Jangan Nekat Liburan ke Alam Bebas Kalau Belum Mengetahui 9 Hal Ini!

7.928 views
tips liburan alam bebas
via: brightside.me

Berlibur ke alam bebas menjadi pilihan yang tepat kalau Kawan Muda pengin kabur sejenak melupakan rutinitas dan pekerjaan yang menumpuk di kantor. Pemandangan yang indah dan udara segar bebas polusi bisa menjadi suntikan energi yang mampu membuatmu segar dan bersemangat kembali.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Kawan Muda memutuskan liburan ke alam bebas. Yup, selama perjalanan, kamu mungkin bertemu dengan hal-hal yang enggak diinginkan. Nah, agar liburan berjalan mulus nih, ada baiknya kamu melakukan persiapan liburan yang matang.

Berikut adalah hal-hal wajib kamu ketahui sebelum pergi belibur untuk mengantisipasi hal-hal yang enggak diinginkan.

1. Jika kamu berlibur ke pantai, cari tahu tentang jenis-jenis hewan berbahaya yang ada di sana, seperti jenis ikan, ubur-ubur, atau karang tertentu yang beracun. Perhatikan papan peringatan yang ada di sana dan untuk mengantisipasi kontak langsung dengan biota laut berbahaya, gunakan alas kaki khusus.

tips liburan alam bebas
via: brightside.me

2. Ketika berenang di laut, waspadalah dengan kehadiran rip current atau arus pecah. Arus ini bisa membuatmu terseret lebih jauh dari bibir laut. Kalau mendapati dirimu berenang di arus pecah, jangan malah berenang lurus atau melawan arus. Berenanglah secara pararel ke sisi kiri atau kanan agar enggak terseret lebih jauh.

tips liburan alam bebas
via: brightside.me

3. Tahukah kamu kalau kematian yang diakibatkan oleh nyamuk lebih besar daripada kematian yang disebabkan oleh binatang buas? Berlibur ke alam bebas seperti pegunungan misalnya, jangan lupa membawa spray anti nyamuk, ya!

tips liburan alam bebas
via: brightside.me

4. Berlibur ke pantai cantik jangan senang-senang dulu. Pastikan pantai tersebut bukan tempat nongkrongnya para hiu. Nah, terkadang kedatangan hiu juga enggak terduga, karena itulah jangan berenang ketika kamu punya luka yang masih basah dan hindari pakaian berwarna cerah atau bermotif.

tips liburan alam bebas
via: brightside.me

5. Minum air putih lebih disarankan ketika kamu berlibur ke alam bebas. Aktivitas seperti naik gunung, hiking, atau piknik ke pantai tentunya menguras tenaga. Dan air putih akan membantu mengembalikan tenagamu. Selain itu, minum banyak air putih bisa mencegah kantuk dan sakit kepala.

tips liburan alam bebas
via: brightside.me

6. Selain mengenali hewan-hewan berbahaya, kamu harus tahu tanaman-tanaman berbahaya yang tumbuh di destinasi wisata yang kamu kunjungi. Ada baiknya jangan menyentuh tanaman yang asing bagimu untuk mecegah kemungkinan keracunan dan sebagainya.

tips liburan alam bebas
via: brightside.me

7. Oh ya, kamu juga harus waspada dengan hewan-hewan reptil berbahaya seperti ular berbisa. Untuk menghindari hewan liar yang satu ini, jangan lakukan apa pun terlebih dahulu. Ular bukanlah hewan yang hobi menyerang dan baru agresif saat merasa terancam. Nah, karena mereka juga bisa mendeteksi gerakan, diamlah di tempat hingga mereka menghindar.

tips liburan alam bebas
via: brightside.me

8. Selalu ingat untuk menggunakan krim tabir surya agar kulitmu terbebas dari sengatan matahari yang terik, yang bisa membuat kulitmu serasa terbakar.

tips liburan alam bebas
via: brightside.me

9. Ketika berlibur ke pantai atau destinasi wisata alam yang cukup ramai, jagalah barang-barang bawaanmu dengan baik. Waspadalah dengan keberadaan jambret dan pencuri dan jangan meletakkan barangmu di sembarang tempat!

tips liburan alam bebas
via: huffingtonpost.com

Nah, dengan mengetahui hal-hal di atas, liburanmu akan jauh lebih menyenangkan. Enggak ada tuh bete sepulang liburan dan kamu bisa pulang dengan suasana hati yang lebih baik. Selamat berlibur di alam bebas, Kawan Muda.

Sumber: Brightside