Siapa pun pasti panik dan galau saat kehilangan smartphone. Beruntung kalau smartphone-mu ketinggalan di suatu tempat dan kamu masih mengingatnya (plus, ada orang baik yang mau mengembalikannya padamu!). Kalau Kawan Muda lupa total dimana terakhir kali meninggalkan smartphone, rasanya tuh bagai mencari jarum di tumpukkan jerami!

Namun, kepanikan tersebut tidak akan terjadi kalau Kawan Muda menggunakan aplikasi Find My Device. Aplikasi Find My Device diluncurkan Google pada pesta pengembang tahunan Google I/O yang diselenggarakan pada 17-19 Mei 2017 lalu.

Aplikasi tersebut merupakan versi 2.0 dari Android Device Manager yang dirancang untuk membantu Kawan Muda melacak jejak smartphone Android yang hilang atau mengatur ulang perangkat yang dicuri.

Nah, Kita Muda bakalan kasih tahu nih bagaimana caranya melacak smartphone yang hilang dengan aplikasi Find My Device. Daripada berlama-lama, yuk lah langsung disimak saja tahapannya, sebagaimana dilansir dari JalanTikus.com.

Download dan install aplikasi “Find My Device” di smartphone Android yang lain. Kamu bisa pinjam saudara atau teman jika hanya memiliki satu smartphone. Kalau sudah, login dengan akun Google yang sama yang digunakan di smartphone-mu yang hilang.

ponsel hilang
via: devs-lab.com

Jika sudah masuk, tunggu beberapa saat dan aplikasi akan langsung melacak lokasi terakhir perangkatmu.

ponsel hilang
via: jalantikus.com

Nantinya akan muncul beberapa opsi, antara lain:

ponsel hilang
via: jalantikus.com
  • Opsi lokasi yang menunjukkan dimana smartphone-mu diletakkan (lengkap dengan daya baterai dan kapan ponsel tersebut terakhir dinyalakan).
  • Opsi Play Sound yang memungkinkan smartphone Android-mu bergetar dan berdering selama lima menit dalam volume maksimum dan akan berfungsi sekalipun smartphone-mu dalam modus silent. 
  • Opsi Lock yang mengunci perangkat Android-mu secara otomatis sehingga tak ada satu pun yang dapat mengaksesnya.
  • Dan opsi Erase yang memungkinkanmu menghapus semua data secara manual dari Find My Device. Jika smartphone mati, fitur ini akan berfungsi setelah smartphone hidup kembali.

Whoa, ternyata mudah sekali, ya, melacak smartphone yang hilang dengan bantuan fitur Find My Device! Perlu diingat, jika smartphone-mu dalam keadaan tidak aktif atau tidak dapat diakses, aplikasi ini akan menunjukkan lokasi terakhir yang diketahui.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba, Kawan Muda 🙂