Hati-Hati, 6 Sikap Ini Perlahan Bisa Merusak Keharmonisan Keluarga Kecilmu lho!

2.935 views
via: brightside.me

Semua pasangan, terutama yang sudah menikah, tentu menginginkan hubungan rumah tangganya bertahan lama dan harmonis. Menjalani rumah tangga yang bebas konflik bisa dibilang adalah sesuatu yang mustahil. Dalam artian, pasangan suami istri pasti pernah berselisih paham tentang sesuatu, ya meskipun itu hal kecil sekalipun.

Namun, hal ini tidak berarti keharmonisan dalam rumah tangga itu sulit dicapai ya. Sebenarnya, ada kok cara simpel yang bisa dilakukan agar hubunganmu dan pasangan harmonis terus. Salah satunya adalah jangan melakukan hal-hal yang secara tidak langsung bisa menyakiti hatinya atau menghalangi kebebasannya. Hal-hal apa sajakah itu?

1. Selalu menentukan atau memutuskan apa yang terbaik untuknya

via: brightside.me

Memberi saran atau mengutarakan unek-unek demi kebaikan pasangan memang enggak dilarang, tapi jangan berusaha untuk mengontrolnya. Dia memang pasanganmu, tapi kamu enggak berhak memutuskan atau menyuruh dia melakukan sesuatu sesuai dengan kemauanmu.

Bedakan antara perhatian dan dominasi, jangan sampai dia merasa kamu berusaha mengontrol semua segi kehidupannya!

2. Secara tidak langsung ‘menuntutnya’ untuk mengikuti kebiasaan atau jalan berpikirmu

via: brightside.me

Pasanganmu mungkin memiliki kebiasaan yang enggak sesuai dengan kebiasaanmu, tapi jangan pernah menuntutnya mengikuti kebiasaan yang selalu kamu lakukan. Misalnya, kamu adalah tipe orang yang selalu merencanakan sesuatu dengan baik sebelum bepergian, sedangkan pasanganmu adalah orang yang membiarkan semuanya mengalir (yang penting sudah ada tujuan yang jelas).

Selama kebiasaannya enggak merugikan, jangan pernah menuntutnya untuk melakukan seperti apa yang kamu mau. Semua itu butuh proses, sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan itu sulit dilepaskan dalam satu malam.

3. Tanpa tahu sebab akibatnya, kamu suka membuat kesimpulan sendiri

via: brightside.me

Salah satu kunci hubungan harmonis adalah saling menghormati satu sama lain. Ketika pasangan melakukan kesalahan atau segala sesuatu dalam hubungan kalian enggak berjalan dengan baik, jangan suka mengambil kesimpulan sendiri dan malah menyalahkan pasangan (tanpa mau memberikan kesempatan padanya untuk menjelaskan atau berpendapat).


BACA JUGA:


4. Terlalu bergantung pada pasangan

via: brightside.me

Saling bergantung dalam sebuah hubungan adalah hal yang wajar, menjadi tidak wajar kalamu kamu jadi ketergantungan pada pasangan—dalam hal apa pun. Ketergantungan pada pasangan bisa berdampak buruk pada hubungan kalian. Kamu bisa kehilangan identitas atau bahkan menjadi pribadi yang posesif. Jangan sampai nih pasangan merasa dimanfaatkan atau terkekang oleh sikapmu itu.

5. Hobi mengkritik atau menggurui pasangan

via: brightside.me

Kamu mungkin memiliki sikap perfeksionis, dan kamu mungkin merasa lebih tahu segalahnya daripada pasangan, tapi jangan sampai bersikap seolah-olah kamu adalah yang paling benar serta ‘terobsesi’ membuat pasangan melakukan apa yang kamu pikir benar dan baik. Hei, lama-lama pasangan bisa jengah dengan sikapmu yang sepeti ini. Syukur-syukur kalau dia bisa mentoleransi sikapmu, kalau enggak? Bisa-bisa dia kabur duluan!

6. Menyimpan dendam pada pasangan

via: brightside.me

Pasangan mungkin pernah berbuat salah atau mengecewakanmu, tapi jangan pernah ada niatan untuk membalas sikapnya di kemudian hari. Hal ini akan membuat hubunganmu dengannya menjadi tidak sehat dan bisa berujung pada pertengkaran yang lebih besar lagi. So, jika kamu masih merasa kesal dengannya, utarakan langsung. Jangan memendamnya dan menjadikannya dendam.

Itulah tadi beberapa sikap yang bisa membuat hubunganmu dan pasangan memburuk. Mungkin akan sulit jika sikap-sikap tersebut sudah mendarah daging dari kecil, tapi bukannya tidak mungkin untuk diubah kan?

Kalau menurut pengalaman Kawan Muda, apa saja sih sikap-sikap yang ada dalam diri kamu atau pasangan yang bisa merusak keharmonisan hubungan kalian? Share dong di kolom komentar 😉

Sumber: Brightside