Kalau lihat foto teman-teman di media sosial dan membandingkan foto mereka saat baru lulus dengan foto mereka setelah diterima kerja (dan bekerja selama beberapa bulan), ngerasa enggak sih kalau banyak teman-temanmu yang semakin “subur”?

Ya, meskipun enggak gemuk-gemuk amat, tapi penampilannya bikin pangling. Mungkin yang dulunya punya pipi tirus, sekarang agak chubby gimana gitu. Yang kurus banget, tampak lebih segar dan berisi. Dan yang sudah berisi, makin subur dan bahagia saja.

Ehm, jangan-jangan Kawan Muda termasuk salah satu yang mengalami hal ini? Nah, pasti kamu bertanya-tanya kan, padahal kerjaan juga banyak, kok bisa sih berat badan makin naik?!?

Selain terlalu lama duduk di depan komputer dan membuat kita kurang gerak, inilah 5 alasan lain kenapa berat badan seseorang bisa mengalami kenaikan saat sudah bekerja:

1. Kamu enggak bisa menolak rekan kerja yang menawarkan snack gratisan.

semakin gemuk setelah bekerja
via: brightside.me

Kamu pasti punya kan rekan kerja yang hobinya bawa camilan kalau ke kantor atau suka punya stok camilan di mejanya? Nah, ya mereka-mereka ini sumber godaan yang membuatmu mengalami kenaikan berat badan.

Yup, gara-gara enggak enak kalau nolak atau tergiur pengin nyobain makanan yang dia bawa, kamu oke-oke saja kalau diajak ngemil. Padahal, tadi pagi sudah sarapan atau baru saja selesai makan siang. Jangan heran deh kalau berat badan naik, apalagi kalau ngemilnya tiap hari, hihi.

2. Kamu enggak bisa berhenti “mengunyah”. Sambil bekerja, mulutmu tak henti-hentinya mengunyah sesuatu.

semakin gemuk setelah bekerja
via: brightside.me

Saat lagi asyik-asyiknya ngerjain tugas kantor nih, eh, tiba-tiba pengin ngemil sesuatu biar lebih semangat. Kamu pun akhirnya membeli camilan ringan seperti keripik kentang, kue, kacang, permen, dan cemilan lainnya.

Sambil melanjutkan pekerjaan, tanganmu tak henti-hentinya menggapai makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Begitu terus hingga camilanmu habis. Bayangkan kalau itu terjadi setiap hari atau bahkan dalam satu hari kamu bisa ngemil lebih dari satu bungkus snack? Ups!

3. Temperatur dan pencahayaan ruangan kerja mempengaruhi bisa meningkatkan selera makanmu.

semakin gemuk setelah bekerja
via: brightside.me

Menurut penelitian, temperatur dan cahaya bisa mempengaruhi selera makanmu, lho! Yup, semakin redup sebuah ruangan, semakin tinggi pula selera makanmu. Begitu juga dengan temperatur ruangan. Semakin rendah temperaturnya, kamu jadi pengin ngemil terus karena merasa lapar.

Nah, buat kamu yang bekerja di ruangan yang AC-nya dingin banget dan cahayanya juga kurang, saat merasa lapar, coba deh keluar ruangan dan cari cahaya matahari biar rasa lapar sesaat tadi hilang 😉


BACA JUGA:


4. Terlalu sering lembur juga bikin berat badanmu naik, lho!

semakin gemuk setelah bekerja
via: brightside.me

Wah, kalau yang satu ini memang penyakit banget. Lembur membuatmu enggak bisa berolahraga dan cenderung merasa ngantuk. Keseimbangan hormon pun terganggu sehingga kamu lebih cepat lapar.

Porsi makan dan ngemilmu semakin menjadi deh saat lembur. Belum lagi ditambah minuman-minuman yang enggak sehat yang kamu konsumsi biar tetap melek seperti soft drinks, minuman energi, atau kopi!

5. Stres dan tekanan di tempat kerja

semakin gemuk setelah bekerja
via: brightside.me

Pikiran yang sedang enggak stabil dan tubuh yang belum diistirahatkan juga menjadi penyebab kenapa berat badanmu cenderung bertambah.

Yup, dalam kondisi stres, hormon kortisol akan meningkat. Nah, ini membuatmu pengin mengonsumsi sesuatu yang manis-manis atau pengin ngemil terus.

Sekarang sudah tahu kan kenapa berat badan semakin bertambah saat sudah kerja? Namun, ini enggak berlaku saklek pada semua orang dan Kawan Muda bisa kok mencegahnya.

Yup, minumlah banyak air putih saat di kantor untuk mengendalikan rasa lapar sesaat yang melanda. Ngemil sah-sah saja kok, tapi harus bijak ya. Pilihlah camilan yang sehat seperti buah-buahan atau popcorn tanpa rasa.

Kalau sudah terlalu lama duduk, coba deh lakukan olahraga ringan (menggerakkan kaki, kepala, dan sebagainya) atau jalan-jalan sebentar.

Sumber: Brightside