Kenapa Sih Orang Asia Lebih Kurus Dibanding Bule? Begini Alasannya…

5.313 views
orang asia kurus
via: pinterest.com

‘Tubuh orang Asia lebih kurus’ adalah satu anggapan yang sudah lama dipercaya banyak orang, terutama di negara-negara Barat. Ya, umumnya orang Asia memiliki perawakan kecil dan kurus. Berbeda dengan orang Eropa atau Amerika yang  bertubuh tinggi besar.

Meskipun tak sedikit orang Asia yang tingginya menyamai orang Barat, perawakannya tetap terlihat kecil. Jauh berbeda dengan orang Barat yang tampak bongsor di mata orang Asia.

Statistik pun menunjukkan, presentase orang dewasa dengan obesitas di negara-negara Asia lebih rendah dibanding negara-negara Eropa dan Amerika. Kira-kira kenapa, ya, bisa seperti itu?

Ternyata, tak hanya faktor genetik yang mempengaruhi tubuh kurus orang Asia. Tradisi dan kebiasaan orang Asia lah yang membuat tubuh mereka tetap kurus, seperti yang Kita Muda kutip dari Brightside.me berikut ini.

1. Olahraga tradisional atau meditasi ala orang Asia, Tai Chi misalnya, mampu mencegah berkembangnya penyakit tertentu, termasuk obesitas.

orang asia kurus
via: brightside.me

2. Beberapa negara Asia memiliki masyarakat yang gemar berjalan kaki, meskipun tinggal di kota besar sekalipun. Inilah yang membuat tubuh mereka bugar dan lebih langsing. Lihat saja orang-orang Jepang.

orang asia kurus
via: brightside.me

3. Orang Asia jarang mengonsumsi makanan penutup! Biasanya, orang Barat menyantap hidangan manis setelah makanan utama. Di Asia, hidangan penutup bukanlah keharusan dan jika ada pun porsinya sangat sedikit.

orang asia kurus
via: brightside.me

4. Orang Asia biasanya minum air putih biasa, teh, atau teh hijau saat atau setelah makan. Bukan dengan air dingin atau soda seperti orang Eropa dan Amerika.

orang asia kurus
via: brightside.me

5. Meskipun lauknya tidak selalu daging, orang Asia makan lebih banyak sayuran dibanding orang Barat. Yup, sayuran selalu dimakan dalam jumlah besar dan ini sangat baik bagi kesehatan karena sayuran kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral.

orang asia kurus
via: brightside.me

6. Orang Asia juga gemar makan ikan dan seafood daripada daging! Makanan inilah yang berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh, pembuluh darah, reproduksi, dan berkontribusi dalam penurunan berat badan.

orang asia kurus
via: brightside.me

7. Beberapa negara Asia seperti Jepang dan Korea gemar mengonsumsi makanan fermentasi, seperti sup miso, kimchi, atau natto. Nah, makanan fermentasi ternyata berkontribusi terhadap penurunan berat badan. Mereka membantu menghancurkan lemak viseral yang terakumulasi di sekitar perut…

orang asia kurus
via: brightside.me

8. Cara memasak juga menjadi salah satu alasan kenapa tubuh orang Asia kurus. Yup, metode memasak yang paling populer di Asia adalah mengukus dan merebus.

orang asia kurus
via: brightside.me

9. Meskipun sering makan, porsi makan orang Asia cenderung lebih sedikit dibanding orang Barat. Menurut penelitian, cara makan seperti itu menjaga sistem pencernaan dalam kondisi baik dan membuat orang Asia tetap fit.

orang asia kurus
via: brightside.me

10. Orang Asia memang suka makan, tapi mereka makan saat lapar dan makan adalah kebutuhan. Di Barat, makan tak hanya kebutuhan, tapi juga hiburan. Itulah sebabnya mengapa orang Asia banyak yang kurus.

orang asia kurus
via: brightside.me

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa orang Asia, termasuk Indonesia, tubuhnya kurus-kurus?

Kawan Muda sepakat enggak dengan pendapat di atas? Kalau Kawan Muda punya pendapat lain, jangan ragu, lho, untuk menambahkannya di kolom komentar 🙂