Bau badan dan bau mulut adalah permasalahan yang seringkali mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Penyebabnya bervariasi Kawan Muda, mulai dari diet, jenis kelamin, pekerjaan, suasana hati, genetika, hingga makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap harinya!

Yup, ada lho makanan dan minuman tertentu yang memicu bau badan dan bau mulut. Kita Muda telah merangkum 7 jenis makanan dan minuman yang harus kamu hindari kalau enggak pengin bau badan dan mau mulut, sebagaimana dilansir dari Brightside.me. Wah, kira-kira apa saja, ya? Mari kita lihat bersama daftarnya!

1. Minuman yang mengandung kafein seperti teh hitam dan kopi

via: brightside.me

Mengonsumsi teh hitam dan kopi menyebabkan lambung menjadi asam dan mulut jadi kering. Nah, kondisi mulut yang kering ini akan memicu bau mulut yang enggak sedap. Kedua minuman tersebut juga mempengaruhi sistem saraf pusat sehingga merangsang kita untuk berkeringat.

Eits, ini enggak berarti kamu enggak boleh mengonsumsi teh hitam atau kopi. Boleh kok, asal jangan berlebihan. Untuk teh, ada baiknya kamu mengonsumsi teh hijau atau herbal.

2. Minuman beralkohol

via: brightside.me

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol akan membuat nafasmu bau. Yup, ketika hati enggak mampu memproses jumlah alkohol yang masuk, cairan tersebut akan disalurkan ke sistem peredaran darah dan paru-paru. Nah, paru-paru kemudian mengeluarkannya melalui hembusan napasmu yang berbau busuk.

Selain itu, tubuh kita mampu “mengetahui” kandungan toksin dalam alkohol. Tubuh kemudian merubah zat toksin dalam alkohol menjadi asam asetat yang kemudian dikeluarkan melalui pori-pori kulit dengan bau yang sangat kuat.

3. Rokok atau tembakau

via: brightside.me

Asap rokok yang bercampur dengan unsur-unsur lain dan keluar melalui kelenjar keringat akan menimbulkan bau tak sedap yang khas. Bahkan setelah berhenti merokok, bau ini akan tetap tinggal di badan selama berminggu-minggu, lho!

4. Daging merah

via: brightside.me

Daging merah sangat penting bagi tubuh karena kandungan di dalamnya membantu menjalankan fungsi-fungsi metabolisme tubuh yang vital serta memberikan banyak energi.

Namun, butuh waktu lama untuk mencerna daging merah. Nah, ketika makanan tidak tercerna, racun dan gas berbau busuk dilepaskan yang menjadi penyebab bau keringat. Supaya tidak memicu bau badan, konsumsilah daging merah secukupnya.

5. Bawang

via: brightside.me

Bawang putih membuat citarasa makanan yang kita santap menjadi sedap. Mengonsumsi bawang putih juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Tapi, bisa memicu bau mulut juga.

Yup, bawang putih memroduksi gas yang mengandung sulfur atau belerang di dalamnya. Nah, gas ini akan keluar ketika bawang disantap. Gas ini adalah gas yang sama dengan yang membuat kentut jadi berbau tak sedap.

6. Makanan yang kaya kolin seperti ikan.

via: brightside.me

Makanan yang kaya kolin akan membuat keringatmu berbau seperti bau ikan. Beberapa orang, yang tidak bisa mencerna makanan ini akan “berbau amis”. Jangan berlebihan ya saat mengonsumsi makanan yang mengandung kolin seperti ikan dan kacang-kacangan.

7. Susu

via: brightside.me

Protein yang terdapat dalam susu, ketika masuk perut nih, akan dipecah dan menghasilkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan yang menjadi pemicu bau busuk.

Sekarang Kawan Muda sudah tahu nih, makanan apa saja yang bisa menyebabkan badan. Jangan salah paham, kamu boleh kok mengonsumsi jenis makanan dan minuman di atas, tapi dalam jumlah yang wajar.

Yuk, share informasi penting ini biar kamu dan teman-temanmu bisa terhindar dari bau badan dan bau mulut 🙂