Di zaman yang serba online ini, kamu enggak harus pergi ke kantor untuk bekerja. Yup, beberapa profesi menjanjikan ternyata bisa dijalani secara fleksibel dalam hal tempat maupun waktu—bahkan kamu cukup duduk manis di rumah dan mengerjakannya hingga sempurna!

Whoa, cocok banget nih buat Kawan Muda yang mungkin ingin memulai mendirikan bisnis sendiri, yang ingin mendapatkan uang jajan tambahan sembari kuliah, atau ibu rumah tangga yang mungkin bosan kalau hanya melakukan rutinitas yang itu-itu saja di rumah.

Kerja online dari rumah membuatmu bebas mengatur waktu, soal penghasilan juga enggak kalah, kok, dengan kerja kantoran. Pintar-pintar kamu saja ‘mengolahnya’ agar mendapatkan banyak klien. Kalau begini kan kamu jadi bisa melakukan kegiatan lainnya tanpa terganggu.

Mau ngurus bisnis yang dirintis bisa, mengasuh dan mengawasi anak juga mudah, dan tetap bisa kuliah dengan lancar karena jam kerjanya kamu atur sendiri.

Nah, daritadi kan Kita Muda cuap-cuap terus soal profesi kerja online dari rumah dan kerja online untuk pelajar dengan pendapatan lumayan. Memangnya, profesi kerja online apa saja sih yang bisa dilakukan di rumah dan katanya menjanjikan itu? Yuk, intip!

1. Penerjemah

Kerja online dari rumah sebagai penerjemah | via: berufebilder.de

Kalau kamu cap cis cus banget bahasa asingnya atau menguasai beberapa bahasa asing sekaligus, jangan sia-siakan kemampuan itu. Coba deh cari lowongan kerja online sebagai penerjemah. Atau kamu bisa masuk ke situs translatorcafe.com dan berburu kerjaan penerjemah buat tambah-tambah penghasilan.

Apalagi kalau kamu punya sertifikat bahasa asing terpercaya, wuih, bisa jadi nilai tambah dan membantu kamu mendapatkan kepercayaan klien. Selain jasa penerjemah, kamu juga bisa menyediakan jasa proofreading. Jasa proofreading banyak banget dicari penerbit-penerbit buku. Lumayan, kan?

2. Web software engineer

Kerja online dari rumah sebagai web software engineer | via: oldblog.sabkura.com

Kerja online dari rumah yang satu ini cocok banget buat kamu yang kuliahnya berkecimpung di bidang software engineering, seperti ilmu komputer atau teknik informatika. Karena membutuhkan keahlian tinggi, pendapatan yang diraup pun enggak main-main meski kamu kerja online dari rumah!

3. Content writer dan technical writer

Content writer atau technical writer bisa jadi referensi kerja online untuk pelajar atau mahasiswa | via: contentfac.com

Kamu suka banget nulis dan punya bakat terpendam di bidang tulis menulis? Yuk, bikin hobi dan bakat terpendammu menjadi ‘berharga’ dengan menawarkan jasa menulis artikel. Mengerjakan hobi saja bisa dibayar, kapan lagi kan?

Kamu tinggal cari saja media online menerima submit artikel. Beberapa di antaranya ada yang enggak dibayar sih, tapi ada juga yang membayar artikelmu dengan harga lumayan jika ditulis dengan menarik.

Atau kamu bisa menjadi seorang technical writer yang membuat buku petunjuk/panduan teknis yang berisi cara penggunaan dan perawatan suatu alat. Pekerjaan technical writer juga mencakup menyusun foto, gambar, sketsa, diagram, serta tabel yang akan dicantumkan dalam buku petunjuk.

4. Perencana finansial

Kerja online dibayar sebagai perencana finansial | via: kci-fms.com

Perencana finansial juga jadi salah satu profesi kerja online dari rumah yang sangat menjanjikan. Jika memiliki gelar sarjana di biang ekonomi, gelar MBA (master of business administration) dengan fokus studi finansial misalnya, kamu bisa nih menawarkan jasa perencana finansial.

Yup, di zaman sekarang ini financial planner mulai banyak dibutuhkan, tak hanya untuk perusahaan  besar saja, tetapi juga rumah tangga! Mulailah dengan menawarkan jasa perencanaan finansial ke kerabat atau teman terdekat. Siapa tahu mereka merekomendasikanmu ke orang lain. Kesempatan seperti ini jangan disia-siakan :”)

5. Desainer grafis

Kerja online dari rumah sebagai desainer grafis pendapatannya cukup lumayan | via: wizardz.co.za

Selain software engineer, desainer grafis adalah salah satu profesi yang sangat menjanjikan dewasa ini. Kalau kamu jago gambar atau desain, jangan ragu buat cari proyek-proyek singkat atau carilah lowongan yang membutuhkan orang-orang yang ahli desain grafis. Dan ini banyak banget, mulai dari vent organizer, kafe, restoran, hingga start–up.

Kamu juga bisa mendaftar di situs freelancer.com atau upwork.com. Pamerkan keahlianmu menggunakan aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau Corel Draw untuk mendapatkan proyek baru yang bisa dikerjakan dengan fleksibel.