Jangan Keburu Buang Makanan Sisa! 11 Olahan Makanan Sisa Ini Bikin Kamu Jadi Jago Masak kayak Gordon Ramsay

1.994 views
via : brightside.me

Saat kamu membuka kulkas, pasti sumpek banget lihat rak kulkas penuh sesak dengan bahan makanan. Bahan yang masih baru maupun sisa pasti kecampur karena belum sempat dipisahkan (karena kesibukanmu). Lihat saus yang tinggal sedikit jadi pengen dibuang deh!

Sebelum buang-buang bahan makanan yang ada di kulkas seenak jidat,  coba deh lihat kalau ada banyak orang yang kelaparan di luar sana dan pengen banget yang namanya makan yang layak. Eh, ini kamu malah membuang makanan sisa yang sebenarnya masih bisa diolah.

Kita harus berpikir bijak dengan memanfaatkan bahan makanan sisa. Kita Muda punya tips nih gimana cara menyelamat makanan sisamu biar jadi makanan yang enak banget. Kamu juga bisa menghemat uang biar enggak jajan di luar terus. Dijamin mengenyangkan!

Bikin cookies dari oatmeal

via : brightside.me

Pas masak oatmeal kematangan, pasti rasanya eneg dan jadi gak pengen makan lagi. Kalau oatmealnya udah terlanjur lembek, coba deh resep satu ini. Cukup tambahin susu, telur, chocochip atau kismis, garam, dan gula kamu udah punya adonan kue yang bisa dijadikan cookies ataupun muffin. Lumayan buat camilan!

Roti basi bisa jadi roti panggang yang kriuk

via : brightside.me

Roti panggang ini bisa banget kamu jadikan camilan pas lagi asyik nonton TV. Tapi selain dijadikan cemilan, ternyata roti panggang ini juga bisa kamu jadikan buat topping sup dan pasta biar makin enak. Psstt, jangan lupa tambahin daging asap biar makin maknyus!

Tambahkan daun herbal dan jamur kedalam sup

via : brightside.me

Siapa sih yang bakal nolak dikasih sup pas lagi musim hujan? Tips ini bisa kamu andalkan buat pengisi perut sekaligus menghangatkan badan lho. Kamu bisa tambahkan potongan kentang, wortel, bawang, dan merica. Yang bikin yummy nih, tambahin beberapa sendok krim keju saat sup udah jadi. Dijamin rasa supnya gak bakalan kalah deh sama sup bikinan chef sekelas Gordon Ramsay!

Keju yang terlanjur kaku dan keras bikin kuah makin enak

via : brightside.me

Seringkali kita tertarik untuk membeli keju meskipun terbilang mahal. Pastinya kita bakal gak rela kalau keju kesukaan kita udah keras dan udah gak bisa dibuat dimasak. Sayang banget kan jadinya udah beli mahal-mahal? Tapi hal itu gak berlaku kalau kamu coba menambahkan keju keras ke dalam sup, rasanya bakal jadi makin enak dan gurih.

Nutella bisa dijadikan cokelat hangat

via : brightside.me

Enggak usah dipaksa deh kalau coklat Nutella suka nempel di toplesnya. Coba tambahkan segelas susu hangat ke dalamnya, lalu aduk dan jadilah susu hangat yang siap menghangatkan tubuhmu. Cocok banget buat nemenin kamu nugas nih!

Bekukan sosis atau ham biar lebih tahan lama

via : brightside.me

Pengen travelling ke luar kota tapi takut daging di kulkas jadi basi? Eitss tenang, kamu bisa bekukan daging tersebut biar tetap segar. Jadi kamu bisa tenang dan gak kepikiran lagi deh saat bepergian jauh dan memakan waktu yang lama. Jika kamu ingin memasak sosis yang sudah beku, tipsnya adalah kamu bisa mencuci sosis dengan air bersih sampai tidak beku sebelum memasaknya.


BACA JUGA :


Tomat yang terlalu masak bisa dijadikan saus tomat

via : brightside.me

Kalau tomat yang kamu beli terlalu matang, jangan segera dibuang. Kupas dan rebus dalam api sedang selama 10 menit. Setelah menjadi pasta, kamu bisa mencampur dengan garlic powder untuk menambah rasa. Lalu taruh kembali pasta tomat ke dalam panci dan masak selama 5-7 menit. Kamu jadi punya saus tomat sendiri deh!

Bekukan saus sisa

via : brightside.me

Trik ini gak cuma buat saus aja, tapi juga bisa kamu pakai untuk kuah sisa. Kamu bisa tuangkan saus tersebut ke dalam wadah es batu dan bekukan sampai mengeras. Nantinya saus beku ini bisa kamu jadikan tambahan bumbu saat kamu akan memasaknya lagi.

Panggang sayur yang hampir layu kedalam oven

via : brightside.me

Ambil semua sayur yang udah mulai basi dari kulkasmu! Mulai dari bayam, timun, tomat, bawang bombay, dan beberapa sayur lainnya yang masih fresh. Tambahkan protein lain seperti ayam atau ikan, lalu taruh semua ke dalam wadah untuk di oven. Dijamin makanan unik ini bikin lidahmu bergoyang!

Jadikan bahan sisa dikulkas sebagai topping pizza

via : brightside.me

Pizza memang punya banyak macam topping yang enak seperti sosis, kentang, dan juga nanas. Buat kamu yang pengen coba eksperimen, bisa banget campurin mayonnaise dan saus tomat kedalam adonan pizza. Lalu tambahkan bawang bombay, paprika, tomat, jamur, dan selada yang bisa kamu temukan di dalam kulkas. Taburkan keju mozarella biar makin sedap! Cara ini bisa kamu lakukan saat kamu lagi  berhemat tapi tetep pengin dapat nutrisi yang enak sekaligus sehat.

Susu bisa dijadikan bahan membuat kue

via : brightside.me

Olahan susu enggak cuma dibikin yoghurt aja lho. Kamu bisa bikin muffin, crepes, semua kue bahkan keju ricotta yang harganya mahal. Eitss, tapi susu disini susu yang berkualitas yaa biar baunya jadi enggak tengik…

Trik-trik ini bisa banget buat kamu yang suka mencoba resep baru yang seru banget buat dipraktekkin. Pastikan makanan sisa tersebut memang masih wajar diolah dan layak dikonsumsi. Selamat mencoba!

Sumber: Brightside