Rekomendasi Laptop Murah Terbaik, Harga Mulai Rp 3 jutaan

Selain smartphone, laptop atau komputer jinjing saat ini menjadi kebutuhan utama. Jika dulu laptop menjadi barang ‘mewah’ yang hanya dimiliki segelintir orang, kini semua orang membutuhkan benda yang satu ini untuk memenuhi kebutuhan pendidikan hingga pekerjaan. Ya, bahkan di sekolah tertentu atau mungkin mereka yang bersekolah di sekolah kejuruan (di jurusan tertentu) juga diwajibkan memiliki laptop.

Beberapa tahun ke belakang mungkin pilihan laptop kurang beragam dan harganya pun masih tinggi. Seiring berjalannya waktu dan seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan laptop, sekarang sudah banyak pilihan laptop dari berbagai macam brand yang ada di pasaran. Mulai dari laptop biasa, laptop untuk desain grafis, hingga laptop gaming. Masing-masing jenis tentu memiliki kelebihan, sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Soal harga juga enggak perlu khawatir lagi karena sejumlah raksasa vendor laptop berlomba-lomba menawarkan harga perangkat yang lebih murah dari sebelumnya. Meskipun ditawarkan dengan harga yang murah meriah, beberapa laptop dengan harga miring juga sudah dilengapi dengan spesifikasi yang jempolan, kok.

laptop murah terbaik
Laptop menjadi kebutuhan utama saat ini | Foto: miami.edu

Nah, mungkin Kawan Muda tengah berencana untuk membeli laptop baru saat ini. Karena banyaknya pilihan yang ada, kamu terkadang jadi bingung kan mau pilih yang mana? Hemm, enaknya beli yang mahal atau yang murah ya? Umumnya nih ya, orang-orang banyak memilih yang agak mahalan dengan alasan biar awet. Padahal, belum tentu lho yang ‘mahal’ itu sesuai dengan kebutuhanmu.

Yup, mungkin saja Kawan Muda enggak terlalu membutuhkan fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya. Misal nih, kamu sebenarnya membutuhkan laptop untuk kebutuhan mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan kantor seperti membuat laporan/dokumen. Karena kurang mencari informasi tentang hal tersebut atau kena ‘rayuan’ penjual, kamu akhirnya merogoh kocek dalam untuk sebuah perangkat laptop yang fiturnya enggak begitu kamu butuhkan.

Hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih laptop

laptop murah terbaik
Tips memilih laptop sesuai kebutuhan | Foto: harveynorma.com.au

Oleh karena itu, agar enggak mubazir nih (sudah beli mahal-mahal tapi fungsi sesungguhnya enggak dimanfaatkan secara maksimal atau mungkin sebaliknya), ada beberapa hal yang harus Kawan Muda perhatikan sebelum membeli laptop. Dengan memahami hal ini sebelum membeli dan kemudian menerapkannya, dijamin deh kamu akan mendapatkan laptop yang pas sesuai kebutuhan.

Nah, kira-kira hal penting apa sajakah yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop? Simak yuk ulasan Kita Muda berikut ini sebagaimana dilansir dari Detik.com.

Sesuaikan fungsi laptop dengan kebutuhan

‘Kenapa sih kamu harus beli laptop tersebut? Akan digunakan untuk apa nantinya?’, itulah pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum membeli laptop. Kamu tentu punya alasan tertentu kan kenapa membeli laptop? Nah, dengan menjawab pertanyaan tersebut kamu akan mengetahui nih laptop seperti apa yang diinginkan, laptop dengan spesifikasi seperti apa saja sebenarnya yang kamu butuhkan.

Kalau kamu butuh beli laptop karena pekerjaanmu sebagai desainer atau video editor ya pilih laptop dengan spek yang besar, prosesor berkecepatan tinggi, dan resolusi tinggi. Dengan begitu, enggak ada deh yang namanya keliru membeli.

Teliti dalam memilih spesifikasi laptop

Setelah mengetahui kebutuhanmu apa, sekarang carilah referensi laptop yang sesuai dengan kebutuhanmu tersebut. Kalau kamu butuh laptop biasa ya cari referensi laptop biasa yang ada di pasaran, kalau butuh untuk desain grafis ya tinggal cari referensi laptop untuk desain grafis.

Dari referensi yang ada, bacalah spesifikasinya baik-baik. Kalau bingung dengan istilah-istilah yang ada, kamu bisa tanya Mbah Google deh biar ada gambaran sedikit (tanya ke teman atau saudara yang ahli soal beginian juga sangat disarankan).

Spesifikasi laptop yang harus kamu perhatikan antara lain kemampuan prosesornya, penyimpanan dan memori (untuk ukuran RAM, semakin tinggi frekuensinya,semakin cepat pula kinerjanya), kapasitas baterainya seperti berapa lamakan laptop bisa hidup, kompatibilitasnya (apakah mungkin kamu membutuhkan RAM yang lebih besar), dan spesifikasi lainnya (keberadaan port-port penting, teknologi Wi-Fi-nya, dan lain sebagainya).

Perhatikan ukuran layar

Mungkin kelihatannya sepele ya, tapi ukuran layar laptop memiliki peran penting lho dalam memenuhi kebutuhanmu. Umumnya notebook memiliki ukuran layar 13.1”-18”. Nah, kalau Kawan Muda mobilitasnya tinggi, pakailah yang layarnya lebih kecil karena lebih ringan kalau di bawa ke mana-mana. Kalau kamu menggunakan laptop untuk mengedit video atau foto dan gaming, ukuran 15” lebih disarankan.


BACA JUGA:


Rekomendasi laptop murah terbaik harga Rp  3—5 jutaan

laptop murah terbaik
Rekomendasi laptop murah terbaik harga Rp 3—5 jutaan| Foto: itblackspot.com.au

Ternyata enggak susah kan memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan? Dengan memahami tiga hal di atas, kamu setidaknya akan memiliki sedikit gambaran tentang laptop terbaik yang sesuai kebutuhamu.

Nah, tips memilih laptop yang tepat kan sudah dibeberkan semua di atas, selanjutnya Kita Muda bakal kasih rekomendasi laptop murah terbaik yang bisa jadi referensi kamu. Beberapa laptop murah terbaik yang bakal Kita Muda dibahas di sini adalah laptop dengan spesifikasi yang standar. Yuk intip, kali saja ada yang sesuai dengan incaranmu 😉

1. ASUS X540YA-BX101D

laptop murah terbaik
Laptop ASUS X540YA-BX101D| Foto: ruanglaptop.com

Laptop murah terbaik pertama ada Asus X540YA-BX101D. Laptop jenis ini tergolong ringan, dalam artian cocok digunakan untuk penggunaan sehari-hari (keperluan mengerjakan tugas, browsing, nonton film, mendengarkan musik dan sebagainya). Laptop berlayar 15,6” ini dilengkapi dengan prosesor AMD E1-7010 (1.5 GHz, 2M Cache), RAM 2 GB DDR3 dan VGA AMD Radeon R2, dan 500 GB HDD.

Harga: Rp 3,3 juta

2. ASUS X541SA-BX401D

laptop murah terbaik
Laptop ASUS X541SA-BX401D| Foto: bukalapak.com

Selanjutnya ada Asus X541SA-BX401D,  laptop murah terbaik tapi enggak murahan. Sama dengan Asus X540YA-BX101D, Asus X541SA-BX401D memiliki layar yang cukup besar 15,6”. Dimensinya juga cukup besar sehingga lumayan juga dibawanya kalau kamu tipe orang yang mobile. Laptop ini dilengkapi dengan Intel® Celeron® Dual-Core N3060, dengan RAM 4 GB, dan 500 GB HDD. Untuk penggunaan sehari-hari, boleh lah dijadikan pilihan.

Harga: Rp 3,4  juta

3. Lenovo IdeaPad 110-14IBR

laptop murah terbaik
Laptop Lenovo IdeaPad 110-14IBR | Foto: elnstore.com

Tak hanya dilengkapi dengan desain fisik yang elegan dan kids zaman now banget, Lenovo IdeaPad 110-14IBR juga memiliki spesifikasi yang menjanjikan di kelasnya. Laptop ini dilengkapi prosesor Intel Celeron N3060 generasi Braswell quad-core, RAM sebesar 4 GB DDR3L (yang bisa di-upgrade hingga 8 GB, wow!), dan HDD berkapasitas 1 TB 5400 RPM.

Harga: Rp 3,7 juta

4. HP 14-AN030AU

laptop murah terbaik
Laptop HP 14-AN030AU | Foto: hargaterbaik.site

Salah satu vendor kondang HP juga enggak mau ketinggalan meluncurkan laptop murah terbaik. Laptop ini memiliki layar berukuran 14” dengan berat mencapai 1,94 kg. HP 14-AN030AU sangat cocok untuk penggunaan yang bersifat ringan, dibekali dengan prosesor AMD QuadCore A6 7310-2.3Ghz, RAM 4 GB, dan 500 GB HDD.

Harga: Rp 3,8 juta

5. HP 14-AM015TU

laptop murah terbaik
Laptop HP 14-AM015TU | Foto: bukalapak.com

Selain HP 14-AN030AU, Kawan Muda juga bisa mempertimbangkan HP 14-AM015TU jika ingin membeli laptop murah terbaik. Laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Celeron Dual Core N3060 1.6GHz Up to 2.48GHz, RAM 4 GB, dan 500 GB HDD.

Harga: Rp 3,9 juta

6. Lenovo B41-35-80LD00-28ID

laptop murah terbaik
Laptop Lenovo B41-35-80LD00-28ID | Foto: shopee.co.id

Laptop murah terbaik selanjutnya adalah  Lenovo B41-35-80LD00-28ID. Salah satu kelebihan dari laptop ini adalah ukuran layar yang pas (14”) dan enggak terlalu merepotkan kalau dibawa bepergian, cocok lah ya buat kamu yang mobilitasnya tinggi. Lenovo B41-35-80LD00-28ID dilengkapi dengan  prosesor AMD A8-7410 Quad Core 2.2-2.5GHz, RAM 4 GB DDR3, VGA AMD Radeon R5, dan 500 GB HDD.

