Kamu Sering Cegukan? Ketahui Dulu 5 Penyebabnya Agar Tidak Menganggu Aktivitas Harianmu!

1.035 views

Saat kamu sedang asik berbicara atau tertawa, tiba-tiba kamu merasakan diagfragma perutmu menjadi tertekan lalu kamu jadi cegukan. Yupsie, cegukan atau hiccups adalah suatu kondisi ketika adanya kontraksi dari otot diagfragma yang secara tiba-tiba. Hal yang menyebalkan dari cegukan adalah bisa berlangsung dalam waktu yang lama, serta menganggu kamu yang sedang berbicara. Jadinya kan malu-maluin!

Nah tapi cegukan muncul bisa karena berbagai faktor. Faktor ini ujung-ujungnya memang kesalahan kita, karena kebiasaan yang membuat otot diagfragma jadi berkontraksi. Yuk, kita lihat penyebab dari cegukan agar kita juga tahu cara menghindarinya. Dilansir dari Reader’s Digest, ini dia:

1. Makan terlalu cepat

via: myhealthtips.in

Kalau kamu sedang lapar banget, pasti inginnya menelan makanan secara cepat karena nggak sabar untuk mencicipi rasanya, kan? Ternyata ini salah satu penyebab cegukan, lho! Selain makan yang terlalu cepat, makan terlalu banyak serta memakan makanan pedas juga bisa jadi pemicu. Gimana cara mencegahnya? Ya dengan nggak makan terlalu cepat serta tidak berlebihan, dong!

2. Kebiasaan buruk

via: theweek.co.uk

Buat kalian yang perokok dan masih sering meminum alkohol mulai sekarang hindari ya kebiasaan buruk seperti ini. Kebiasaan merokok dan meminum alkohol merupakan penyebab sering terjadi cegukan. Coba deh pelan-pelan berhenti untuk melakukan dua kebiasaan buruk ini, tahu sendiri kan akibatnya untuk kesehatan?

3. Emosi diri

via: weclipart.com

Menurut Dr. Mikhail Varshavski, tingkat emosi seseorang juga bisa menjadi penyebab cegukan. Entah kamu yang tiba-tiba bersemangat, atau melakukan sesuatu yang meningkatkan adrenalin, dapat memicu terjadinya cegukan. Coba biar nggak tiba-tiba cegukan, selalu tarik napas dalam-dalam, lalu kontrol perasaanmu. Mudah, kan?

4. GERD

via: blogspot.com

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease dapat juga menjadi pemicu dari cegukan. GERD merupakan suatu penyakit dimana terjadi kenaikan cairan asam lambung ke kerongkongan. Kalau tidak hati-hati, GERD ini bisa mengakibatkan komplikasi bahkan kanker tenggorokan! Nah cegukan sebenarnya bisa membantu untuk mendeteksi penyakit GERD ini, karena biasanya cegukan akibat GERD selalu rutin datang dalam waktu tertentu. Jadi kalau kalian cegukan teratur, coba deh periksakan ke dokter.

5. Operasi

via: youtube.com

Adanya operasi abdomen juga bisa menyebabkan cegukan, lho. Dalam beberapa kasus, operasi abdomen dapat mengakibatkan cegukan yang kemudian dapat mengakibatkan reaksi di perut atau saraf lain. Kalau cegukan kamu tidak sembuh dalam beberapa jam, maka segera periksakan ke dokter, ya!

Ternyata akibat cegukan bermacam-macam, ya? Harus kamu ingat juga kalau cegukan kamu terjadi secara terus menerus, maka kamu harus periksakan ke dokter. Nanti akan ada treatment khusus yang dapat membantu untuk penyembuhan kondisi cegukanmu. Jadi selalu waspadai kondisi tubuhmu, agar dapat mengantisipasi hal-hal buruk nantinya. Oke, Kawan Muda?