Makan Pedas hanya Bikin Sakit Perut? Fakta Mengejutkan tentang Makanan Pedas Ini Dijamin Bikin Kamu Doyan Makan Sambal!

1.857 views
via: worldofbuzz.com

Hampir sebagian besar orang di dunia menyukai makanan yang pedas, terutama kita orang Indonesia. Kurang afdhol enggak sih kalau makan sesuatu tapi enggak ada sensasi pedas-pedasnya?

Selain bikin acara makan menjadi tambah sedap, tahukah kamu kalau makanan pedas bisa bikin tubuh sehat dan bahkan mengurangi risiko kematian sebesar 14 persen?!

Fakta mengejutkan ini didasarkan atas studi yang dilakukan di Tiongkok. Dilansir dari Kompas.com, menurut studi yang dipublikasikan di jurnal BMJ, Inggris, mengonsumsi makanan pedas 6—7 hari seminggu terbukti bisa menurunkan risiko kematian.

via: hungryforever.com

Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh University of Vermont, Amerika Serikat, seperti yang dilansir dari Kumparan, mengonsumsi makanan pedas yang berasal dari cabai segar bisa membantu memperpanjang harapan hidup manusia.


BACA JUGA:


Kedua penelitian tersebut menjelaskan bahwa kandungan capsaicin dalam cabai adalah sumber antioksidan alami yang bisa membuat seseorang panjang umur.

via: sweatblock.com

Kandungan ini sangat baik bagi tubuh karena bisa membatu mengatasi masalah obesitas, jantung, dan kanker. Selain itu, kandungan cabai juga bisa membunuh bakteri yang merugikan dalam pencernaan.

Meskipun cabai diklaim bisa membuat seseorang panjang umur, mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah berlebihan juga enggak baik bagi kesehatan.

via: nhsinform.scot

Melansir detikHealth, pakar kesehatan RS Cipto Mangunkusumo, Ari Fahrial, mengungkapkan bahwa konsumsi sambal dengan jumlah yang sangat banyak  bisa melukai lambung dan merangsang diare.

Nah lho,  buat penggemar makanan pedas jangan kalap duluan ya setelah mengetahui fakta mengejutkan ini, hehe. Doyan makan sambal boleh, tapi porsinya dikira-kira ya biar enggak menyiksa lambung.

Sumber: Kompas