Touchpad Laptopmu Ngadat? Tenang Aja, Beberapa Shortcut Ini Dijamin Bikin Aktivitasmu Normal Kembali!

838 views

Kawan Muda pasti pernah mengalami kondisi touchpad yang tiba – tiba eror. Emang kalau bahas teknologi nih, selain semakin canggih, teknologi juga terkadang muncul dengan problema yang tak pernah dikira-kira datangnya.

Seperti dokumen skripsi yang harus di-save biar datanya enggak ditulis percuma. Atau sekedar mau mematikan laptop. Jangan khawatir, ini beberapa shortcut perintah yang bisa kamu jalankan di laptop windows-mu.

1. Membuka aplikasi

via: easydriver.com

Kawan Muda enggak usah panik kalau touchpad-nya tiba – tiba eror tapi mau buka aplikasi seperti Spotify misalnya. Dengan satu tombol saja, aplikasi musik streaming-mu bisa segera terbuka. Caranya cukup menekan tombol windows di keyboard-mu, lalu ketik nama aplikasinya dan tekan Enter. Cukup gampang bukan?

2. Menandai text secepat kilat

via: java2s.com

Fungsi shorcut Ctrl + C pasti sudah diketahui oleh banyak orang. Tapi dengan trik ini, kamu bisa lebih cepat menyeleksi tulisan yang ingin kamu copy. Cukup dengan menyeleksi beberapa huruf saja lalu tekan dan tahan tombol shift ditambah arah navigasi ke kanan atau ke kiri. Sekedar tambahan, tekan tombol Home untuk langsung memblok ke arah awal baris, atau End untuk ke akhir baris. Sementara PgUp untuk kesuluran halaman ke atas, PgDn untuk kebawah.

3. Shutdown, Reboot, atau Lock komputer

via: winaero.com

Begini cara paling singkat mematikan komputer mu Kawan Muda. Cukup dengan Ctrl + F4 lalu tekan Enter. Kamu juga bisa pilih opsi lain, seperti Sign Out, Restart, atau Switch User. Kombinasi Ctrl + F4 juga bisa langsung menutup aplikasi yang terbuka di layarmu loh.


BACA JUGA:


4. Masukin alamat website ke browser malah lebih gampang

via: tekrevue.com

Kamu tak perlu menggeser kursormu untuk memasukkan alamat ke address bar. Cukup tekan Ctrl + L di browser dan sisanya tinggal ketik aja halaman yang ingin kamu tuju. Simpel bukan?

5. Mengganti antar aplikasi yang mau kamu tampilkan dilayar

via: thurrott.com

Kamu sampai repot – repot menggeser kursor ke taskbar cuma buat ganti aplikasi? Ngapain. Mending kamu pencet aja tombol Windows + Tab di keyboard laptopmu Kawan Muda. Dengan cara ini, seluruh aplikasi yang sedang berjalan terlihat semua. Cukup dengan menggerakan tombol navigasi, kamu udah bisa memilih aplikasi mana yang ingin kamu buka.

Sangat simpel bukan? Nah, sekarang Kawan Muda enggak usah langsung panik kalau touchpad di laptop tiba – tiba ngadet. Cukup ikutin tips dari Kita Muda aja yah.

Optimasikan waktumu dan semangat bekerja yak.

Sumber: Lifehacker