Ikan vs. Ayam, Mana yang Lebih Baik dan Sehat untuk Dikonsumsi?

2.118 views
via: foodal.com

Salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah protein. Zat ini sangat penting dalam mempengaruhi kerja enzim, hormon, kekebalan tubuh, hingga keseimbangan cairan dalam tubuh. Nah, seperti yang kita tahu, sumber protein dibedakan menjadi dua, protein nabati dan protein hewani.

Berbicara tentang protein hewani, ada dua produk makanan yang paling sering dikonsumsi masyarakat nih, yaitu daging ayam dan ikan. Dibanding daging merah (sapi, kambing, dan sebagainya), keduanya bisa dibilang lebih murah dan terbiasa dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun di antara daging ayam dan ikan, mana ya yang lebih baik dan sehat untuk dikonsumsi?

Karena ada beberapa mitos yang beredar di masyarakat bahwa kebanyakan makan ikan enggak baik untuk janin dan anak-anak. Begitu juga dengan mengonsumsi ayam potong setiap hari, karena bisa memicu kanker. Lantas, lebih baik mana nih daging ikan atau ayam, ya?

Kalau dilihat dari kandungan proteinnya, ayam dan ikan ternyata memiliki kandungan protein yang sama, lho!

via: nytimes.com

Satu porsi ikan berukuran 40 gram memiliki kandungan protein sebanyak 7 gram. Satu potong ayam tanpa kulit (ukurannya adalah satu ayam utuh yang dipotong 8) juga mengandung protein sebanyak 7 gram.


BACA JUGA:


Namun, ayam dan ikan memiliki perbedaan jenis lemak yang dikandungnya nih.

via: theloop.ca

Tidak seperti daging sapi atau daging merah lainnya, kandungan lemak pada daging ayam tanpa kulit dan ikan cenderung lebih rendah. Satu potong ayam dan ikan memiliki kandungan lemak sebanyak 2 gram.

Nah, yang membuat lemak ikan dan ayam berbeda, beberapa jenis ikan mengandung jenis asam lemak omega 3.  Asam lemak ini sangat baik bagi tubuh karena bisa menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan bahkan mengurangi radikal bebas dalam tubuh, lho!

Bagaimana dengan kandungan zat gizi lainnya?

via: nytimes.com

Ternyata oh ternyata, daging ayam mengandung lebih banyak zat besi lho daripada ikan, terutama hati ayam nih. Dalam 75 gram hati ayam terdapat  sekitar 6,2-9,7 mg zat besi sedangkan pada 75 gram ikan (tuna dan salmon) hanya ada 1,2 mg zat besi.

Berarti, lebih bagus makan ayam dong kalau begitu?

via: nytimes.com

Sebenarnya, dua-duanya sama-sama baik dan sehat dikonsumsi asalkan sesuai takaran dan cara memasaknya juga sehat. Namun, jangan mengonsumsi daging yang sama setiap hari, konsumsilah daging ayam dan ikan serta protein hewani lainnya secara bergantian agar kandungan gizi yang kamu dapatkan beragam.

Nah lho, ternyata makan ayam dan ikan sama-sama baiknya kan? Buat kamu yang selama ini lebih doyan makan ikan, cobalah diselingi makan ayam. Buat yang terlalu sering makan ayam, yuk mulai sekarang makan ikan biar enggak ditenggelamkan sama Menteri Susi, hehe.

Sumber: National Geographic Indonesia