Jangan Sepelekan! Jika Tubuhmu Mengalami 4 Hal Ini, Segeralah Minum Air Putih

3.720 views
kurang minum air putih
via: popsugar.com

Kalau lagi haus, apa yang biasanya Kawan Muda teguk? Sebagian mungkin minum air putih, tapi banyak juga yang memilih minuman segar seperti soda atau berbagai minuman ringan lain. Sebenarnya boleh-boleh saja sih, tapi kalau konsumsinya melebihi konsumsi air putih, bisa berbahaya, lho, bagi tubuh!

Yup, apalagi kalau kamu melakukan aktivitas yang menguras banyak tenaga dan bikin keringetan. Saat cairan tubuh yang hilang enggak diganti, wah bisa mengakibatkan terjadinya dehidrasi dan membuat tubuhmu enggak berfungsi sebagaimana mestinya.

Karena itulah, jangan mengabaikan manfaat air putih. Berikut adalah tanda-tanda kalau Kawan Muda kekurangan air putih, sebagaimana dilansir dari Vemale.com

1. Kekurangan air putih akan membuat mulut dan bibirmu kering.

kurang minum air putih
via: darklipstips.com

Dehidrasi menyebabkan mulut dan bibirmu kering. Nah, mulut yang kering bikin kamu enggak nyaman buat bernapas, berbicara, dan bahkan menelan. Bibir kering juga enggak enak dipandang, kan? Kalau sudah terlihat dua tanda-tanda ini, yuk buruan minum air putih yang cukup.

2. Kurangnya asupan air juga membuat massa otot berkurang.

kurang minum air putih
via: hellosehat.com

Tubuhmu jadi lemas dan enggak sekuat biasanya? Wah, bisa jadi kamu kekurangan air nih. Karena pada dasarnya, otot tubuh tersusun oleh air. Kebayang kan kalau tubuhmu kekurangan air? Kesehatan, kekuatan, dan massa ototmu bisa berkurang.

3. Menurunnya imunitas tubuh biasanya dipicu oleh kurangnya asupan air putih.

kurang minum air putih
via: telegraph.co.uk

Jangan sepelekan, lho, khasiat air putih karena minuman ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan minum air putih yang cukup setiap harinya, tubuh akan tetap sehat dan bugar. Kalau kamu merasa gampang sakit atau mudah tertular penyakit, coba deh perhatikan jangan-jangan kamu kurang minum air putih!

4. Ketika kekurangan air putih, tubuhmu jadi mudah lelah.

kurang minum air putih
via: rd.com

Tahukah kamu, kurangnya konsumsi air putih bisa membuat pembuluh darah dalam tubuh enggak terhidrasi dengan baik. Akibatnya nih, kamu jadi mudah lelah dan letih. Selain itu, kurangnya konsumsi air putih membuat tubuh lebih mudah gemuk dan rentan mengalami obesitas!

Air memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Setiap sel, organ, dan jaringan di dalam tubuh sangat bergantung kepada air.

Nah, kalau Kawan Muda menyadari tanda-tanda di atas, kurang-kurangin deh minuman ringan bersoda dan banyakin minum air putih mulai dari sekarang.

Semoga tips di atas bermanfaat, ya 🙂