Liburan ke luar negeri dengan budget minim? Bisa kok, yuk ikuti 7 tips mudah ini!

Berlibur ke luar negeri menjadi impian banyak orang, mungkin Kawan Muda adalah salah satunya. Namun kecenderungan orang menganggap berlibur ke luar negeri adalah suatu hal yang mewah, padahal tidak semua begitu.

Setiap orang, termasuk Kawan Muda, punya kesempatan untuk bisa menjelajahi keindahan dunia ini. Nah, Kita Muda bakal kasih tahu tips-tips yang bisa kamu terapkan agar bisa traveling ke luar negeri dengan biaya yang lebih terjangkau.


BACA JUGA : 


Oke, mungkin jumlah biaya yang dihabiskan memang banyak mengingat perbedaan kurs. Tapi untuk ukuran berlibur ke luar negeri, tips ini luar biasa membantu lho. Liburan low budget tapi fun dan happy maksimal bukan sekadar impian. Yuk lah langsung disimak tipsnya.

1. Tentukan dulu kamu mau liburan kemana dan mau ngapain di sana.

via: telegraph.co.uk

Tujuan kamu liburan ke luar negeri itu apa? Ada tujuan khusus misal pengin kulineran, lihat kebudayaan baru, mencoba suasana baru, atau hanya ikut-ikutan saja? Setelah tahu niatannya, kamu akan tahu tempat-tempat mana yang akan dikunjungi dan bisa membuat itinerary-nya.

Pokoknya catat semua yang sekiranya menurut kamu perlu. Cari tahu tentang wilayahnya, transportasi di sana, makanan khas, wisata alam, wisata budaya, dan lainnya.

Dalam memilih negara yang dikunjungi, kalau budget benar-benar terbatas-tas-tas, kamu bisa memilih negara-negara yang bebas visa seperti negara ASEAN, Hong Kong, Macau, Srilanka, Peru, Fiji, Chile, Maroko, Kolumbia, atau Ekuador. Kalau pengin menjelajah negara lain sih sah-sah saja tapi kamu harus menyiapkan dana untuk pengurusan visa ya.

2. Hitung perkiraan pengeluaran di sana.

via: pondhopping.com

Setelah tahu pengin ngapain saja dan membuat daftar tempat-tempat yang dikunjungi, Kawan Muda bisa nih menyusun perkiraan pengeluaran selama di sana. Dengan begini kamu enggak akan “kebocoran” dana dan tahu uangmu “melayang” kemana saja. Cara ini juga memudahkan kamu saat menabung untuk liburan. Kamu jadi lebih mudah mengatur berapa uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya.

3. Cari teman atau kenalan di daerah yang ingin kamu kunjungi.

via: intentionaltravelers.com

Salah satu trik yang sangat jitu adalah menghubungi teman yang tinggal di daerah yang ingin kamu kunjungi. Ya, kali saja ada teman kamu yang sedang kuliah atau mungkin kebetulan kamu punya kenalan lintas bangsa. Syukur-syukur kamu bisa dapat penginapan gratis. Ya kalau enggak sih minimal ada yang bisa kasih rekomendasi tempat-tempat oke yang bisa dikunjungi.

Nah, kamu juga bisa nih mulai sekarang memanfaatkan jaringan pertemanan lintas bangsa di media sosial. Buat apa punya media sosial kalau tidak dimanfaatkan untuk hal positif—hehe?! Mungkin kamu bisa mencari semacam sahabat pena yang dengan senang hati akan menemani dan menyediakan akomodasi ketika kamu mengunjungi negara mereka.

4. Manfaatkan promo tiket pesawat, beli tiket untuk 9—12 bulan ke depan.

via: cbc.ca

Sekarang banyak sekali tiket promo ke luar negeri dengan biaya yang sangat murah. Kamu hanya perlu cermat mencari informasi tentang promosi ini di internet. Nah, harga tiket pesawat tuh biasanya akan lebih murah kalau Kawan Muda beli jauh-jauh hari. Selain itu, jangan pernah memesan tiket pesawat saat musim liburan atau akhir pekan karena harga tiket akan jauh lebih tinggi.

5. Cari penginapan hemat yang lokasinya strategis.

via: hiusa.org

Setelah mencari-cari tiket pesawat, kini saatnya mencari penginapan. Sebenarnya kalau memenuhi kriteria di poin ke-3, kamu tidak perlu susah payah cari penginapan. Tapi ada baiknya juga sih berjaga-jaga untuk kemungkinan terburuk.

Untuk penginapan selama liburan, Kawan Muda bisa browsing penginapan hemat jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Biasanya bakal ada promo dan potongan harga yang menarik. Usahakan juga untuk mencari apartemen yang disewakan atau menginap di hostel.

6. Jangan mengunjungi tempat yang sangat mainstream di kalangan turis.

via: reportweb.tv

Sebenarnya ini tergantung tujuan liburanmu apa. Jika kamu benar-benar ingin mencoba hal baru dan mendapatkan pengalaman baru, kamu bisa mengeksplor tempat-tempat menarik yang bukan menjadi pusat berkumpulnya turis. Ini untuk menghindari biaya masuk tempat wisata yang mahal atau menjauhkan kamu dari harga yang melambung tinggi karena biasa dikunjungi turis.

7. Gunakan transportasi yang murah.

via: trazeetravel.com

Cari tahu dulu tentang transportasi yang digunakan di negara yang ingin kamu kunjungi. Kawan Muda harus bisa memilih transportasi massal yang terjangkau misal bus, kereta, atau transportasi bersubsidi. Hindari naik taksi kalau tidak dalam keadaan kepepet.

Kalau kamu berlibur ke pedalaman atau daerah yang transportasinya jarang, jangan ragu untuk menumpang mobil-mobil pribadi di jalan ataupun mobil pengangkut barang seperti truk. Tenang, di luar negeri kegiatan menumpang seperti ini sudah umum dilakukan traveler, kok 🙂


BACA JUGA :

Jangan ngaku sudah ke Singapura, kalau 7 tempat wisata keren ini belum kamu kunjungi

14 tempat luar biasa di dunia yang belum banyak diketahui wisatawan!


Nah, itu dia sedikit trik biar kamu bisa liburan low budget ke luar negeri. Gimana Kawan Muda, ternyata liburan ke luar negeri enggak serumit yang kamu bayangkan, kan?

Dengan perencanaan yang matang, liburan ke luar negeri bisa pas di kantong dan tidak menjadi angan semata, hehe. Ehm, sudah tahu mau liburan kemana?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *