan warna tulisan tersebut bukan membaca tulisan tersebut. Kalau sudah mencapai kata terakhir, ulangi lagi dengan urutan terbalik.

2. Gerakan jari

via: brightside.me

Pertama-tama, bentuk jari tangan kanan Kawan Muda seperti tanda “peace” dan jari tangan kiri membentuk “oke”. Kemudian ganti posisinya secara bergantian, jari tangan kanan yang tadinya “peace” ubah  menjadi “oke” dan sebaliknya. Ulangi gerakan ini selama beberapa kali, kalau sudah mahir coba tambah kecepatannya 😀

3. Menggambar dengan dua tangan

via: brightside.me

Untuk melakukan latihan ini, yang kamu butuhkan adalah dua lembar kertas dan dua buah pensil (atau alat tulis lainnya). Kalau sudah disiapkan peralatannya, sekarang gambarlah bentuk geometris dengan kedua tangan sekaligus. Selain menggambar, Kawan Muda bisa menulis huruf atau dengan kedua tangan, dengan jumlah karakter yang sama.

Nah itu dia beberapa gerakan yang bertujuan untuk menstimulasi fungsi otak, melancarkan peradaran darah ke otak, dan membantu meningkatkan daya ingat. Jadi, yuk dicoba! 🙂