Punya badan yang tinggi semampai tentu menjadi idaman banyak orang. Tak hanya cewek, cowok juga pengin punya tubuh yang tinggi atau minimal ideal lah tingginya.

Beberapa mungkin beruntung karena mewarisi gen tinggi dari orangtua. Namun ada juga yang kurang pede dengan tinggi badannya dan berusaha menambah tinggi badan.

Orang-orang ini, mungkin kamu termasuk salah satunya, sudah mencoba banyak cara, seperti minum susu penambah tinggi atau mengonsumi obat/suplemen yang katanya bisa menambah tinggi badan dengan cepat.

Sayang, hasilnya enggak begitu terlihat dan bahkan mungkin bisa membahayakan tubuh jika kamu sembarangan mengonsumsi obat/suplemen penambah tinggi badan yang dijual luas di internet. Lantas, gimana dong biar tinggi badan bisa bertambah?

Ada beberapa cara menambah tinggi badan yang efektif dan aman, yang bisa kamu coba. Buat Kawan Muda yang sudah memasuki usia 20-an alias sudah melewati masa akhir pubertas, kamu masih punya kesempatan, kok, untuk menambah tinggi badan.

Penasaran gimana cara menambah tinggi badan secara drastis dan aman? Simak yuk ulasan Kita Muda berikut ini.

1. Lakukan gerakan basic leg stretches

Lakukan gerakan basic leg stretches | via: yogajournal.com

Gerakan cium lutut ini ternyata sangat ampuh dalam membantu meninggikan badan. Kamu bisa melakukan gerakan ini sebelum tidur atau setelah bangun tidur. Jika dilakukan secara rutin setiap harinya, bukan mustahil dalam seminggu tinggi badanmu bertambah 1,5 cm.

Nah, ketika melakukan gerakan ini, mulailah pelan-pelan dan secara bertahap. Kalau kali pertama mencoba kamu belum bisa meraih ujung kaki dengan sempurna, jangan dipaksa dulu. CObalah dulu perlahan, dan bertahanlah dengan posisi itu selama 8—16 detik. Jika sudah, istirahatlah sejenak kemudian ulangi lagi gerakan dari awal.

2. Kamu juga bisa mencoba gerakan cobra stretch

Kamu juga bisa mencoba gerakan cobra stretch | via: naturallivingideas.com

Menirukan gaya ular cobra juga bisa menjadi cara menambah tinggi badan di usia 20 tahun. Gerakan ini biasanya ditemukan dalam yoga dan disebut bhujangsana. Selain bermanfaat untuk meregangkan tulang belakang kamu, latihan ini juga bisa meregangkan punggung, perut, pinggul, dan bokong.

Untuk melakukan gerakan ini, mulanya kamu harus tengkurap terlebih dahulu. Kemudian angkat dada dan jadikan kedua tangan sebagai tumpuan saat mengangkat tubuh bagian depan.

Jika tubuh berhasil terangkat, tahan posisi tersebut selama 30—60 detik, lalu turunkan kembali tubuh kamu. Beri jeda 30 detik, kemudian ulangi kembali gerakan serupa.

3. Cat cow pose juga bisa jadi latihan untuk menambah tinggi badan

Cat cow pose juga bisa jadi latihan untuk menambah tinggi badan | via: popsugar.com

Gerakan untuk menambah tinggi badan berikutnya adalah cat pow pose atau pose kucing. Untuk melakukan cat pow pose, posisikan tubuhmu dengan bertumpu pada kedua tangan dan lutut.

Kemudian lengkukkan tubuhmu ke atas dengan posisi kepala mendongan ke atas dan tahan  beberapa detik (seperti gambar atas). Jika sudah, sekarang lengkungkan tubuhmu ke bawah hingga kepala menunduk ke dalam (seperti gambar bawa). Ulangi gerakan ini dalam beberapa hitungan.

4. Dengan melakukan posisi bridge 8—16 detik dengan rutin setiap harinya, tinggi badanmu bisa bertambah

Dengan melakukan posisi bridge 8—16 detik dengan rutin setiap harinya, tinggi badanmu bisa bertambah | via: drweil.com

Coba deh iseng lakukan posisi bridge atau jembatan ini sebelum tidur. Selain untuk menambah tinggi badan, latihan ini juga dapat membantu memperkuat otot punggung bawah saat mengangkat bokong kamu ke atas dan ke bawah.

Untuk melakukan posisi bridge, berbaringlah dengan posisi terlentang. Lupat kedua lutut dan dekatkan telapak kaki ke bagian bokong. Pastikan telapak kaki kamu menapak sempurna di lantai atau kasur, ya.

Setelah itu naikkan pinggung dan lengkungkan tulang belakang. Bersamaan dengan itu angkat perutmu setinggi yang kamu bisa (seperti pada gambar) dan tahan selama 8—16 detik. Ambil jeda 10—15 detik untuk istirahat, lalu ulangi kembali gerakan di atas.

5. Super stretch adalah gerakan sederhana untuk menambah tinggi badan

Super stretch adalah gerakan sederhana untuk menambah tinggi badan | via: youtube.com

Cara menambah tinggi badan dengan olahraga berikutnya adalah dengan melakukan gerakan super stretch. Kalau dibanding gerakan-gerakan sebelumnya, ini gampang banget dilakukan. Kamu juga bisa melakukannya kapan pun, bahkan di sela-sela waktu kerja.

Yup, karena kamu cukup berdiri tegak dengan kaki dirapatkan, kemudian angkat kedua tangan setinggi kamu bisa. Angkat kaki kamu hingga posisi berjinjit dan tahan beberapa detik. Ulangi beberapa hitungan.

Whoa, ternyata mudah sekali ya untuk menambah tinggi badan dalam waktu satu minggu. Dan kabar gembiranya, seorang peneliti asal Inggris, Alice Robinson sudah menguji cara di atas dan ternyata berhasil.

Dia menggunakan beberapa teknik di atas dan berhasil menaikkan tinggi tubuh sebesar 1,5 cm dalam seminggu. Kawan Muda pasti juga bisa, nih, kalau disiplin dan konsisten melakukannya. Lumayan, kan, dalam sebulan bisa nambah 4 cm? Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba!