Melakukan aktivitas berlebihan, stres karena pekerjaan yang menumpuk, serta terlalu lama duduk di depan komputer membuat seseorang seringkali merasakan rasa sakit di area punggungnya. Sebenarnya, rasa sakit di area punggung setelah beraktivitas adalah hal yang normal. Ketika punggung mulai terasa sakit, ini adalah pertanda bahwa tubuhmu membutuhkan istirahat.

Namun ada kalanya rasa sakit atau nyeri di punggung terasa sangat mengganggu dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Rasa nyeri tersebut enggak jarang mengganggu produktivitas seseorang di kantor. Kawan Muda mungkin pernah mengalami hal serupa. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa latihan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa nyeri di punggung. Dilansir dari  Brightside, yuk kita lihat bareng-bareng latihan apa saja itu.

1. Latihan perengangan punggung dan tulang belakang

via: brightside.me

Manfaat latihan ini :

Punggung yang tidak diregangkan secara teratur akan membuatnya terasa nyeri. Latihan peregangan ini membantu menjaga kelenturan otot punggung serta mengurangi rasa sakit (nyeri )dan ketidaknyamanan pada punggung.

Bagaimana cara melakukannya?

Pertama-tama lakukan gerakan ini untuk salah satu sisi. Biarkan tubuhmu dalam posisi di atas dan tahan selama 10 detik.  Jika sudah, lakukan gerakan ini secara bergantian ke sisi lainnya dan ulangi sebanyak empat kali setiap masing-masing sisi.


BACA JUGA:


2. Latihan penguatan dan peregangan tulang belakang di daerah thorax (dada)

via: brightside.me

Manfaat latihan ini:

Latihan ini berfungsi meningkatkan fleksibilitas dan perpanjangan tulang belakang. Ini akan membantu mengembalikan gerakan sendi dan mengurangi rasa sakit di punggung.

Bagaimana cara melakukannya?

Pertama-tama ambillah posisi berlutut ala kucing dan anjing seperti gambar di atas, punggung bagian atas dalam keadaan melengkung ya. Kemudian angkat tangan sebelah kanan dan kaki sebelah kiri lurus ke depan. Lakukan gerakan ini secara bergantian ke sisi lainnya dan ulangi sebanyak sepuluh kali dengan ritme lambat.

3. Latihan penguatan punggung bawah atau area lumbar

via: brightside.me

Manfaat latihan ini:

Daerah lumbar atau ruas tulang belakang adalah bagian yang menyangga sebagian besar tubuh kita. Nah, kebanyakan orang dewasa sering mengalami nyeri di bagian ini, terutama mereka yang lebih banyak duduk selama bekerja. Untuk meredakan dan memperkecil risiko terjadinya nyeri di daerah lumbar, kamu bisa melakukan latihan penguatan punggung bawah secara teratur.

Bagaimana cara melakukannya?

Kamu hanya perlu berbaring dan melakukan gerakan seperti push up, tapi hanya setengah badan saja yang diangkat. Lakukan gerakan ini sebanyak sepuluh hitungan dalam satu menit.

Lakukan tiga latihan di atas masing-masing selama satu menit setiap harinya. Kamu bisa melakukannya tiga kali dalam sehari (di pagi, sore, dan malam hari) untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga masalah nyeri punggungmu segera teratasi, ya 😉