Jangan Langsung Dibuang, Ternyata Ini 5 Manfaat Kantong Silica yang Biasanya Kamu Buang Setelah Beli Barang Baru

4.149 views
preview.ph

Kantong silica atau silica gel sangat mudah ditemui buat kamu yang suka beli sepatu atau tas baru. Bungkusan kecil berwarna putih tersebut biasanya langsung kita buang ke tong sampahWong di kemasannya aja ada tulisan “Throw Away, Do Not Eat“.

Perlu untuk Kawan Muda ketahui, kantong silica ini ternyata punya banyak manfaat loh. Di dalam kantong silica tersebut, terdapat butiran – butiran kecil yang tak lain dan tak bukan adalah sebuah senyawa kimia yang disebut sebagai Silikon Dioksida. Secara keseluruhan, senyawa ini tak membahayakan, bahkan dinilai ampuh dalam menangani kondisi kelembapan.

Sebelum kamu membuang kantong silica yang ada dikardus sepatu barumu tersebut, sebaiknya kamu cek beberapa manfaat kantong silica tersebut yang Kita Muda rangkum dibawah ini.

1. Sebagai penyelamat ponsel yang kecemplung ke dalam air

via: wired.com

Selain beras yang juga mampu menyerap air, kantong silica ini juga tak kalah kuat loh. Silica gel mampu dengan cepat membantu proses penyerapan air dengan menaruhnya berdekatan dengan ponsel atau barang lainnya yang lembab.

2. Mengawetkan ‘kenangan’

via: spineuniverse.com

Salah satu trik bagi kamu yang masih senang mengoleksi foto yang dicetak, coba gunakan silica gel ini untuk membantumu mengawetkan kenangan – kenangan indahmu tersebut. Caranya cukup gampang, tinggal simpan foto – foto tersebut bersamaan dengan gel cilica.

3. Melindungi kosmetik

via: gaenice.com

Ternyata, gel silica ini juga mampu untuk melindungi kosmetik bubukmu loh. Cukup letakan bebarengan aja dan kamu enggak perlu takut lagi tentang kosmetikmu yang menggumpal.

4. Menghilangkan bau

via: littlethings.com

Selain kantong teh, gel silica ini juga bisa menghilangkan bau amis yang ada disepatu olahragamu. Perannya cukup penting, yakni menjaga sepatumu tetap kering, yang dimana sekalian juga untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Bonus nih untuk Kawan Muda, bau dihandukmu juga dapat dihilangkan dengan cara meletakkan gel silica ini dilipatan handukmu.

5. Menjaga kilau perhiasan

via: vintageengagementrings.ie

Karena kelembapan mampu menghancurkan atau memudarkan warna alami dari perhiasan emas dan perak. Mulai sekarang cobalah untuk meletakkan perhiasan mewahmu tersebut berdampingan dengan gel silica yang mampu menghambat proses pemudaran warna tersebut.

Itu tadi beberapa manfaat kantong silica yang mungkin belum kamu ketahui. So, jangan langsung dibuang ya!

Sumber: CNN Indonesia