Seiring dengan pertambahan usia, setiap bagian tubuh akan mengalami penurunan fungsi termasuk gigi. Meskipun tersembunyi, gigi sama seperti bagian tubuh lainnya yang harus dirawat dengan baik.

Apalagi jika kamu penggemar makanan manis atau punya kebiasaan sehari-hari yang bisa berdampak buruk pada kesehatan gigi, misalnya mengunyah es batu.

Nah, kebiasaan sehari-hari tersebut bisa membuat gigi ditumbuhi karang, berlubang, atau bahkan rusak. Yikes, enggak oke banget, kan? Itulah sebabnya, Kawan Muda harus mengambil tindakan pencegahan sejak dini.

Kalau gigi sudah menunjukkan kerusakan pun kamu enggak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kesehatan gigimu. Apa saja?

1. Ubah kebiasaan makanmu. Konsumsilah makanan sehat yang juga bermanfaat untuk gigi

via: brightside.me

Studi yang diterbitkan dalam The British Medical Journal mengungkapkan bahwa perubahan pola makan perlahan bisa memperbaiki kerusakan gigi. Konsumsilah makanan sehat, terutama yang kaya akan kalsium agar kesehatan gigi dan tulang terjaga.

Selain itu, hindari makanan atau minuman yang mengandung banyak gula seperti minuman bersoda atau makanan dan minuman bersoda.

2. Kunyahlah permen karet bebas gula

via: brightside.me

Permen karet bebas gula atau permen karet xylitol bisa membantu memperbaiki kerusakan gigi. Xylitol adalah pemanis alami yang bersifat antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri di gigi dan mencegah agar bakteri tidak menempel di gigi.

Selain itu, mengunyah permen karet xylitol bisa meningkatkan produksi air liur. Nah, air liur ini bisa melindungi mulut dan gigi dari kerusakan.


BACA JUGA:


3. Bersihkan dan ganti sikat gigi secara rutin

via: brightside.me

Sikat gigi memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi. Karena peran pentingnya tersebut, alat yang satu ini juga harus dirawat dengan baik. Setelah menggunakan sikat gigi, cucilah sikat gigi hingga bersih dan simpan dalam keadaan kering.

Jangan meletakkan sikat gigi di kamar mandi yang dekat dengan closet. Para dokter gigi juga menyarankan untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali untuk mencegah bakteri lama terpapar kembali ke mulut.

4. Terapkan rutinitas membersihkan gigi yang ideal

via: brightside.me

Tahukah kamu, menurut International Dental Health Association, hampir 42% orang dewasa enggak memahami langkah-langkah membersihkan gigi yang ideal.

Padahal, langkah-langkah ini bisa membantu mencegah gigi berlubang. Yup, ada tiga rangkaian sederhana dalam membersihkan gigi yang perlu kamu ketahui yaitu, brush-floss-rinse.

Maksudnya, langkah pertama sikatlah gigi dengan sungguh-sungguh dan teliti. Lanjutkan dengan menggunakan dental floss untuk membersihkan kotoran yang ada di sela-sela gigi. Terakhir, berkumurlah dengan air atau gunakan mouthwash.

5 .Tambahkan suplemen dan vitamin penting ke dalam menu makananmu

via: brightside.me

Untuk menjaga kesehatan gigi, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Beberapa makanan kaya serat yang baik untuk kesehatan gigi antara lain apel, pisang, kubis, dan kacang polong.

6. Bersihkan mulut dengan minyak kelapa murni (virgin coconut oil)

via: brightside.me

Ternyata oh ternyata, minyak kelapa murni bisa membersihkan bakteri yang ada di mulut dan membantu memperbaiki kerusakan gigi secara alami. Caranya cukup mudah kok, berkemulah dengan satu sendok makan minyak kelapa selama dua menit.

Yup, kamu cukup memasukkan sesendok makan minyak kelapa ke dalam mulut dan mendiamkannya selama 20 menit hingga warnanya berubah menjadi putih susu (jangan ditelan ya!).

Nah, sekarang sudah tahu kan cara alami untuk mencegah atau memperbaiki gigi dari kerusakan? Yuk, buruan dipraktikkan biar gigi selalu sehat dan kamu bisa memberikan senyuman terbaik deh. Oh ya, selain cara-cara alami di atas, jangan malas mengunjungi dokter gigi ya untuk membersihkan karang gigi 😉

Sumber: Brightside