Harga: Rp 3,9 juta

7. ASUS X454YI-BX0802D

laptop murah terbaik
Laptop ASUS X454YI-BX0802D | Foto: jd.id

Kalau yang satu ini adalah laptop murah terbaik yang pas buat Kawan Muda yang tengah mencari laptop berspesifikasi tinggi tapi harganya murah meriah. Yup, ASUS X454YI dengan prosesor AMD A8-7410 Quad Core berkecepatan hingga 2,5 GHz dan RAM 4 GB ini juga dilengkapi dengan Radeon R5 M330MX yang sudah berasitektur Graphics Core Next (GCN) 2.0 sehingga mampu menjalankan konten multimedia (seperti game) dengan lancar.

Harga: Rp 4,5 juta

8. Lenovo IdeaPad 100-14IBD

laptop murah terbaik
Laptop Lenovo IdeaPad 100-14IBD | Foto: Flipkart.com

Laptop berukuran 14” ini memiliki dimensi yang sedikit lebih tipis dan ukuran yang lebih ringan dibanding dengan laptop pada umumnya. Namun soal kinerja, laptop ini cukup kompetitif karena didukung dengan prosesor Intel Core i5-5005U generasi Broadwell terbaru dual-core dengan kecepatan standar 2,0GHz, RAM sebesar 2GB jenis DDR3L (yang bisa di-upgrade hingga 8GB).

Harga: Rp 4,7 juta

Rekomendasi laptop murah terbaik  untuk gaming harga Rp  5  jutaan

9. Lenovo Ideapad 320 (80XG00-1KiD)

Lenovo Ideapad 320 (80XG00-1KiD) | via: dimensidata.com

Merogoh kocak sekitar Rp 5 jutaan untuk beli laptop gaming? Bisa, kok! Nge-game seru bisa kamu lakukan dengan Lenovo Ideapad 320 (80XG00-1KiD). Laptop ini dilengkapi dengan processor Intel Core i3 5005U berkecepatan 2GHz, RAM DDR4 berkapasitas 4GB, ditambah dengan pengolah grafis Nvidia GeForce 920MX DDR5 2GB. Lumayan mantap kan spesifikasinya buat gaming?

Harga: Rp 5,5 juta

10. HP Pavilion 15-N013DX

HP Pavilion 15-N013DX | via: youtube.com

Selanjutnya ada laptop keluaran HP yang juga cukup baik untuk gaming. Yup, HP Pavilion 15-N013DX yang dilengkapi dengan processor Intel Core i3-6006U berkecepatan 3.2GHz, RAM berkapasitas 4 GB, serta mengusung penggunaan grafis dengan menggunakan AMD Radeon R5 430M. Bisa dijadikan pilihan laptop gaming murah meriah, nih 😉

Harga: Rp 5,5 juta

11. DELL Inspiron 5458

DELL Inspiron 5458 | via: dimensidata.com

Yang satu ini juga enggak kalah menarik, Kawan Muda. Dengan processor Intel Core i3 5005U berkecepatan 2.5GHz, RAM berkapasitas 4 GB, serta mengusung penggunaan dual VGA yang masing-masingnya menggunakan HD8670M 2 GB dan nVidia GeForce 920M 2GB, laptop ini bisa jadi peralatan tempurmu buat nge-game sepuasnya :”)

Harga: Rp 5,5 juta

12. ASUS X441UV-WX091D

ASUS X441UV-WX091D | via: PriceNia.com

Kalau biasanya pakai varian ROG untuk gaming (yang harganya bikin ngelus dada!), kamu yang ber-budget tipis bisa melirik ASUS X441UV-WX091D
HP Pavilion 15-N013DX yang cukup handal untuk menjalankan game-game masa kini. Dengan harga yang terbilang ramah di kantung, laptop ini memiliki spesifikasi yang jempolan: processor Intel Core i3-6006U berkecepatan 2.0GHz, RAM berkapasitas 4 GB, serta didukung dengan pengolah grafis Nvidia GeForce GT920M 2GB.

Harga: Rp 5,6 juta

13. ACER E5-473G

ACER E5-473G | via: dimensidata.com

Dari vendor Acer juga enggak mau ketinggalan nih. Mereka punya seri E5-473G yang mengusung processor Intel Core i3-5005U berkapasitas 2.4GHz, RAM berkapasitas 4 GB, serta menggunakan grafis berupa Nvidia GeForce 920M 2GB. Mantep kan?

Harga: Rp 5,8 juta

Itulah laptop murah terbaik yang bisa Kawan Muda jadikan referensi. Bagaimana, sudah menemukan mana yang cocok dengan kebutuhanmu? Atau Kawan Muda punya rekomendasi lain yang belum disebutkan di atas? Boleh lho di-share di kolom komentar 😉

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Kawan Muda 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *